cara mengatasi driver software was not successfully installed

Begini Cara Mengatasi Driver Software Was Not Successfully Installed, Mudah!

*Artikel diperbarui pada 14 April 2024

Bagaimana cara mengatasi driver software was not successfully installed yang sering kali terjadi dan dialami oleh beberapa pengguna? Hal ini biasanya terjadi ketika akan mentransfer file atau lainnya, seperti melalui kabel USB ponsel ke laptop.

Seperti yang diketahui bahwa tidak semua device di laptop dapat bekerja dengan baik seperti permasalahan yang sedang dibahas ini. Notifikasi ini, biasanya akan muncul pada bagian bawah layar laptop di bagian kanan tanda silang.

Cara Mengatasi Driver Software Was Not Successfully Installed

Solusi ini sangat mudah untuk mengatasi masalah driver software was not successfully installed yang terjadi. Solusi ini dapat juga menjadi salah satu cara yang alternatif dalam mengatasi hal tersebut, berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

  • Pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan membuka Device Manager dengan cara mencari atau search di opsi start yang ada di komputer.
  • Kemudian cari portable Device klik kanan yang ada pada MTP USB Device.
  • Langkah berikutnya yaitu dengan klik pada opsi pilihan Update Driver Software.
  • Lalu langkah selanjutnya yaitu pilih opsi Browse my computers for driver software.
  • Selanjutnya pilih pada sebuah opsi Let me choose from. 
  • Langkah berikutnya yaitu pilih opsi driver yang akan diinstall kemudian klik next.
  • Selanjutnya akan muncul perintah reboot laptop kemudian pilih ya.
  • Dan reboot laptop atau PC.

Penyebab Terjadinya Driver Error Atau Muncul Tanda Seru yang Berwarna Kuning!

Pada setiap komputer jika memiliki adanya suatu kerusakan pada suatu hal maka akan muncul suatu tanda-tanda tertentu yang ada. Salah satunya seperti adanya kesalahan pada Driver dan akan muncul tanda seru yang berwarna kuning.

Jika mengingat ada suatu faktor yang memang kemungkinan lain menimbulkan adanya driver yang tidak berjalan secara optimal. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab adanya tanda seru berwarna kuning pada driver:

1. Ada File Sistem yang Bermasalah

Pertama yaitu sebab adanya permasalahan yang ada pada Driver yang bertanda seru dapat juga disebabkan oleh adanya file sistem yang bermasalah. Pada Driver, dapat menganalisis adanya kesalahan pada berbagai hal salah satunya di sistem file.

2. Driver yang Tidak Kompatibel

Dalam setiap hardware tentu saja memiliki suatu driver yang berbeda dari setiap hardwarenya masing-masing. Hal ini memungkinkan ada sesuatu yang salah pada saat menginstal driver hardware di komputer, dan mengakibatkan driver muncul tanda seru berwarna kuning.

3. Rusaknya Hardware

Rusaknya sebuah hardware juga dapat mengakibatkan adanya kemungkinan muncul tanda seru pada device yang berwarna kuning. Device Manager, yang berguna untuk dapat mendeteksi adanya suatu kerusakan atau kesalahan yang ada pada hardware.

4. Terkena Oleh Adanya Sebuah Virus Atau Malware

Virus memang menjadi salah satu hal yang perlu dihindari dan dijaga dalam sistem operasi komputer. Jika virus telah masuk ke perangkat, maka akan mengakibatkan perangkat mengalami masalah seperti file yang terhapus dan lainnya.

Dengan adanya sebuah virus maka akan mengakibatkan beberapa program di komputer menjadi error salah satunya device. Hal ini juga dapat dijadikan salah satu hal yang menyebabkan adanya tanda seru yang berwarna kuning pada driver.

Cara Mengetahui Jenis Suatu Kode Error Device Manager

Dalam penggunaan windows tentu saja akan ada atau memiliki sebuah sistem dimana kondisi error dan respon pada sistem tentu berbeda. Hal ini yang berarti bahwa setiap permasalahan ataupun penyebab pada windows pasti akan memiliki cara untuk mengatasinya berbeda-beda.

Namun jika dilihat secara umum, beberapa kode akan muncul dengan cara cara tertentu untuk dapat mengetahui suatu hal yang Salah. Berikut langkah untuk mengetahui adanya error yang terjadi pada driver.

  • Langkah yang pertama yaitu klik pada logo Windows + X.
  • Langkah selanjutnya yaitu klik Device Manager.
  • Setelahnya lakukan klik kanan pada driver yang ada tanda seru yang berwarna kuning.
  • Selanjutnya pilih sebuah opsi Properties.
  • Setelah itu lihat sebuah keterangan yang error yang berada di bagian “Device Status” pada sebuah tab General.

Salah satu contohnya yaitu kode error 1 yang berarti This device is not configured correctly. Memiliki keterangan bahwa perangkat yang tidak memiliki adanya suatu instalasi driver atau juga diartikan tidak dikonfigurasi dengan benar.

Nah itulah penjelasan, mengenai cara mengatasi driver software was not successfully installed yang sering terjadi. Dan beberapa penyebab yang menyebabkan Device Error atau tanda seru yang berwarna kuning.

Check Also

cara mengecek keyboard dengan software

Cara Mengecek Keyboard dengan Software serta Ciri-Ciri Keyboard Rusak!

*Artikel diperbarui pada 18 April 2024 Keyboard yang rusak jelas mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika …

Theme Settings