Cara Merekam PPT Menjadi Video – Tutorial Lengkap

Pendahuluan

Kamu pasti sudah sering menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi, baik itu untuk tugas kuliah, presentasi proyek, atau kepentingan pekerjaan. Salah satu cara untuk memperlihatkan presentasi kamu yang keren adalah dengan merekam layar PPT dan mengubahnya menjadi video. Dalam artikel ini, kamu akan dipandu untuk melakukan cara merekam PPT menjadi video secara mudah dan lengkap.

Menurut laman website Microsoft, merekam presentasi kamu dapat membantu “membawa pesan kamu ke seluruh dunia tanpa harus berdiri di depan audiens.”

Namun, bagaimana cara melakukan merekam presentasi kamu dan mengubahnya menjadi video? Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Pertanyaan: Bagaimana cara merekam PPT kamu menjadi video agar dapat dibagikan ke seluruh dunia?

Cara Mudah Merekam PPT Menjadi Video

Kamu akan dibimbing pada cara mudah mengubah PPT menjadi video di Microsoft Office atau dalam bahasa Indonesia disebut Microsoft Office.

1. Buka PPT yang ingin kamu rekam

Hanya dengan membuka PPT yang ingin kamu rekam, kamu sudah siap untuk mulai merekam. Pastikan presentasi kamu sudah berisi semua elemen yang kamu butuhkan.

2. Mulai merekam

Untuk mulai merekam, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Tombol Fungsinya
Slide Show Klik tombol ini di bagian atas layar.
Rekam Slide Show Pilih tombol ini untuk memulai merekam. Pilihan ini ada di bawah menu Slide Show.
Rekam Slide Show dari Awal Pilihan ini akan merekam presentasi kamu mulai dari slide pertama.

3. Jeda atau Berhenti Rekaman

Untuk memberikan ruang jeda pada rekaman, kamu bisa menekan tombol B pada keyboard kamu. Sementara itu, kamu bisa menekan tombol ESC pada keyboard jika ingin berhenti merekam.

4. Simpan rekaman kamu

Setelah kamu selesai merekam presentasi, kamu bisa menyimpan rekaman kamu sebagai video dengan cara berikut:

Tombol Fungsinya
File Pilih tombol ini di bagian kiri atas layar. Kemudian, pilih Export.
Create a Video Di menu “Export”, pilih opsi ini.
Pilih Kualitas Pilih kualitas video yang kamu inginkan. Microsoft menawarkan opsi mulai dari 1080p hingga 480p.
Simpan Presentasi Sebagai Video Setelah memilih kualitas yang kamu inginkan, klik tombol ini untuk menyimpan rekaman kamu sebagai video.

5. Selesai

Sekarang, kamu sudah berhasil merekam PPT kamu menjadi video!

6. Bagikan video kamu

Video kamu sudah siap untuk dibagikan sehingga dapat dilihat oleh siapa saja.

7. Uji coba video kamu

Sebelum membagikan video kamu, sebaiknya kamu uji coba terlebih dahulu untuk memastikan video kamu berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.

Cara Lengkap Merekam PPT Menjadi Video

Jika kamu ingin tampilan video kamu lebih profesional, kamu bisa merekam PPT kamu menjadi video dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Di bawah ini adalah langkah-langkah cara lengkap merekam PPT menjadi video:

1. Persiapkan perangkat lunak pihak ketiga

Kamu bisa menggunakan perangkat lunak seperti Camtasia, Filmora, atau Adobe Premiere. Namun, pastikan kamu sudah terbiasa menggunakan perangkat lunak tersebut agar proses merekam kamu berjalan lebih lancar.

2. Buka PPT yang ingin kamu rekam

Sama seperti cara mudah, kamu harus membuka PPT terlebih dahulu.

3. Persiapkan video yang ingin kamu rekam

Kamu bisa mempersiapkan video seperti video presentasi yang terlihat seperti demo produk atau tutorial lengkap.

4. Siapkan rekaman suara

Untuk membuat video kamu terdengar lebih profesional, kamu bisa merekam suara kamu selama presentasi kamu berlangsung.

5. Rekam PPT kamu

Dalam perangkat lunak pihak ketiga yang kamu gunakan, kamu bisa memilih opsi untuk menjadi merekam layar. Kemudian, klik tombol merekam untuk memulai proses rekaman.

6. Berhenti merekam

Setelah selesai merekam, pastikan kamu menghentikan proses merekam terlebih dahulu.

7. Edit video kamu

Setelah merekam, kamu bisa mengedit video kamu agar terlihat lebih profesional. Seperti menambahkan suara, efek, dan transisi yang menarik.

8. Simpan rekaman kamu

Setelah kamu sudah selesai mengedit video kamu, kamu bisa menyimpan rekaman kamu sebagai video dengan cara memilih opsi “Export” atau “Save As”.

Cara Merekam PPT Menjadi Video – Tanya Jawab

1. Apakah Microsoft Office sudah menyediakan opsi merekam PPT menjadi video?

Iya, Microsoft Office sudah menyediakan opsi untuk merekam layar kamu dan mengubahnya menjadi video.

