Cara Menghapus Artboard di Adobe Illustrator
Cara Menghapus Artboard di Adobe Illustrator

Cara Menghapus Artboard di Adobe Illustrator

*Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023

Kamu yang sering menggunakan Adobe Illustrator pasti tahu bahwa artboard adalah area kerja yang memuat proyek yang sedang dikerjakan. Nah, ada kalanya kamu membutuhkan untuk menghapus artboard karena beberapa alasan, seperti menghapus atau mengatur ulang project, atau hanya sekedar membersihkan gambar dari area kosong yang tidak perlu. Artikel ini akan membahas secara detail tentang cara menghapus artboard di Adobe Illustrator.

Sebelum kita memulai, ada baiknya kamu mengetahui beberapa jargon industri yang akan digunakan dalam artikel ini. Artboard adalah area kerja yang terlihat di layar saat melakukan proses desain dan pengeditan gambar. Illustrator adalah perangkat lunak pengolah gambar vektor yang dirancang oleh Adobe. Gambar vektor adalah gambar yang terdiri dari bentuk geometris, seperti garis, kurva, atau bentuk yang dapat diolah tanpa mengurangi kualitas gambar.

Hal-hal yang Harus Dipahami Sebelum Menghapus Artboard di Adobe Illustrator

Pada artikel ini, kamu akan belajar cara menghapus artboard di Adobe Illustrator dan mengetahui keuntungan serta risiko yang terkait dengan proses tersebut. Setiap informasi yang disajikan telah diuji dan divalidasi untuk memastikan keakurasian dan kebenaran data.

Berikut ini adalah 7 hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai proses menghapus artboard di Adobe Illustrator:

1. Pastikan Kamu Memiliki Cadangan (Backup)

Saat melakukan proses menghapus artboard, pastikan kamu memiliki cadangan atau backup tidak hanya untuk menghindari kehilangan data, tapi juga untuk memastikan semua data dapat dikembalikan seperti semula jika proses yang kamu lakukan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

2. Perhatikan Gambar dan Isi Artboard

Selama proses menghapus artboard, pastikan kamu secara teliti memeriksa gambar dan isi artboard. Pastikan kamu tidak menghapus beberapa gambar yang tidak seharusnya, dan pastikan kamu tidak kehilangan file yang penting.

3. Pastikan Tidak Ada Element yang Terkait dengan Artboard

Pastikan tidak ada elemen dalam gambar yang terkait dengan artboard, seperti ukuran, data, atau struktur. Jika ada, kamu harus memperbarui hal itu atau mencari solusi alternatif agar gambar tetap terjaga dengan baik.

4. Perhatikan Pengaturan Layar (Screen Settings)

Saat menghapus artboard, pastikan kamu memperhatikan pengaturan layar (screen settings), seperti resolusi dan ukuran. Pastikan kamu mengatur ulang pengaturan layar jika diperlukan untuk memastikan desain gambar dapat terlihat dengan jelas di layar.

5. Fokus pada Gambar yang Tepat

Selama proses menghapus artboard, pastikan kamu fokus pada gambar yang tepat dan tidak menghapus gambar yang tidak seharusnya. Jangan sampai kamu menghapus gambar yang sebenarnya akan digunakan lagi dalam proses pengeditan lebih lanjut.

6. Perhatikan Ukuran dan Kualitas Gambar

Perhatikan ukuran dan kualitas gambar saat kamu menghapus artboard. Pastikan ukuran dan kualitas gambar tetap sama, atau lebih baik, setelah proses penghapusan artboard dilakukan. Pastikan kamu juga memperhatikan resolusi gambar agar tidak menyebabkan kesalahan saat diperbesar atau ditampilkan.

7. Jangan Menghapus Data Tanpa Pertimbangan Matang

Jangan menghapus data atau informasi tanpa pertimbangan matang. Pastikan kamu mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari menghapus artboard, dan pastikan kamu menyimpan gambar utama dan cadangan agar dapat diakses suatu saat nanti jika diperlukan.

Cara Menghapus Artboard di Adobe Illustrator

Setelah kamu memperhatikan 7 hal yang perlu diketahui sebelum memulai proses menghapus artboard, ini adalah langkah-langkah untuk menghapus artboard di Adobe Illustrator.

Langkah 1: Buka File yang Ingin Diedit

Buka file yang ingin kamu edit, atau buka file baru jika kamu ingin menggambar dari awal. Pastikan file tersebut ada di dalam folder yang tepat dan kamu memiliki akses ke file tersebut untuk memulai proses penghapusan artboard.

Langkah 2: Pilih Artboard yang Ingin Dihapus

Setelah file dibuka, perhatikan arat (tool) yang berada di bagian sisi kiri layar. Pilih tool “Artboard” dengan mengklik icon “Artboard” pada menu di sebelah kiri.

Langkah 3: Pilih Artboard yang Ingin Dihapus

Pada menu Artboard, kamu akan melihat ikon Artboard yang akan ditampilkan pada layar. Klik pada artboard yang ingin kamu hapus, kemudian klik kanan pada artboard yang dipilih dan pilih “Hapus Artboard”.

Langkah 4: Periksa dan Simpan File

Setelah artboard dihapus, pastikan semua gambar dan isi pada artboard telah diperiksa dengan teliti. Jika tidak ada masalah lagi, simpan file dengan menekan “Ctrl + S” atau memilih “Simpan” pada menu “File”.

Langkah 5: Tampilkan Hasil pada Layar

Tampilkan hasil pada layar untuk memastikan semua gambar dan isi pada artboard sudah dihapus. Jika semuanya baik-baik saja, kamu dapat mulai melakukan tahap pengeditan atau memulai gambar baru di area kerja.

Langkah 6: Rename File

Jangan lupa untuk mengganti nama file sesuai dengan jenis gambar dan tanggal dibuatnya. Ini akan membantu ketika kamu mencari file di masa depan atau jika kamu ingin membagikan file dengan orang lain.

Keuntungan dan Risiko Menghapus Artboard di Adobe Illustrator

Setiap tindakan yang kamu lakukan pasti memiliki keuntungan dan risiko, termasuk menghapus artboard di Adobe Illustrator. Berikut adalah keuntungan dan risiko yang harus kamu ketahui sebelum menghapus artboard:

Keuntungan:

1. Meningkatkan kinerja program dengan mengurangi ukuran file yang tidak perlu.

2. Memudahkan proses pengelolaan gambar karena area kerja menjadi lebih terorganisir.

3. Meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengeditan gambar dengan menghapus elemen yang tidak perlu.

Risiko:

1. Menghapus gambar yang sebenarnya masih dibutuhkan dalam proses pengeditan.

2. Kehilangan data atau informasi yang tidak sengaja dihapus saat menghapus artboard.

3. Kesalahan saat menghapus artboard dapat menyebabkan kesalahan dalam gambar atau file.

Cara Menghapus Artboard di Adobe Illustrator – Tanya Jawab

Pertanyaan Jawaban
1. Apa artboard di Adobe Illustrator? Artboard adalah area kerja yang memuat proyek yang sedang dikerjakan dalam Adobe Illustrator.
2. Keuntungan menghapus artboard di Adobe Illustrator apa? Keuntungan menghapus artboard di Adobe Illustrator antara lain meningkatkan kinerja program dengan mengurangi ukuran file yang tidak perlu, memudahkan proses pengelolaan gambar, dan meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengeditan gambar dengan menghapus elemen yang tidak perlu.
3. Risiko apa saja yang terkait dengan menghapus artboard di Adobe Illustrator? Risiko menghapus artboard di Adobe Illustrator antara lain menghapus gambar yang sebenarnya masih dibutuhkan dalam proses pengeditan, kehilangan data atau informasi yang tidak sengaja dihapus saat menghapus artboard, dan kesalahan saat menghapus artboard dapat menyebabkan kesalahan dalam gambar atau file.
4. Apa yang terjadi jika saya menghapus artboard yang salah? Jika kamu menghapus artboard yang salah, kamu bisa kehilangan gambar yang sebenarnya masih dibutuhkan dalam proses pengeditan. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa secara teliti sebelum melakukan proses penghapusan artboard.
5. Apa yang harus saya lakukan jika terjadi kesalahan dalam menghapus artboard? Jika ada kesalahan dalam menghapus artboard, kamu bisa memulihkan file dari cadangan (backup) yang telah disimpan sebelum menghapus artboard.
6. Berapa banyak artboard yang dapat saya hapus dalam satu file? Kamu dapat menghapus semua artboard dalam satu file atau hanya beberapa artboard saja sesuai kebutuhan kamu.
7. Bagaimana cara memperbarui pengaturan layar setelah menghapus artboard? Kamu dapat memperbarui pengaturan layar dengan menuju ke menu “View” dan memilih “Pengaturan Layar” (Screen Settings). Kemudian, pilih pengaturan layar yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
8. Apa yang harus saya lakukan setelah menghapus artboard? Setelah menghapus artboard, kamu harus memeriksa gambar dan isi dalam artboard secara teliti dan memastikan tidak ada elemen yang terkait dengan artboard sebelum menyimpan file.
9. Apakah saya bisa menghapus artboard tanpa menghapus gambar yang terdapat di dalamnya? Ya, kamu dapat menghapus artboard tanpa menghapus gambar yang terdapat di dalamnya dengan memindahkan gambar ke artboard lain atau menggandakan gambar terlebih dahulu.
10. Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa membuat cadangan (backup) sebelum menghapus artboard? Jika kamu lupa membuat cadangan sebelum menghapus artboard, kamu dapat mencari file cadangan di folder tempat kamu menyimpan file utama atau memeriksa fitur auto-save pada Adobe Illustrator.
11. Apakah menghapus artboard dapat mempengaruhi kualitas gambar secara keseluruhan? Tidak, menghapus artboard tidak akan mempengaruhi kualitas gambar secara keseluruhan. Namun, pastikan kamu memperhatikan ukuran dan resolusi gambar agar tidak terpengaruh.
12. Bagaimana cara menghapus artboard pada beberapa gambar sekaligus? Kamu dapat menghapus artboard pada beberapa gambar sekaligus dengan memilih gambar yang ingin kamu hapus artboard-nya, kemudian klik kanan dan pilih “Hapus Artboard”.
13. Apa itu gambar vektor? Gambar vektor adalah gambar yang terdiri dari bentuk geometris, seperti garis, kurva, atau bentuk yang dapat diolah tanpa mengurangi kualitas gambar.

Kesimpulan

Proses menghapus artboard di Adobe Illustrator dapat meningkatkan kinerja program dengan mengurangi ukuran file yang tidak perlu, memudahkan proses pengelolaan gambar, dan meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengeditan gambar dengan menghapus elemen yang tidak perlu.

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan risiko seperti menghapus gambar yang sebenarnya masih dibutuhkan dalam proses pengeditan, kehilangan data atau informasi yang tidak sengaja dihapus saat menghapus artboard, dan kesalahan dalam gambar atau file.

Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa gambar dan isi dalam artboard dan mempertimbangkan keuntungan dan risiko sebelum melakukan proses penghapusan artboard.

Artikel ini telah membahas secara detail tentang cara menghapus artboard di Adobe Illustrator. Kami berharap artikel ini dapat membantu kamu dalam menghapus artboard dengan mudah dan benar. Pastikan kamu memeriksa secara teliti proses penghapusan artboard dan mempertimbangkan keuntungan dan risikonya sebelum mengambil tindakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings