cara menggunakan software dialux

Keunggulan dan Cara Menggunakan Software DIALux, Software Desain Pencahayaan Gratis Terbaik

*Artikel diperbarui pada 3 Juli 2023

Bagi interior designer atau penata tata ruang, aplikasi desain pencahayaan sangat penting. Aplikasi terbaik yang ada di pasaran dan gratis adalah DIALux. Berikut cara menggunakan Software DIALux, software desain pencahayaan terbaik.

Penataan cahaya adalah bagian penting dari desain interior. Untuk mengetahui pencahayaan model seperti apa yang bagus dalam suatu ruang baik tertutup atau terbuka, diperlukan simulasi. Untuk merealisasi simulasi, dibuat aplikasi simulasi untuk membantu perencanaan. 

DIALux dan Keunggulannya

Sebelum mempelajari cara menggunakan software DIALux, penting untuk diketahui apa itu aplikasi DIALux, dan bagaimana keunggulan yang dimiliki. DIALux adalah aplikasi perencana pencahayaan ruang yang dikeluarkan perusahaan bernama DIAL.

Perusahaan DIAL menyediakan berbagai layanan dalam bidang pencahayaan ruang. Perusahaan ini mengembangkan software seperti DIALux, mengembangkan teknologi pencahayaan ruang, desain pencahayaan ruang, dan lain-lain. 

DIALux memiliki banyak keunggulan yang menyebabkan software atau aplikasi ini kini memiliki 700.000 lebih pengguna aktif. Pengguna DIALux bervariasi, dari range individu hingga brand besar penyedia desain interior. Berikut keunggulan DIALux yang perlu di-highlight:

1. Gratis dengan Pembelian dalam Aplikasi

Daya tarik terbesar aplikasi DIALux adalah aplikasi ini disediakan dan diedarkan, secara gratis. Pengguna tidak perlu melakukan pembayaran apapun sama sekali.

Pembiayaan DIALux berasal dari merek-merek teknologi pencahayaan yang dapat memajang produknya di aplikasi ini. Jadi, DIALux sebenarnya adalah software atau aplikasi hasil kolaborasi antara DIAL dengan brand-brand teknologi pencahayaan lainnya.

Di dalam DIALux juga terdapat fitur-fitur pro yang berbayar. Pengguna dapat melakukan pembelian dalam aplikasi, jika ingin menggunakan fitur ini. Fitur ini biasa digunakan untuk kalangan profesional seperti perusahaan interior desain.

2. Menyediakan Teknologi Pencahayaan Sungguhan hasil Kolaborasi dengan Brand Teknologi Pencahayaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, DIALux adalah hasil kolaborasi brand-brand penyedia teknologi pencahayaan. Karena itu aplikasi ini dapat diedarkan secara gratis.

Dengan kolaborasi tersebut, DIALux menyediakan item-item pencahayaan yang sungguhan ada dan dijual oleh berbagai brand. Di dalam aplikasi ini juga dapat sekaligus dilakukan simulasi atau uji coba bagaimana kinerja produk tersebut.

Lebih menariknya lagi, setelah diuji coba dalam aplikasi, jika cocok pengguna dapat dengan mudah melakukan pembelian. Hal ini tentu tidak dimiliki aplikasi desain pencahayaan ruang lainnya, yang biasanya menggunakan item fiksi.

Item-item ini disediakan dalam bentuk 3D. Di dalam DIALux juga disediakan informasi mengenai setiap produk seperti harga, spesifikasi, rekomendasi, dan lain-lain.

3. Menyediakan Banyak Fitur

Fitur yang disediakan DIALux terkait desain pencahayaan ruang sangat beragam. DIALux dapat digunakan untuk merencanakan pencahayaan ruang apapun, baik indoor, outdoor, satu ruang, satu lantai, hingga bangunan kompleks banyak lantai.

Item yang disediakan oleh DIALux tergolong sangat lengkap. DIALux juga menyediakan fitur import denah ruangan dari gambar yang dibuat di aplikasi lain. Bahkan desain dapat dibuat di atas hasil screenshot yang diambil dari Google Maps.

Cara Menggunakan Software DIALux

DIALux pada dasarnya adalah software perencana pencahayaan ruang. Cara menggunakan software DIALux ini adalah dengan memanfaatkan fungsi dan fitur-fiturnya sebagai berikut: 

1. Desain Pencahayaan Ruang Indoor dan Outdoor

DIALux dapat digunakan untuk merencanakan pencahayaan baik ruangan terbuka maupun tertutup. Ruangan tertutup contohnya ruangan kantor, ruangan di rumah tinggal, ruangan di mall, atau ruangan di supermarket belanja.

Namun DIALux juga sekaligus bisa digunakan untuk merencanakan pencahayaan tempat terbuka. Contohnya adalah lahan parkir, jalan kota, hingga taman bermain anak-anak. Pengguna hanya perlu mengunggah denah, dan bisa menambahkan item pencahayaan.

2. Simulasi Mendekati Nyata dengan Fitur Artificial Light dan Daylight

Dalam keadaan nyata di lapangan, tentu terdapat kondisi berbeda antara pencahayaan malam dan siang hari. DIALux juga menyediakan simulasi baik siang hari dengan daylight, maupun malam dengan pencahayaan buatan.

Kemudian DIALux juga bisa memberikan simulasi bila keduanya digabungkan. Hal ini mendukung desain yang semakin akurat, karena semakin mendekati keadaan nyata di lapangan.

3. Light Distribution

Ada juga fitur light distribution. Fitur ini memberikan rekomendasi dan informasi mengenai distribusi cahaya yang sesuai di ruangan yang sedang didesain. Selain itu, juga terdapat rekomendasi warna lampu yang sesuai dengan vibe ruang yang didesain.

4. Presentasi Desain dengan Fitur Documentation

DIALux juga dapat meng-convert desain pencahayaan ruang menjadi sebuah berkas presentasi. Hal ini memudahkan brand-brand desain interior untuk mempresentasikan rencana kepada klien, atau kepada siapa pun yang ingin melihat desain.

Download Software DIALux

Setelah mengetahui cara menggunakan Software DIALux melalui fiturnya yang banyak dan menarik, tahap selanjutnya adalah mengunduh software ini. Adapun software DIALux terbaru dapat diunduh di website resmi DIALux yang dapat diakses melalui tautan ini https://www.dialux.com/en-GB/download.

Software DIALux tersedia bagi Windows dan MacOS. Serta disediakan secara gratis dengan pembelian dalam aplikasi.

Demikian penjelasan mengenai DIALux dan cara menggunakan software DIALux melalui fitur-fitur dan keunggulannya yang menarik. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam merencanakan pencahayaan ruang yang akurat.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings