cara upgrade ssd macbook air 2017

Begini Cara Upgrade SSD MacBook Air 2017, Perhatikan Hal Ini Agar Data Tidak Hilang!

*Artikel diperbarui pada 15 Maret 2024

Pada umumnya, MacBook Air 2017 memiliki ruang penyimpanan yang hanya berkapasitas 128 GB. Lantas, bagaimana cara upgrade SSD MacBook Air 2017? Karena sebagian orang merasa bahwa ruang penyimpanan yang disediakan terasa sempit untuk menyimpan file.

Selain terlalu sempit, ruang penyimpanan yang hanya sebesar 128 GB rasanya terasa cepat sekali penuh. Apalagi jika memasang aplikasi yang berkapasitas besar dan datanya tidak dapat dipindahkan ke hardisk eksternal, maka semakin merepotkan.

Maka dari itu, memilih untuk upgrade ruang penyimpanan menjadi satu dari sekian cara yang mudah untuk dilakukan daripada membeli MacBook baru. Selain lebih hemat, penyimpanan yang di upgrade akan membuat kinerjanya lebih meningkat secara optimal.

Risiko Mengganti SSD MacBook Air 2017

Sebelum memulai untuk upgrade SSD dan mengganti ruang penyimpanan dengan tipe yang lain, maka perhatikan terlebih dahulu risikonya. Memahami risiko yang akan terjadi akan meminimalisir kesalahan di kemudian hari.

Karena untuk upgrade SSD tak perlu mendatangi Apple Service Center maupun tempat service khusus produk Apple. Dalam proses upgrade dapat dengan melakukannya secara mandiri apabila sudah memahami caranya. Namun, pahami resiko berikut:

  • Salah membeli tipe SSD, kesalahan umum yang dilakukan adalah salah membeli SSD yang tidak sesuai dengan tipe SSD bawaan. Perlu diketahui, bahwa setiap tipe MacBook dari tahun ke tahun mempunyai port yang berbeda-beda.
  • Garansi resmi dari Apple akan hilang, maka dari itu cek terlebih dahulu garansi dari MacBook ini sebelum memutuskan untuk upgrade SSD.
  • Lebih baik membeli dan menggunakan SSD yang telah didukung resmi pihak Apple agar tidak terjadi kesalahan yang tak diinginkan. Namun jika ingin lebih murah, dapat dengan menggunakan adapter dari pihak ketiga yang lebih murah harganya.

Cara Upgrade SSD MacBook Air 2017

Setelah memahami risiko saat akan memulai upgrade SSD pada MacBook, maka perhatikan lagi persiapan berikut agar lebih mudah saat melakukannya. Memperhatikan trik penting berikut dapat dilakukan jika ingin upgrade dengan budget yang murah.

Persiapan paling penting adalah dengan memindahkan terlebih dahulu data yang ada dalam ruang penyimpanan lama ke hardisk eksternal. Back up data penting untuk dilakukan, agar tidak kehilangan data-data yang nantinya tak bisa dikembalikan.

Disarankan untuk back up data yang penting saja agar proses backup lebih cepat. Namun, jika ingin backup keseluruhan data maka dapat dengan menggunakan fitur backup Time Machine. Tapi prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Kemudian, persiapkan koneksi internet yang kencang serta obeng untuk membuka sekrup yang terdapat pada MacBook. Sediakan juga adapter SSD merk Sintech. Lalu, SSD baru dari Silicon Power A80 (SP80) dan direkomendasikan yang memiliki kapasitas 1TB.

Setelah mempersiapkan segala kebutuhan untuk melakukan upgrade ruang penyimpanan bagi MacBook Air, lamanya waktu untuk proses upgrade tergantung individu. Umumnya sekitar 30 menit hingga 90 menit. Berikut ini cara upgrade SSD MacBook Air 2017:

1. Tahapan Membuka Casing

Proses dalam tahapan untuk membuka casing ini membutuhkan obeng dengan ukuran khusus untuk sekrup tipe P5 (pentalobe). Perlu diperhatikan bahwa tidak sembarangan obeng dapat digunakan untuk membuka sekrup, hal ini agar tidak merusak sekrup bawaannya.

