apakah update os mac menghilangkan data

Apakah Update OS Mac Menghilangkan Data? Dan Bagaimana Cara Updatenya?

*Artikel diperbarui pada 28 Juni 2023

Apple terus memutakhirkan sistem operasi yang dimilikinya dengan cara update OS. Melalui cara-cara yang mudah, pengguna Apple bisa merasakan fitur baru di dalamnya. Namun, apakah update OS Mac menghilangkan data?

Orang-orang perlu mengupdate Mac karena ada beberapa bug yang rawan terkena cyber crime, seperti pengambilan data dan hack. Apple berharap update OS ini, akan mencegah dan mengurangi bug yang meresahkan penggunanya.

Update sendiri tidak serta merta bisa dilakukan oleh semua tipe Mac. Ada spesifikasi tipe yang bisa melakukan update. Kemudian, simak artikel ini untuk mengetahui apakah update OS Mac menghilangkan data dan cara mengupdate.

Apakah Update OS Mac Menghilangkan Data?

Sebenarnya, update sistem operasi memiliki kemungkinan kecil untuk kehilangan data. Data dan aplikasi yang sebelumnya dimiliki akan tersimpan dengan baik. Bahkan, update akan membuat perangkat lebih baik lagi performa dan fiturnya.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan tentang apakah update OS Mac menghilangkan data. Ada beberapa hal yang bisa membuat error, saat update dan tentunya itu juga berdampak pada data di Mac.

Misalnya, perangkat diupdate saat baterai kehabisan daya. Ini bisa memicu update tidak optimal dan kehilangan data. Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan akan menghimbau penggunanya untuk mencadangkan data. Dengan pencadangan, data-data tidak akan hilang.

Jadi, ada baiknya untuk memindahkan data-data atau mencadangkannya ke iCloud sebelum update OS. Data-data bisa disimpan dengan aman dan update bisa dilakukan dengan tenang. Selain itu, ikuti langkah-langkah update dengan benar agar update berjalan lancar.

Cara Update OS Mac

Update OS bisa melewati beberapa langkah agar semakin baik dan lancar. Dengan mempersiapkan hal-hal tersebut, pengguna akan dapat merasakan hasil dari update dengan lebih optimal. Sebelum update, orang-orang harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kompatibilitas perangkat. Hal ini untuk mengetahui apakah Mac pengguna masuk ke daftar tipe yang harus di update.
  • Selanjutnya, orang-orang perlu melakukan pencadangan data bisa dengan menyimpannya ke perangkat lain atau iCloud. Hal ini, agar data di perangkat tidak hilang jika ada error yang terjadi saat update.
  • Lalu, hal terakhir yang harus diperhatikan adalah melakukan update. Orang-orang hanya perlu mengikuti langkah dengan benar untuk update dan menyediakan koneksi internet yang baik dan memadai agar update lancar.

Memeriksa kompatibilitas dan melakukan pencadangan data memang perlu dilakukan untuk update. Jika sudah mempersiapkan hal-hal tersebut, update OS bisa dilakukan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke fitur Apple Icon yang ada di perangkat.
  • Kemudian, klik pilihan “About This Mac”.
  • Tekan pilihan update yang terlihat di layar.
  • Tunggu sampai tampilan untuk update OS muncul.
  • Setelah itu, tekan tulisan “Upgrade Now” untuk melakukan proses update.
  • Tunggu kembali hingga unduhan selesai.
  • Jika unduhan sudah selesai, sistem operasi akan otomatis mengarahkan ke pengaktifkan update.
  • Tekan opsi “Continue” agar proses update berlanjut.
  • Selanjutnya, klik opsi “Agree” yang muncul di persetujuan syarat dan ketentuan.
  • Klik pilihan “Continue” pada layar yang menunjukkan dimana update akan tersimpan.
  • Update sudah selesai dilakukan.

Cara Memulihkan Data yang Hilang

Setelah mengetahui apakah update OS Mac menghilangkan data, orang-orang juga perlu mengetahui cara mengembalikan data yang hilang. Ini berguna ketika data lupa dicadangkan dan hilang. Cara memulihkan datanya, antara lain:

1. Lewat Aplikasi Trash di Perangkat

Mac menyediakan aplikasi Trash untuk menyimpan file yang terhapus atau dihapus dalam jangka waktu 30 hari. Jika melewati waktu tersebut file otomatis akan dihapus permanen. Berikut ini langkah-langkah memulihkannya:

  • Masuk ke menu Trash yang ada di perangkat.
  • Carilah file yang ingin dipulihkan.
  • Klik kanan untuk memulihkan file dengan cara menekan pilihan “Put Back”.

2. Lewat Aplikasi Cadangan Time Machine

Apple menyediakan aplikasi cadangan bernama Time Machine. Aplikasi ini bisa dibuat untuk memulihkan sistem operasi dan data yang disimpan di penyimpanan lain. Langkah-langkah memulihkan data dari Time Machine, yaitu:

  • Cari folder yang sebelumnya menyimpan file yang terhapus di perangkat dengan Finder.
  • Masuk ke aplikasi Time Machine yang tersedia.
  • Pilih data yang ingin dipulihkan dengan mencari versi terbaru di timeline pada bagian kanan layar.
  • Setelah menemukan versi yang ingin dipulihkan, tekan opsi “Pulihkan” untuk mengembalikan data.

Jadi, kemungkinan tentang apakah update OS Mac menghilangkan data bisa saja terjadi. Sebaiknya, pencadangan data dilakukan agar data terjamin aman. Namun, orang-orang bisa memakai cara memulihkan data di atas jika terlanjur hilang.

 

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings