cara force quit macbook

7 Cara Force Quit MacBook Paling Cepat, Efektif

*Artikel diperbarui pada 17 Juli 2023

Saat memakai MacBook, terkadang aplikasi yang dijalankan mendadak berhenti. Masalah ini dapat diselesaikan dengan melakukan Force Quit. Ada beberapa cara Force Quit MacBook yang dapat dilakukan. Jikalau membutuhkan informasi lengkapnya, coba baca penjelasan berikut ini:

1. Cara Force Quit MacBook dengan Mengaktifkan Activity Monitor

Untuk melihat pemakaian memori serta prosesor pada perangkat MacBook, pengguna dapat memanfaatkan Activity Monitor. Aplikasi tersebut dapat menampilkan semua informasi tentang program yang sedang berjalan, termasuk waktu CPU serta banyaknya memori.

Pengaksesan dapat dilakukan dengan menekan ikon lup atau Spotlight yang berada di atas bagian kanan layar Mac. Setelah itu, langsung saja masukkan Activity Monitor pada kolom teks dan buka.

Nantinya akan ditampilkan daftar aplikasi. Pengguna harus memilih aplikasi yang dirasa memiliki atau menjadi sumber masalah. Klik daftar kemudian pilih tombol di atas sebelah kiri yang seperti tanda peringatan.

2. Cara Force Quit MacBook Memakai Tombol Keyboard

Sebagian besar pengguna perangkat elektronik berupa laptop serta komputer sering menekan tombol keyboard secara acak ketika terjadi masalah. Padahal cara ini bisa memberi dampak negatif seperti menambah eror dan menghilangkan data.

Oleh karena itu, pemakaian tombol keyboard atau Shortcut Key perlu dipelajari lebih lanjut. Untuk menutup sebuah aplikasi dengan paksa pengguna bisa menekan Command, Escape, serta Option bersamaan.

Klik pilihan Force Quit setelah tombol-tombol tersebut ditekan dan pilih nama aplikasi yang ingin ditutup. Apabila masih tidak bisa coba tekan Command, Escape, Option, serta Shift selama sekitar 2 detik.

3. Menggunakan Option Key

Jikalau ingin menggunakan cara yang lebih manual, Option Key merupakan solusinya. Tombol ini sama seperti Alt pada perangkat yang memakai sistem Windows. Letaknya ada di bagian bawah di kanan serta kiri Space.

Cara ini dilakukan dengan menekan tombol kanan mouse atau keypad terlebih dahulu. Setelah itu barulah pengguna bisa menekan tombol Option Key. Tahan tombol tersebut hingga muncul opsi Force Quit.

Dengan melakukan hal tersebut, aplikasi akan otomatis tertutup tanpa harus melakukan proses konfirmasi. Pasalnya bila melakukan cara lain biasanya akan muncul Pop-Up untuk konfirmasi yang memperlama proses penutupan aplikasi.

4. Memakai Perintah Kill

Cara Force Quit MacBook yang ada di urutan keempat yakni menggunakan perintah yang dinamakan Kill. Perintah ini terdapat beberapa jenis, dua di antaranya yaitu Kill Safari dan tingkat rendah.

Untuk jenis Safari bisa dilakukan dengan mengetik perintah bertuliskan Kill All Safari. Meski begitu, pengguna harus berhati-hati dengan cara ini karena bisa menimbulkan kehilangan data.

Apabila tidak ingin menggunakan cara yang terlalu beresiko maka pakai perintah Kill versi lunak. Semua perintah tersebut bisa diterapkan dengan menjalankan Terminal MacBook.

5. Menggunakan Menu Apple

Membutuhkan cara lain yang lebih mudah untuk diingat? Pengguna dapat memakai cara yang satu ini. Pemakaiannya hanya dengan mencari menu untuk menutup aplikasi pada menu Apple.

Untuk menemukan menu tersebut silakan tekan Shift serta tombol Apple di sebelah kiri bagian atas layar. Setelah itu, klik pilihan Force Quit dan tekan aplikasi yang bermasalah pada daftar program.

Tindakan ini adalah salah satu yang paling direkomendasikan pihak Apple ketika terjadi masalah pada perangkat. Namun memang cara ini tidak seberapa efektif dibanding dengan yang lain.

6. Memakai Terminal untuk Force Quit MacBook

Berbanding terbalik dengan sebelumnya, meluncurkan Terminal merupakan cara Force Quit MacBook yang satu ini cukup rumit. Pasalnya pengguna harus mengikuti langkah-langkah yang lebih panjang. Namun pengaruhnya juga lebih efektif.

Langkah pertama yang harus diikuti yakni membuka Utilities yang ada di folder Applications. Lalu jalankan Terminal dan klik Return setelah mengetik “top” pada kolom.

Setelah itu kolom Command akan menampilkan semua aplikasi yang aktif. Catat PID yang ada di sebelah aplikasi yang hendak dihentikan. Kemudian tutup Terminal serta ketik Kill dan PID. Proses diakhiri dengan klik Return dan tutup Terminal lagi.

7. Melakukan Restart

Apabila masih belum berhasil dengan cara-cara sebelumnya, maka pengguna harus melakukan Restart perangkat. Tindakan tersebut bisa dibilang dasar untuk menyelesaikan hampir semua masalah Mac. Apalagi caranya juga bisa dilakukan oleh pengguna di segala kalangan usia.

Untuk melakukan tindakan tersebut, silakan terlebih dahulu mencari logo Apple di menu bar. Bila sudah, klik kiri tombol keypad atau mouse di logo itu. Setelah itu tinggal pilih tulisan Restart dan tunggu proses selesai.

Itu dia ketujuh cara Force Quit MacBook yang bisa dilakukan. Silakan pilih salah satu yang dianggap paling efektif. Namun disarankan pula untuk memakai cara yang sesuai dengan kemampuan pengguna.

Check Also

Tips Menggunakan Siri

11 Tips Menggunakan Siri Agar Produktivitas Meningkat Signifikan

*Artikel diperbarui pada 26 September 2023 Kamu sering merasa kesulitan mengatur waktu dan memaksimalkan produktivitas …

Theme Settings