Selain itu, berhati-hatilah pada saat membuka keseluruhan casing agar tidak patah. Membuka casing secara terburu-buru memungkinkan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti retak bahkan patah. Jika hal ini terjadi, biaya untuk mengganti casing pun bertambah.

2. Memutus Aliran Listrik dari Baterai

Terdapat beberapa tutorial dalam upgrade SSD tanpa memutus aliran listrik dari baterai Macbook, ternyata cara ini kurang aman untuk dilakukan. Melakukan pemutusan aliran listrik, saat akan mengganti SSD akan meminimalisir kerusakan pada sistemnya.

Cara memutus aliran listrik baterainya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menarik part yang berbentuk seperti selotip bening. Namun, jangan lupa untuk memasangkan kembali selotip aliran listrik baterai ini sebelum melanjutkan tahapan instalasi OS.

3. Mengganti dan Memasangkan SSD

Setelah itu, barulah untuk membuka sekrup kecil yang umumnya dipasang untuk menahan SSD. Obeng yang digunakan pun berbeda dengan obeng yang dipakai untuk membuka casing MacBook. Obeng untuk membuka sekrup SSD menggunakan Torx T5 2.9 mm.

Jika tidak menggunakan SSD resmi yang didukung oleh Apple, seperti menggunakan SSD Silicon Power tadi, maka diperlukan adapter. Pasangkan adapter Sintech tadi terlebih dahulu baru pasangkan SSD. Pasangkan satu-satu agar tidak ada part yang patah.

Namun jika mempunyai budget lebih, maka disarankan untuk menggunakan SSD MacBook Air yang resmi. Harganya berkisar antara 5jt untuk kapasitas 240GB, serta 10jt untuk kapasitas 1TB. Harganya mungkin akan naik atau turun dari tahun ke tahun.

4. Instalasi OS Big Sur Secara Online

Selanjutnya yaitu instalasi OS terlebih dahulu dengan menggunakan koneksi internet yang tinggi agar prosesnya lebih cepat. Upgrade OS memungkinkan BIOS akan secara otomatis terupdate dan juga akan mendukung penggunaan SSD M.2 NvME.

Pastikan saat menginstal OS, MacBook dalam kondisi di charge agar tidak kehabisan baterai. Setelah proses instalasi OS selesai, maka dapat menginstal berbagai aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna MacBook.

Performa MacBook Air 2017 Setelah Upgrade SSD

Setelah mengikuti proses dalam cara upgrade SSD MacBook Air 2017 tadi dengan benar, maka penggunanya dapat langsung untuk menyalakan laptop ini. Tujuannya untuk memeriksa keberhasilan dalam upgrade yang sudah dilakukan.

Jika layar MacBook Air sudah menyala dan tidak terjadi kendala yang muncul, maka proses penggantian dan pemasangan SSD baru sudah berhasil. Kemudian, periksa kapasitas ruang penyimpanan apakah sudah bertambah sesuai dengan kapasitas SSD baru atau tidak.

Jangan lupa untuk mengecek performa dari SSD yang sudah terpasang pada MacBook Air 2017 ini. Performa dari read and write akan meningkat dan dapat dicek dengan menggunakan uji test dari aplikasi BlackMagic Disk Speed Test.

Performanya akan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya, terlebih jika upgrade SSD dengan kapasitas yang besar seperti 1TB. Dalam pemilihan kapasitas ini pun tak hanya membuat ruang penyimpanan terasa luas, namun mempengaruhi kinerja sistem dari laptopnya juga.

Demikian cara upgrade SSD MacBook Air 2017 dengan proses yang mudah dan cocok bagi pengguna yang mempunyai budget pas-pasan. Ruang penyimpanan yang sebelumnya terasa penuh dan lemot akan menjadi optimal kinerjanya jika sudah upgrade SSD.

Namun terdapat catatan penting bagi yang ingin upgrade dengan menggunakan adapter serta SSD dengan merek lain. Risiko dalam penggunaan part yang tidak resmi didukung oleh Apple dapat menyebabkan beberapa kendala dan hangus garansi.

Maka dari itu, jika mempunyai budget yang cukup lebih baik untuk membeli dan menggunakan bahan-bahan yang didukung resmi oleh Apple. Selain meminimalisir kendala yang akan terjadi, proses dalam mengurus garansi pun akan lebih dipermudah.

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings