8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

*Artikel diperbarui pada 23 November 2021

Ada banyak cara menghasilkan uang dengan bermain game. Beberapa diantaranya akan saya ulas di postingan ini.

Memaksimalkan kemampuan bermain game jadi salah satu cara populer untuk dapat uang di era sekarang.

Makanya tak usah heran kalau ada tetangga, anak muda atau mungkin adik sendiri punya impian jadi pro players atau gamers full-time.

Lantas, apakah bisa dapat uang hanya dengan main game? Tentu saja bisa. Kalau bisa, uangnya dari mana? Dari banyak sumber.

Mulai dari bagi hasil iklan, saweran penonton, gaji manajemen e-sports, partner program, endorse, hadiah lomba dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk kamu yang sering bertanya, bagaimana sih cara dapat uang dari bermain game?

Apakah ada game yang menghasilkan uang? Darimana pro players dapat duit? Dan pertanyaan lain serupa, simak artikel ini sampai habis.

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 8+ cara menghasilkan uang dengan bermain game 2021.

Apa saja caranya? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk kamu.

1. Manfaatkan Game Yang Menghasilkan Uang

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan game yang bisa menghasilkan uang.

Dan ada banyak game yang memungkinkan Kamu dapat penghasilan tambahan hanya dengan memainkan permainan didalamnya.

Beberapa diantaranya sudah ragam.id bahas di postingan sebelumnya, salah satunya adalah MoneyWhale. ragam.id sendiri sudah payout berkali-kali dari game tersebut.

Nominalnya lumayan. Cukuplah untuk tambah-tambah ongkos perpanjang Indihome di akhir bulan.

Ada dua jenis hadiah yang ditawarkan MoneyWhale mulai DogeCoin dan saldo eWallet entah itu DANA, OVO dan GoPay.

Hanya saja, pilihan pencairan saldo di dompet digital belum tersedia untuk sekarang. Gak tahu kapan akan di buka sepenuhnya. Yang jelas, aplikasi ini sangat legit.

Selain MoneWhale, Kamu juga bisa manfaatkan game lain seperti Money Dolphin, Tappy Box dan Gamee dengan hadiah yang variatif.

Sistem dan cara kerjanya sama seperti MoneyWhale. Dimana Kamu hanya perlu mainkan game yang ada didalamnya.

Semakin lama memainkan game, semakin besar peluang untuk dapat hadiah utama. Jika hadiah utama sudah didapat, level akan meningkat.

Jadi, semakin tinggi level permainan yang dicapai, semakin besar pula penghasilan Kamu.

2. Live Streaming Game

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Sejak Facebook gaming diluncurkan awal tahun 2018, terjadi lonjakan jumlah streamer di kalangan gamers Indonesia.

Gak ada data pasti berapa, yang jelas, ini termasuk salah satu cara menghasilkan dari bermain game paling menjanjikan.

Baca juga:  Tips dan Cara Buat Daftar Pustaka Lengkap Dengan Contoh Terbaru 2021

Dan memang, banyak streamer yang akui kalau pendapatan dari Facebook gaming lebih besar dibanding platform lain, Twitch, Youtube atau NimoTV misalnya.

Selain pengguna Facebook yang banyak, beberapa dari penonton rela ngasih stars yang tidak sedikit jika Streamer ikuti tantangan yang diberikan atau karena terhibur.

ragam.id sendiri banyak follow streamer di Facebook entah itu Yakis, Zan, Muhabeno, Cici Pertiwi dan lain sebagainya.

Selain dari stars, yang merupakan pendapatan paling besar, mereka juga bisa dapat uang dari Iklan yang tampil.

Kalau Fanspage mereka lagi ramai, bisa di kontrak oleh Facebook. Nilai kontraknya fantastis, bisa menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Karena biasanya video livestreaming itu akan tersimpan di perangkat, mereka juga bisa simpan file mentahnya untuk kemudian di upload di Facebook Watch atau Youtube.

Jadi bisa dapat penghasilan Kamu. Dan ini yang jadi alasan mengapa banyak streamer yang memutuskan untuk fokus ke bidang itu.

Untuk platform streaming lain yang memungkinkan streamer dapat uang juga dari game sudah ragam.id ulas daftarnya disini.

3. Upload Gameplay di Facebook Watch atau Youtube

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Soal ini sudah ragam.id singgung di poin sebelumnya. Jadi bisa manfaatkan video saat live streaming untuk kemudain di upload di Facebook Watch atau Youtube.

Atau mungkin fokus aja jadi konten kreator video game yang upload video sendiri di Youtube dan Facebook Watch.

Untuk contohnya ada banyak. Contoh, streamer yang rangkap jadi Youtuber bisa lihat ThesaurusPG, Bot Gaming, Zan, Yakis, Ane Firman dan lain sebagainya.

Kalau fokus ke satu platform, Youtube atau Facebook Watch bisa lihat EJ Gaming, Benny Moza, Levinho, Munno dan lain sebagainya.

Beberapa nama yang ragam.id sebutkan diatas terbatas pada gammers PUBG saja. Kalau main Mobile Legends, PUBG New State, atau yang lainnya pun sama.

Tergantung Kamu. Mau pilih yang mana. Rangkap keduanya pun tak masalah. Hanya saja, pastikan video yang di unggah itu unik.

Misalnya, di Facebook Watch judulnya A di Youtube judulnya B dan videonya pun tak sama, di match yang berbeda.

Tujuannya apa? Agar tidak terdeteksi duplikat content sekalipun beda platform.

Ini juga bertujuan untuk menjaga originalitas konten sekaligus untuk menjaga agar video tetap di rekomendasikan karena dianggap baru.

4. Ikut Kontes Game

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Kalau sudah jago main game, bisa ikutan kontes yang diselenggarakan oleh manajemen game itu sendiri, sponsor atau pihak ketiga.

Selain jago, harus punya rumah. Rumah, dalam artian ini adalah manajemen esports yang akan mewadahi kamu dalam kompetisi-kompetisi resmi baik offline atau online.

Baca juga:  Cara Membuat Fitur Mode Malam atau Dark Mode di Blog dan Efek Bitang Jatuh

Ada banyak kok organisasi esports yang ada di Indonesia. Contohnya, di PUBG atau Mobile Legend ada yang namanya EVOS, RRQ, BTR dan lain sebagainya.

Sayangnya, syarat untuk gabung di manajemen esports itu sangat sulit. Selain harus latihan setiap hari, juga harus mampu memanajemen waktu, jaga kepercayaan fans dan bisa bawa nama baik manajemen.

5. Testing Video Games

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Cara yang satu ini tergolong mudah dimana Kamu hanya perlu testing game lalu dapat bayaran dari situ.

Lantas, apakah ada platform yang memungkinkan ragam.id dapat bayaran hanya dengan test suatu game? Ya, ada.

Bisa gabung ke situs semacam Playtestcloud.com. Ini adalah platform pengujian game agar ramah pengguna, modern, intuitif dan meminimalisir bug.

Jika tertarik bisa gabung sebagai tester atau penguji. Dan berdasarkan beberapa review, tester bisa dapat $9 hanya untuk bermain game selama 15 menit.

Dengan demikian, apabila jadi tester selama 1 jam dalam sehari, bisa dapat sekitar $36. Lumayan, kan?

Selain itu, platform ini juga sudah tersedia versi aplikasi yang bisa di unduh di Google Play Store atau App Store.

Dengan kata lain, Kamu bisa jadi tester langsung di aplikasi tanpa harus buka versi situs. Tertarik? Langsung daftar jadi tester di play test cloud.

6. Buka Jasa Joki Akun

Sebagai contoh, di PUBG ada beberapa orang yang buka jasa naikin KD. Dan ternyata mereka bisa dapat uang dari kegiatan ini.

Pasarnya pun banyak dan semakin tinggi KD semakin mahal juga biayanya. Sekalipun bergantung pada berapa banyak game play yang dimainkan, di server mana dan jumlah kill yang harus dicapai.

Misalnya nih, ragam.id sudah jago main PUBG. Bukan pro ya. Nah ragam.id buka jasa joki akun PUBG. Paling murah adalah 50 match, dengan estimasi KD naik 1 digit lebih tinggi.

Biayanya berapa? Tergantung KD awal klien itu berapa. Kalau KDnya 0,3 maka pengen naik ke KD 4, maka biayanya lebih besar, Rp500.000 misalnya.

Dan ini termasuk salah satu contoh paling mudah dapat uang dari bermain game, tanpa harus butuh alat tambahan untuk jadi streamer atau gabung ke manajemen eSports.

7. Jual Beli Akun Game

ragam.id punya teman yang hampir tiap hari buat email baru agar bisa digunakan untuk main game Mobile Legends.

Beliau bukan cheaters atau jual beli bahan. Enggak, semua email itu akan di jual kalau sudah memenuhi standar tertentu.

Baca juga:  Cara Hacker Mengambil Uang di Rekening Orang Lain, Waspada!

Biayanya? Gak sempat ragam.id tanya. Namun cukuplah untuk mengembalikan biaya kuota saat main game. Ratenya sih ragam.id ga tahu pasti berapa.

Selain Mobile Legends, di PUBG juga sama. Kebanyakan sih banyak yang butuh akun baru karena akun lama milik mereka di banned atau atas alasan lain.

Misalnya, ia butuh stok akun baru tiap hari, karena ia streamer yang mau main di Tier rendah, Gold misalnya, maka dicarilah akun-akun yang baru dibuat.

8. Buat Game Sendiri

8+ Cara Menghasilkan Uang Dengan Bermain Game 2021

Paling terakhir adalah buat game sendiri entah itu game petualangan, battle royale, game merge, kombat dan lain sebagainya.

Tergantung keinginan mau buat game apa. Yang jelas, di era ini, jadi developer game adalah salah satu pekerjaan impian dengan penghasilan paling menjanjikan.

Jika game itu populer, kamu bisa dapat penghasilan dari penjualan item didalamnya atau dari iklan yang ditampilkan.

Sebagai contoh, ragam.id buat game merge seperti Money Whale, dimana pengguna hanya perlu daftar lalu menggabungkan dua karakter dalam game.

Dan setiap pengguna bisa dapat penghasilan dari situ. Caranya? Dengan hadiah paus dividen yang diberikan tiap 30 menit, yang penting aktif gunakan aplikasi.

Pendapatan money whale dari mana? Dari iklan Google Admob yang nongol di aplikasi. Hadiah paus dividen itu juga berupa iklan.

Kalau game lain, PUBG atau Free Fire misalnya, dari mana mereka dapat penghasilan?

Cuma satu yakni dari penjualan item berupa skin pakaian, senjata, kendaraan dan lain sebagainya.

Berkat penjualan itulah, pada tahun 2020 lalu, PUBG Mobile berhasil mencatatkan penghasilan dari penjualan item sebesar US$ 5,1 miliar atau setara degnan 73,5 triliun.

Besar, kan? Makanya itu ragam.id berani katakan kalau jadi developer game adalah satu dari sekian pekerjaan impian dengan penghasilan tak terbatas.

Cara diatas adalah cara yang cukup general untuk dapat uang dari main game. Dan tentu saja ada cara lain yang tidak terlalu populer.

Salah satunya adalah dengan jual beli bahan cheating. Cara terakhir ini tidak disarankan, karena itu tidak saya masukkan dalam list diatas.

Jika ada cara lain yang kamu ketahui dan belum saya ulas, bisa sampaikan di kolom komentar. Termasuk juga masukkan atau komentar terkait dengan postingan ini.

Demikian artikel tentang 8+ cara menghasilkan uang dengan bermain game 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.