2. Apakah merekam PPT menjadi video menggunakan perangkat lunak pihak ketiga lebih mudah?

Merekam PPT menjadi video dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga memang membutuhkan waktu dan sedikit lebih rumit daripada cara yang disediakan oleh Microsoft. Namun, hasil yang didapatkan juga tentu berbeda. Jika kamu ingin tampilan video kamu lebih profesional atau teks lebih jelas, merekam PPT menggunakan Camtasia atau Filmora bisa menjadi pilihan.

3. Apakah merekam PPT menjadi video memerlukan spesifikasi hardware yang khusus?

Tidak, merekam PPT menjadi video tidak memerlukan spesifikasi hardware yang khusus. Namun, pastikan kamu mempunyai tempat penyimpanan yang cukup luas untuk menyimpan video kamu.

4. Apakah merekam PPT menjadi video lebih hemat waktu?

Iya, merekam PPT menjadi video lebih hemat waktu daripada harus mengirim file PPT serta video presentasi kamu secara terpisah. Kamu hanya perlu membuat satu video yang isinya sudah menjelaskan presentasi kamu secara menyeluruh.

5. Apakah video yang dihasilkan dari merekam PPT memiliki kualitas yang baik?

Iya, video yang dihasilkan dari merekam PPT memiliki kualitas yang sangat baik. Kamu bisa memilih opsi kualitas video yang kamu inginkan di Microsoft Office atau di perangkat lunak pihak ketiga yang kamu gunakan.

6. Berapa lama merekam PPT menjadi video?

Waktu yang dibutuhkan untuk merekam PPT menjadi video tergantung pada durasi presentasi kamu. Namun, sekitar 30 menit hingga 1 jam adalah waktu yang cukup untuk merekam presentasi dengan durasi sekitar 15 – 20 slide.

7. Bolehkah kamu memberikan contoh perangkat lunak pihak ketiga yang bisa digunakan untuk merekam PPT menjadi video?

Iya, ada banyak perangkat lunak pihak ketiga yang bisa digunakan untuk merekam PPT menjadi video, seperti Camtasia, Filmora, atau Adobe Premiere.

8. Apakah kamu harus membayar untuk menggunakan perangkat lunak pihak ketiga?

Tidak semua perangkat lunak pihak ketiga yang bisa digunakan untuk merekam PPT menjadi video berbayar. Beberapa perangkat lunak juga menyediakan opsi gratis untuk penggunanya. Namun, sebaiknya kamu memilih perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

9. Bagaimana jika kamu melakukan kesalahan saat merekam video?

Tidak perlu khawatir. Kamu bisa memulai kembali proses merekam video kamu dari awal atau kamu bisa memotong bagian yang kurang baik pada video kamu. Perangkat lunak seperti Camtasia menyediakan opsi untuk memotong bagian video.

10. Apakah kamu bisa merekam suara kamu saat presentasi dalam PPT?

Iya, kamu bisa merekam suara kamu saat presentasi dalam PPT. Kamu bisa memilih opsi untuk merekam suara saat mulai merekam PPT kamu.

11. Apakah kamu bisa membuat video dengan menambahkan efek pada PPT?

Iya, kamu bisa membuat video dengan menambahkan efek pada PPT kamu. Perangkat lunak seperti Filmora dan Adobe Premiere menyediakan opsi untuk menambahkan efek ke dalam video kamu.

12. Apakah merekam PPT dengan perangkat lunak pihak ketiga lebih lambat daripada menggunakan opsi yang disediakan oleh Microsoft?

Iya, merekam PPT dengan perangkat lunak pihak ketiga membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan merekam dengan opsi yang disediakan oleh Microsoft. Namun, hasil yang didapatkan itu akan lebih baik.

13. Sebaiknya kamu merekam PPT menggunakan cara mudah atau lengkap?

Hal tersebut tergantung pada kebutuhan kamu. Jika kamu ingin hasil yang cepat dengan tampilan yang cukup memuaskan, kamu bisa menggunakan cara mudah. Namun, jika kamu ingin tampilan video yang lebih professional, maka kamu bisa menggunakan cara lengkap dengan perangkat lunak pihak ketiga.

Kesimpulan

Merekam PPT menjadi video merupakan cara yang tepat untuk mempertahankan hasil presentasi kamu tanpa perlu berdiri di depan audiens. Dalam artikel ini, kamu telah diberikan tutorial mudah dan lengkap cara merekam PPT menjadi video, baik menggunakan opsi yang disediakan oleh Microsoft maupun menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Jangan lupa untuk mengambil video uji coba dan mengedit video agar terlihat lebih profesional serta siap untuk dibagikan ke seluruh dunia.

Disclaimer

Artikel ini disusun secara independen berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Kami tidak terafiliasi dengan Microsoft atau perangkat lunak pihak ketiga yang disebutkan di dalam artikel ini.

Related video of Cara Merekam PPT Menjadi Video – Tutorial Lengkap

Check Also

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Versi Lama dan Terbaru

*Artikel diperbarui pada 12 September 2023   Cara menghilangkan garis merah di word cukup mudah …

Theme Settings