Cara Share PPT di Zoom

Penjelasan Penting Mengenai Cara Share PPT di Zoom

Apakah kamu sering menggunakan aplikasi Zoom untuk kepentingan kerja atau sekolah online? Jika ya, pasti tahu betul bahwa aplikasi tersebut memudahkan kita dalam berkomunikasi meski harus dilakukan secara virtual. Namun, bagaimana jika kamu harus membagikan presentasi yang disimpan dalam bentuk PPT di Zoom? Simak penjelasan penting mengenai cara share PPT di Zoom berikut ini.

Jika kamu belum pernah menggunakan fitur share PPT di Zoom sebelumnya, hal ini bisa membuatmu merasa sedikit kesulitan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena pada dasarnya cara share PPT di Zoom cukup mudah dilakukan asal kamu mengetahui langkah-langkah yang tepat. Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi lengkap tentang cara share PPT di Zoom baik secara mudah maupun lengkap. Mari disimak baik-baik.

Pendahuluan

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara share PPT di Zoom, ada baiknya kamu memahami dulu fitur-fitur yang ada pada aplikasi Zoom. Zoom sendiri merupakan aplikasi video conference yang saat ini banyak digunakan untuk kepentingan kerja, belajar online, atau pun berhubungan dengan keluarga dan teman. Salah satu fitur andalan dari aplikasi Zoom adalah share screen atau membagikan layar.

Dalam fitur share screen tersebut, kamu dapat membagikan layar atau aplikasi yang terdapat dalam perangkatmu, seperti desktop, aplikasi tertentu, atau pun dokumen. Oleh karena itu, fitur ini memungkinkan kamu untuk membagikan presentasi dalam bentuk file PPT secara langsung dan interaktif.

Fitur share screen juga menyediakan opsi untuk membagikan audio dan video, sehingga kamu dapat melakukan presentasi PPT dengan lebih dinamis meski sedang melakukan meeting atau kelas online. Selain itu, kamu juga dapat membagikan sekaligus beberapa dokumen PPT tanpa harus melakukan transfer terlebih dahulu. Namun, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah yang benar agar fitur share PPT di Zoom dapat berjalan dengan lancar.

Cara Mudah Share PPT di Zoom

Sebelum masuk ke cara lengkap share PPT di Zoom, kamu bisa mencoba dahulu tips cara mudah share PPT di Zoom berikut ini.

1. Buka Aplikasi Zoom

Pertama, kamu harus membuka aplikasi Zoom terlebih dahulu pada perangkatmu. Pastikan kamu sudah memperbarui aplikasi Zoom terbaru agar selalu mendapatkan fitur-fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

2. Klik Tombol Share Screen

Selanjutnya, setelah masuk ke dalam meeting room, kamu akan menemukan tombol Share Screen di bagian bawah layar. Klik tombol tersebut untuk memulai proses sharing screen atau membagikan layar. Pada saat kamu memilih opsi Share Screen, kamu akan ditampilkan dengan banyak pilihan.

3. Pilih File PPT yang Akan Dibagikan

Setelah memilih opsi Share Screen, kamu akan menemukan beberapa pilihan screen sharing seperti desktop, window aplikasi, atau document. Pilih opsi document dan pilih file PPT yang ingin dibagikan.

4. Klik Share

Setelah memilih file PPT, klik tombol Share untuk memulai proses membagikan presentasi PPT tersebut. Dokumen PPT kamu akan ditampilkan pada layar meeting room Zoom.

5. Mulai Presentasi

Setelah dokumen PPT ditampilkan, kamu dapat memulai presentasi dengan menekan tombol full-screen pada dokumen PPT. Selama presentasi, kamu juga dapat memilih opsi annotate atau anotasi untuk menambahkan catatan pada saat presentasi berlangsung. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menjelaskan lebih detail pada tiap slide presentasi PPT.

6. Selesai

Jika presentasi selesai, klik tombol Stop Share untuk menghentikan sharing dokumen PPT pada Zoom.

7. Kirim File PPT

Jika kamu ingin mengirimkan file PPT setelah presentasi selesai, kamu dapat melakukan transfer file melalui opsi chat pada Zoom kepada anggota yang hadir dalam meeting.

Cara Lengkap Share PPT di Zoom

Setelah mengetahui cara mudah share PPT di Zoom, kamu juga bisa mencoba cara lengkap share PPT di Zoom agar lebih memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini adalah cara lengkap share PPT di Zoom.

1. Persiapkan File PPT

Sebelum memulai proses sharing PPT di Zoom, pastikan kamu telah mempersiapkan file PPT yang akan dibagikan. Pastikan juga dokumen PPT kamu sudah diperiksa dan tidak mengandung kesalahan atau kekurangan.

2. Buka Aplikasi Zoom

Lalu, buka aplikasi Zoom pada perangkat yang kamu gunakan. Pastikan juga kamu sudah masuk ke dalam meeting room Zoom yang ditentukan.

3. Membuat Personal Meeting ID

Jika kamu belum memiliki personal meeting ID, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Personal meeting ID ini akan memudahkan kamu untuk membuat meeting room secara cepat dan mudah.

4. Klik Start Meeting

Setelah membuat personal meeting ID, klik tombol Start Meeting untuk memulai sesi meeting Zoom.

5. Klik Tombol Share Screen

Jika kamu sudah masuk ke dalam meeting room, klik tombol Share Screen yang terletak di bagian bawah layar meeting room Zoom.

6. Pilih File PPT

Setelah masuk ke opsi Share Screen, kamu akan diminta untuk memilih file yang ingin dibagikan. Pilih file PPT yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

7. Mulai Share PPT

Setelah memilih dokumen PPT, klik tombol Share untuk memulai proses share PPT di Zoom. Dokumen PPT yang kamu pilih akan ditampilkan pada layar meeting room Zoom.

8. Anotasi pada Dokumen PPT

Selama presentasi PPT, kamu dapat memilih opsi annotate atau anotasi untuk menambahkan catatan atau gambar pada saat presentasi berlangsung.

9. Stop Share PPT

Jika presentasi selesai, klik tombol Stop Share untuk menghentikan proses sharing PPT pada Zoom.

10. Selesai

Setelah selesai membagikan dokumen PPT, kamu dapat memilih opsi End Meeting untuk mengakhiri sesi meeting room Zoom.

Tabel Cara Share PPT di Zoom

No Langkah-langkah
1 Buka aplikasi Zoom
2 Klik tombol Share Screen
3 Pilih File PPT
4 Klik Share
5 Mulai Presentasi
6 Selesai

Cara Share PPT di Zoom – Tanya Jawab

Q: Bagaimana cara mengunduh aplikasi Zoom?

A: Kamu bisa mengunduh aplikasi Zoom secara gratis di website resminya, kemudian pilih versi aplikasi sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Q: Apakah Zoom dapat diakses melalui browser?

A: Ya, Zoom dapat diakses melalui browser. Namun, untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan aplikasi Zoom yang sudah diunduh.

Q: Apakah dokumen PPT yang dibagikan di Zoom dapat diedit oleh peserta meeting lain?

A: Tidak. Dokumen PPT yang dibagikan hanya bisa dilihat dan disimak oleh peserta meeting lain. Namun, jika kamu mengizinkan peserta lain untuk mengontrol presentasi, kamu bisa memberikan akses kontrol tertentu kepada mereka.

Q: Apakah Zoom memiliki fitur record meeting?

A: Ya, Zoom memiliki fitur record meeting untuk merekam sesi pertemuan secara langsung. Kamu bisa merekam suara dan gambar video selama meeting berlangsung, kemudian menyimpannya di perangkatmu.

Q: Apakah Zoom dapat digunakan untuk mengadakan kelas online?

A: Ya, Zoom dapat digunakan untuk mengadakan kelas online. Fitur share screen pada Zoom memungkinkan kamu untuk membagikan presentasi PPT atau mengajarkan materi pelajaran dengan lebih interaktif.

Q: Bagaimana cara membuat personal meeting ID di Zoom?

A: Kamu bisa membuat personal meeting ID di halaman profile Zoom. Pilih opsi Personal Meeting ID dan lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhanmu.

Q: Bagaimana cara mengakses opsi annotate pada Zoom?

A: Kamu dapat mengakses opsi annotate selama proses presentasi PPT di Zoom. Klik tombol annotate dan pilih tool yang ingin kamu gunakan, seperti pensil, highlighter, atau pun teks.

Q: Apakah file PPT berbeda dengan file PPTX?

A: Ya, file PPT dan PPTX sebenarnya sama-sama format presentasi dari Microsoft PowerPoint. Namun, file PPTX memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dan lebih responsif terhadap perangkat yang digunakan.

Q: Apakah Zoom dapat digunakan untuk mengadakan webinar?

A: Ya, Zoom dapat digunakan untuk mengadakan webinar. Kamu bisa memilih opsi webinar ketika membuat meeting room di Zoom.

Q: Apakah Zoom aman digunakan?

A: Ya, Zoom aman digunakan. Zoom memastikan bahwa setiap data pengguna disimpan dengan aman dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak bersangkutan.

Q: Bagaimana cara mengundang peserta ke dalam meeting room Zoom?

A: Kamu bisa mengundang peserta dengan mengirimkan tautan meeting room Zoom kepada mereka. Atau, kamu juga bisa memberikan personal meeting ID agar peserta dapat langsung bergabung ke dalam meeting room yang kamu buat.

Q: Apakah Zoom dapat digunakan untuk mengadakan meeting dengan peserta dari seluruh dunia?

A: Ya, Zoom dapat digunakan untuk mengadakan meeting dengan peserta dari seluruh dunia. Namun, pastikan kamu sudah memilih lokasi server yang tepat agar koneksi kamu lebih stabil.

Q: Apakah Zoom dapat digunakan pada perangkat mobile?

A: Ya, Zoom dapat digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Kamu bisa mengunduh aplikasi Zoom di App Store atau Play Store dengan gratis.

Q: Apakah Zoom membutuhkan koneksi internet yang stabil?

A: Ya, Zoom membutuhkan koneksi internet yang stabil agar presentasi PPT dapat berjalan dengan lancar. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang memadai sebelum memulai proses sharing PPT.

Q: Apakah Zoom memiliki opsi fitur zoom-in dan zoom-out?

A: Ya, Zoom memiliki opsi fitur zoom-in dan zoom-out selama proses presentasi PPT. Kamu bisa mengatur zoom pada layar presentasimu dengan mudah.

Kesimpulan

Demikianlah informasi lengkap mengenai cara share PPT di Zoom. Fitur share screen pada Zoom dapat memudahkan kamu dalam membagikan presentasi PPT secara langsung dan interaktif, baik itu untuk kepentingan kerja, belajar online, atau pun sekedar berhubungan dengan keluarga dan teman. Mengetahui cara share PPT di Zoom yang baik dan benar akan membuat presentasi kamu semakin menarik dan efektif. Selamat mencoba!

Action Item

Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mencoba cara share PPT di Zoom mulai dari cara mudah hingga cara lengkap. Kamu juga dapat menambahkan anotasi pada setiap slide presentasi PPT agar presentasi menjadi lebih interaktif. Selain itu, pastikan kamu memperbarui aplikasi Zoom secara teratur agar selalu mendapatkan fitur-fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

Kata Penutup

Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi lengkap mengenai cara share PPT di Zoom. Informasi ini disusun dengan cara yang mudah dipahami oleh pembaca dan dilengkapi dengan tabel serta tanya jawab. Kami berharap artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami cara share PPT di Zoom dengan baik dan benar.

Related video of Cara Share PPT di Zoom

Check Also

Cara Memasukan Excel ke PPT

*Artikel diperbarui pada 19 April 2024 Memudahkan Presentasi dengan Excel di PPT Apakah kamu sering …

Theme Settings