cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024

Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa merusak komponen di dalam Macbook dan membuatnya tidak bisa dipakai lagi. Oleh karena itu, perlu tahu dampak dan cara mengatasi Macbook yang terkena air.

Air dapat menjadi benda yang merusak laptop dengan mudah. Bahkan, kotoran seperti debu dan rambut bisa mengganggu kinerja laptop apalagi air. Maka, ada baiknya untuk menjauhkan Macbook dari benda-benda cair, misalnya, air, susu, jus, dll.

Namun, perlu mengetahui cara mengatasi Macbook yang terkena air jika perangkat terlanjur basah. Caranya bisa dilakukan sendiri pertama-tama, tapi sebaiknya Macbook perlu dibawa ke tempat servis jika masih tidak bisa dipakai.

Dampak Terkena Air pada Macbook

Cairan sangat berbeda tergantung jenisnya. Ada air, teh, dan kopi yang tidak terlalu asam sehingga cukup aman ketika terkena benda cair tersebut. Namun, beda lagi jika Macbook terkena jus atau cairan dengan asam yang tinggi.

Ketika Macbook terkena cairan, tumpahannya bisa masuk melalui celah yang ada sampai akhirnya mengenai logic board. Ini sangat berbahaya karena komponen berbahan logam bisa mengalami pengkaratan. Kemudian, pengkaratan ini akan menyebabkan kerusakan di komponen tersebut.

Macbook yang terkena air mungkin bisa digunakan beberapa hari, tapi akan mati dalam beberapa hari. Hal ini disebabkan logam yang teroksidasi perlahan menciptakan karat di mesin. Ketika Macbook diisi daya, pengkaratan akan merusak komponen lainnya.

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air

Jika Macbook terlanjur basah karena air, perlu melakukan cara-cara tertentu agar Macbook tidak rusak. Air menjadi benda yang paling cepat mengalir ke dalam logic board sehingga komponen lainnya dapat terkena dampak.

Jadi, beberapa pengecekan perlu dilakukan sebelum mengatasi Macbook yang terkena air. Misalnya, mengecek keyboard dan touchpad serta mengetes daya baterai. Hal ini, agar pemilik bisa tahu apakah cairan tadi merusak bagian-bagian penting selain logic board.

Kalau sudah mengecek bagian-bagian tersebut, langkah selanjutnya adalah berusaha mengatasi tumpahannya. Berikut ini cara mengatasi Macbook yang terkena air:

  • Cara pertama adalah dengan melepaskan charger dan sambungan lainnya. Arus listrik yang masuk ke Macbook dapat membuat komponen listrik seperti baterai dan charger rusak. Jadi, tidak boleh ada colokan yang tersambung ke Macbook yang terkena air.
  • Kemudian, Macbook harus bersihkan dengan memakai tisu atau lap. Tisu harus digunakan dengan cara menepuk-nepuknya ke bagian yang basah. Jika mengusap bagian yang basah atau mengangkat laptop, itu akan membuat air masuk ke komponen lainnya.
  • Saat Macbook terkena air, harus segera mematikan perangkatnya. Sebaiknya, Macbook dibiarkan mati selama 2 hari setelah dibersihkan tumpahannya. Hal ini untuk menghindari error dan korosi pada komponen yang terkena tumpahan saat Macbook digunakan lagi.
  • Saat membiarkan Macbook mati selama 2 hari, bisa mencoba mengeringkan bekas tumpahannya dengan memakai hairdryer atau lampu belajar yang bersifat hangat. Namun, berikan jarak pada saat memakainya karena suhu panas bisa merusak Macbook juga.
  • Jika tumpahan air sampai masuk ke bagian dalam keyboard, bisa membalik posisi Macbook agar air keluar. Membaliknya harus dengan perlahan dan tunggu hingga air keluar dari celah keyboard sehingga komponen lain tidak rusak.
  • Cara mengatasi Macbook yang terkena air terakhir adalah membawanya ke tempat servis apalagi jika ada tanda-tanda kerusakan di komponen Macbook. Dengan membawanya ke tempat servis, Macbook bisa ditangani dengan baik oleh profesional.

Penyebab Lain yang Bisa Membuat Macbook Rusak

Selain terkena air, Macbook bisa rusak karena penyebab-penyebab lain. Oleh karena itu, jangan sampai Macbook mengalami kerusakan karena kurang hati-hati dalam memakainya. Beberapa penyebab yang membuat Macbook rusak antara lain:

  • Macbook terjatuh atau terbentur dengan keras sampai ada kapasitor yang lepas.
  • Tidak sengaja terkena atau basah karena tumpahan benda cair.
  • Tegangan arus listrik yang berubah-ubah karena menggunakan aksesoris tidak resmi.

Jika Macbook mengalami hal-hal di atas, ada kemungkinan jika motherboard Macbook akan rusak. Kerusakan motherboard bisa dilihat dari ciri-ciri berikut ini.

  • Macbook mati total.
  • Macbook tidak menampilkan blank layar saat charging.
  • Adanya bootloop.
  • Macbook tidak bisa charging.
  • Macbook tidak bisa menyala dan menunjukkan tampilan di layar.

Cara mengatasi Macbook yang terkena air sangat mudah dilakukan. Namun, ada baiknya membawa Macbook ke tempat servis jika terkena air yang lumayan banyak. Selain itu, perlu menghindari hal-hal yang membuat Macbook bisa rusak.

Check Also

cara upgrade ssd macbook air 2017

Begini Cara Upgrade SSD MacBook Air 2017, Perhatikan Hal Ini Agar Data Tidak Hilang!

*Artikel diperbarui pada 15 Maret 2024 Pada umumnya, MacBook Air 2017 memiliki ruang penyimpanan yang …

Theme Settings