cara mengecek keyboard dengan software

Cara Mengecek Keyboard dengan Software serta Ciri-Ciri Keyboard Rusak!

*Artikel diperbarui pada 11 Juli 2023

Keyboard yang rusak jelas mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika orang-orang memerlukan laptop dan komputer untuk bekerja. Oleh karena itu, orang-orang harus tahu cara mengecek keyboard dengan software, agar menghindari kerusakan keyboard.

Semua bagian di laptop atau komputer memang harus dijaga dengan baik. Hal ini karena satu bagian yang rusak bisa menghambat kinerja laptop. Bahkan, ada kerusakan yang mengharuskan pengguna membeli laptop baru.

Jika keyboard terasa aneh dan susah digunakan, ada baiknya pemilik laptop memeriksa keyboard memakai software. Berikut ini cara mengecek keyboard dengan software serta ciri-ciri keyboard yang rusak, agar orang-orang bisa segera memeriksa keyboardnya.

Ciri-Ciri Keyboard Rusak

Keyboard yang rusak dan perlu pengecekan pasti memiliki kendala tersendiri. Dengan mengetahui kendala dan ciri-ciri dari keyboard rusak, orang-orang bisa langsung memperbaiki kerusakannya. Ciri-ciri keyboard rusak yang terlihat jelas antara lain:

  • Ciri yang pertama adalah beberapa tombol keyboard tidak bisa dipakai. Tombol di keyboard sudah ditekan, tapi huruf tidak muncul merupakan tanda bahwa keyboard rusak.
  • Lalu, tombol keyboard yang sering menekan huruf sendiri juga menjadi tanda jika keyboard rusak. Tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas apalagi kalau tombol yang bergerak sendiri adalah menu bios seperti F1, F2, dll.
  • Selain beberapa tombol yang mati, keyboard juga bisa tidak berfungsi sama sekali untuk mengetik. Keyboard yang tidak bisa digunakan akan mengganggu kinerja laptop. Bahkan, orang-orang tidak bisa memakai internet karena harus menulis tujuan di pencariannya.
  • Satu ciri lain dari keyboard rusak adalah tombol keyboard yang hurufnya berubah. Contohnya, tombol yang ditekan adalah huruf, tapi yang keluar malah simbol. Urutan dan letaknya yang tertukar sangat membingungkan orang yang memakai.
  • Kerusakan di keyboard juga dapat membuat laptop tidak berfungsi. Hal ini ditandai dengan laptop yang mati dan tidak mau menyala. Laptop yang bisa dinyalakan pun hanya memunculkan layar blank.
  • Tanda yang terakhir untuk tahu keyboard rusak adalah laptop yang tidak bisa masuk ke menu Windows. Keyboard yang rusak bisa menyebabkan software bermasalah juga. Jadi, keyboard rusak harus segera diperbaiki untuk menghindari laptop rusak juga.

Penyebab Keyboard Rusak

Sebelum mengetahui cara mengecek keyboard dengan software, orang-orang perlu mengenali penyebab keyboard rusak untuk menghindari kerusakan lain. Ada 3 penyebab umum yang membuat keyboard rusak antara lain:

  • Penggunaan laptop yang terlalu lama akan membuat laptop cepat panas. Ketika laptop terlalu panas, kotoran dan benda-benda kecil akan masuk ke keyboard dan membuat keyboard rusak.
  • Menekan keyboard dengan cara yang salah juga menjadi penyebab keyboard rusak. Misalnya, tombol keyboard ditekan terlalu keras dan cepat sehingga tooth keyboard dan papan elektroniknya menempel. Hal ini bisa menimbulkan suara beep panjang pada keyboard.
  • Menjaga kebersihan keyboard juga diperlukan agar keyboard tidak dimasuki kotoran dan air. Dengan menjaga kebersihan laptop dan keyboard, kemungkinan kecil keyboard akan rusak.

Cara Mengecek Keyboard dengan Software

Pengecekan keyboard harus rutin dilakukan agar orang-orang tahu keyboard berfungsi dengan baik atau tidak. Sehabis mengetahui penyebab dan ciri-ciri keyboard rusak, berikut ini beberapa cara mengecek keyboard dengan software yang banyak variasinya:

1. Passmark KeyboardTest

Software ini kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang suka mengulas hardware laptop dan komputer untuk pengecekan keyboard. Software ini dibuat oleh perusahaan Passmark yang terkenal dengan produk utility sistem.

Passmark KeyboardTest bisa diunduh di website resminya dengan ukuran sebesar 2 Mb. Berikut ini langkah-langkah memakai Passmark Keyboard Test:

  • Masuk ke situs resmi Passmark lewat browser.
  • Unduh aplikasi Passmark ke laptop.
  • Setelah unduhan selesai, install aplikasi Passmark.
  • Kunjungi aplikasi yang sudah diunduh dan tunggu sampai muncul tampilan keyboard di layarnya.
  • Cobalah menekan semua tombol di keyboard.
  • Passmark akan memberikan indikator hijau jika tombol berfungsi semua.
  • Jika tidak ada indikator apapun yang muncul, itu berarti keyboard mengalami kerusakan.

2. Keyboard Test Utility

Software kedua ini dibuat oleh Javad Taheri. Tampilan Keyboard Test Utility sangat sederhana dan mudah digunakan. Terlebih aplikasi ini sudah mendukung Windows terbaru. Cara mengecek keyboard dengan software Keyboard Test Utility antara lain:

  • Masuk ke situs soft famous untuk mengunduh.
  • Setelah software terunduh, install Keyboard Test Utility ke laptop.
  • Bukalah aplikasi dan tunggu hingga tampilan laptop berubah.
  • Setiap tombol yang berfungsi akan mengeluarkan indikator kuning.
  • Jika tombol tidak mengeluarkan indikator, itu artinya tombol tersebut rusak.

Cara mengecek keyboard dengan software sangat mudah dilakukan. Bahkan, aplikasinya bisa diunduh gratis melalui website. Untuk mengecek keyboard, orang-orang hanya perlu menekan tombol keyboard dan melihat indikatornya. Selain itu, terdapat ciri-ciri dan penyebab keyboard rusak.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings