Cara Mengganti Template PPT: Tampilan Baru untuk Presentasi yang Lebih Menarik

Pendahuluan

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah PPT atau Power Point. Bagi seorang presenter, aplikasi ini sudah menjadi andalan untuk menyampaikan materi dengan jelas dan terstruktur. Namun, menggunakan tampilan yang itu-itu saja bisa membuat presentasi menjadi monoton dan kurang menarik. Dalam artikel ini, kamu akan diajak untuk belajar cara mengganti template PPT agar presentasi yang kamu buat jauh lebih menarik dan profesional.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu template pada PPT dan apa manfaatnya. Menurut Microsoft, template adalah kumpulan slide yang telah dirancang sebelumnya yang bisa digunakan untuk membuat presentasi. Manfaat menggunakan template adalah memudahkan kamu dalam membuat presentasi karena template telah disesuaikan dengan tema tertentu dan membuat presentasi terlihat lebih profesional.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar cara mengganti template PPT dengan mudah dan lengkap. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Mudah Mengganti Template PPT

Bagaimana cara mengganti template PPT dengan mudah? Berikut adalah caranya:

1. Pilih Slide yang Ingin Diganti

Pertama-tama, kamu harus memilih slide yang ingin diganti template-nya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara mengklik slide tersebut pada daftar slide di bagian kiri layar.

2. Klik “Design” pada Menu Bar

Setelah memilih slide yang ingin diganti template-nya, klik tab “Design” pada menu bar di bagian atas layar.

3. Pilih Salah Satu Template yang Tersedia

Pada tab “Design”, kamu akan melihat beberapa pilihan template yang tersedia. Pilih salah satu template yang sesuai dengan tema presentasi kamu.

4. Klik pada Template yang Dipilih

Setelah memilih template, klik pada template yang dipilih untuk menggantikan template lama.

5. Tambahkan dan Ubah Gambar atau Logo

Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan dan mengubah gambar atau logo pada slide dengan cara mengklik pada gambar atau logo yang ingin diubah dan memilih “Change Picture” atau “Delete Picture” pada menu yang muncul.

6. Simpan Perubahan

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kamu lakukan dengan cara klik “Save” atau “Save As” pada menu bar di bagian atas layar.

7. Reviu Hasil Perubahan

Setelah menyimpan, jangan lupa untuk melakukan revisi terhadap hasil perubahan anda. Pastikan slide yang kamu buat sesuai dengan keinginan dan perlu disesuaikan lagi jika diperlukan.

Cara Lengkap Mengganti Template PPT

Tidak cukup dengan cara mudah di atas? Kamu bisa mengganti template PPT secara lebih lengkap dengan cara berikut:

1. Pilih Seluruh Slide

Jika kamu ingin mengganti template semua slide pada presentasi, pilih seluruh slide pada daftar slide dengan cara klik “Ctrl” dan “A” pada keyboard.

2. Klik “View” pada Menu Bar

Setelah memilih seluruh slide, klik tab “View” pada menu bar di bagian atas layar.

3. Klik “Slide Master” pada Menu Bar

Pada tab “View”, klik “Slide Master” untuk masuk ke tampilan slide master.

4. Pilih Template yang Diinginkan

Pada tampilan slide master, kamu akan melihat beberapa pilihan template. Pilih salah satu template yang sesuai dengan tema presentasi kamu dan klik pada template tersebut.

5. Tambahkan dan Ubah Gambar atau Logo

Seperti pada cara mudah sebelumnya, kamu bisa menambahkan dan mengubah gambar atau logo pada slide dengan cara mengklik pada gambar atau logo yang ingin diubah dan memilih “Change Picture” atau “Delete Picture” pada menu yang muncul.

6. Ubah Font dan Warna

Tak hanya template, kamu juga bisa mengubah font dan warna pada tampilan slide master dengan cara klik pada teks atau bagian yang ingin diubah dan memilih warna atau font yang diinginkan.

7. Simpan Perubahan

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kamu lakukan dengan cara klik “Save” atau “Save As” pada menu bar di bagian atas layar.

8. Reviu Hasil Perubahan

Setelah menyimpan, jangan lupa untuk melakukan revisi terhadap hasil perubahan anda. Pastikan slide yang kamu buat sesuai dengan keinginan dan perlu disesuaikan lagi jika diperlukan.

Tabel Cara Mengganti Template PPT

Cara Mudah Cara Lengkap
Pilih Slide yang Ingin Diganti Pilih Seluruh Slide
Klik “Design” pada Menu Bar Klik “View” pada Menu Bar
Pilih Salah Satu Template yang Tersedia Klik “Slide Master” pada Menu Bar
Klik pada Template yang Dipilih Pilih Template yang Diinginkan
Tambahkan dan Ubah Gambar atau Logo Tambahkan dan Ubah Gambar atau Logo
Simpan Perubahan Simpan Perubahan
Reviu Hasil Perubahan Reviu Hasil Perubahan

Cara Mengganti Template PPT – Tanya Jawab

1. Apa itu template pada PPT?

Menurut Microsoft, template adalah kumpulan slide yang telah dirancang sebelumnya yang bisa digunakan untuk membuat presentasi. Manfaat menggunakan template adalah memudahkan kamu dalam membuat presentasi karena template telah disesuaikan dengan tema tertentu dan membuat presentasi terlihat lebih profesional.

2. Apa manfaat dari mengganti template PPT?

Manfaat dari mengganti template PPT adalah membuat presentasi lebih menarik, sesuai dengan tema tertentu, dan terlihat lebih profesional.

3. Apakah penggunaan template PPT dapat memengaruhi nilai presentasi?

Penggunaan template PPT tidak dapat memengaruhi nilai presentasi secara langsung. Namun, dengan tampilan yang menarik dan profesional, presentasi kamu dapat menjadi lebih meyakinkan dan memikat.

4. Berapa banyak template yang tersedia pada PPT?

Terdapat beberapa pilihan template yang tersedia pada PPT. Pilihan tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada versi PPT yang kamu gunakan dan tema yang kamu inginkan.

5. Bagaimana cara mengganti template semua slide dalam presentasi?

Cara mengganti template semua slide dalam presentasi adalah dengan memilih seluruh slide pada daftar slide dengan cara klik “Ctrl” dan “A” pada keyboard, lalu masuk ke tampilan slide master dan pilih template yang diinginkan.

6. Apakah bisa mengganti template pada slide tertentu saja?

Ya, kamu bisa mengganti template pada slide tertentu saja dengan cara memilih slide yang ingin diganti, lalu pilih template yang diinginkan pada tab “Design”.

7. Apakah bisa menambahkan gambar atau logo pada template PPT yang baru?

Ya, kamu bisa menambahkan gambar atau logo pada template PPT yang baru dengan cara mengklik pada gambar atau logo yang ingin diubah dan memilih “Change Picture” atau “Delete Picture” pada menu yang muncul.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu telah belajar tentang cara mengganti template PPT dengan mudah dan lengkap. Kamu juga telah mempelajari manfaat dari menggunakan template pada presentasi dan cara mengganti template pada seluruh slide atau slide tertentu saja. Dengan mengganti template, presentasi kamu akan terlihat lebih menarik, sesuai dengan tema tertentu, dan terlihat lebih profesional. Jangan lupa untuk melakukan revisi terhadap hasil perubahan yang kamu lakukan, dan selamat mencoba!

Penutup

Disclaimer: Artikel ini dibuat untuk tujuan informasi semata. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang dihasilkan oleh pembaca dalam mengikuti panduan yang telah disediakan.

Related video of Cara Mengganti Template PPT: Tampilan Baru untuk Presentasi yang Lebih Menarik

Check Also

Cara Download Template PPT di Pinterest

*Artikel diperbarui pada 28 Februari 2024 Cari Ide Presentasi Menarik dengan Pinterest Sekarang kamu tidak …

Theme Settings