Cara Menaruh Video di PPT – Solusi Tepat untuk Presentasi Menarik

*Artikel diperbarui pada 5 Juli 2023

Kamu, seorang presenter yang ingin menyajikan video menarik di dalam presentasi slides kamu? Kini tidak perlu lagi repot-repot mengarahkan audience kamu untuk buka link video yang kamu maksud, karena sekarang kamu bisa embed video ke dalam dokumen PowerPoint yang kamu buat dan langsung memainkannya di dalam slideshow.

Cara menaruh video di PPT cukup sederhana dan mudah dilakukan. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan presentasi kamu akibat masalah teknis saat memutar video. Dalam artikel ini, kamu akan belajar cara mudah dan cara lengkap untuk menambahkan video ke dalam presentasi PowerPoint kamu.

Langsung saja, mari kita mulai!

Cara Mudah Menaruh Video di PPT

Cara mudah menaruh video di PPT adalah dengan metode insert video. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka dokumen PowerPoint kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka dokumen PowerPoint yang akan kamu gunakan untuk presentasi. Kamu bisa menggunakan dokumen yang sudah ada atau membuat dokumen baru.

2. Pilih slide yang akan kamu tambahkan video

Pilih slide di mana kamu ingin menambahkan video. Kamu bisa memilih slide pertama atau slide yang sudah ada di dalam dokumen kamu.

3. Klik Insert Video

Insert VideoSource: bing.com
Klik tombol insert video di toolbar di bagian atas dokumen kamu.

4. Pilih Video

Pilih video yang ingin kamu tambahkan ke dalam dokumen PowerPoint kamu. Kamu bisa memilih video dari direktori atau memasukkan video dari YouTube atau Vimeo dengan mengikuti petunjuk yang ada.

5. Atur Ukuran Video

Atur ukuran video kamu agar sesuai dengan slide PowerPoint kamu. Kamu bisa mengubah ukuran dengan menarik tanda panah di sudut video.

6. Simpan

Jangan lupa untuk menyimpan dokumen kamu setelah menambahkan video. Sekarang video kamu siap dimainkan di dalam presentasi kamu.

7. Mainkan Video di Presentasi

Ketika slide yang berisi video kamu tampilkan, klik video untuk memainkannya. Kamu juga bisa membuat video kamu otomatis bermain dengan mengatur semuanya di tab Video Format.

Cara Lengkap Menaruh Video di PPT

Cara lengkap menaruh video di PPT memerlukan sedikit usaha ekstra, tetapi setelah kamu menguasainya, kamu bisa menambahkan video dengan lebih banyak fleksibilitas dan kreativitas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka dokumen PowerPoint kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka dokumen PowerPoint yang akan kamu gunakan untuk presentasi. Kamu bisa menggunakan dokumen yang sudah ada atau membuat dokumen baru.

2. Pilih slide yang akan kamu tambahkan video

Pilih slide di mana kamu ingin menambahkan video. Kamu bisa memilih slide pertama atau slide yang sudah ada di dalam dokumen kamu.

3. Klik Insert Video

Klik tombol insert video di toolbar di bagian atas dokumen kamu. Pilih Video on My PC… untuk menambahkan video dari direktori.

4. Pilih Video

Pilih video yang ingin kamu tambahkan ke dalam dokumen PowerPoint kamu. Kemudian klik tombol Insert.

5. Atur Ukuran Video

Atur ukuran video kamu agar sesuai dengan slide PowerPoint kamu. Kamu bisa mengubah ukuran dengan menarik tanda panah di sudut video atau dengan mengatur di tab Video Format.

6. Atur Autoplay

Kamu juga bisa mengatur video kamu untuk diputar otomatis saat slide ditampilkan. Klik video dan pilih tab Video Format di toolbar. Pilih Play in Background di bagian bawah tab dan klik Autoplay di bawahnya.

7. Atur Waktu dan Transisi

Kamu bisa mengatur waktu dan transisi untuk memperlihatkan video kamu dengan lebih dramatis. Pilih slide dengan video kamu dan klik tab Transitions. Pilih waktu yang sesuai dan atur transisi efek yang diinginkan.

8. Simpan

Simpan dokumen kamu setelah menambahkan video. Sekarang video kamu siap dimainkan di dalam presentasi kamu.

9. Mainkan Video di Presentasi

Ketika slide yang berisi video kamu tampilkan, klik video untuk memainkannya. Video kamu akan dimainkan otomatis jika kamu mengatur di bagian Autoplay.

Cara Menaruh Video di PPT – Tanya Jawab

Q: Apakah saya bisa menambahkan video dari YouTube ke dalam dokumen PowerPoint saya?

A: Ya, kamu bisa menambahkan video dari YouTube ke dalam dokumen PowerPoint kamu dengan mengikuti petunjuk di Insert Video dialog box.

Q: Bagaimana saya mengganti desain media kontrol saat memutar video di PowerPoint?

A: Kamu bisa mengganti desain media kontrol dengan memilih video dan pilih tab Video Format di toolbar. Pilih Media Controls Style dan pilih gaya yang kamu inginkan.

Q: Apakah dokumen PowerPoint saya akan menjadi berat jika saya menambahkan banyak video?

A: Ya, dokumen PowerPoint kamu akan menjadi berat jika kamu menambahkan banyak video. Jangan lupa untuk memperkecil ukuran video dan mengoptimalkan dokumen kamu setelah menambahkan video.

Q: Mengapa video saya tidak bisa dimainkan di presentasi?

A: Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti format file, ukuran file, atau keterbatasan perangkat keras. Pastikan format video kamu kompatibel dengan PowerPoint dan ukuran file tidak terlalu besar. Kamu juga bisa memperbaikinya dengan memperbarui driver hardware dan software kamu.

Q: Apakah saya bisa mengedit video di dalam dokumen PowerPoint?

A: Tidak, kamu tidak bisa mengedit video di dalam dokumen PowerPoint. Kamu harus mengedit video itu sendiri dan memuat versi yang sudah diedit ke dalam dokumen kamu.

Q: Bagaimana saya bisa menghapus video dari dokumen PowerPoint saya?

A: Pilih video dan tekan tombol Delete di keyboard kamu atau pilih video dan klik tombol Delete di tab Video Format.

Q: Bagaimana saya bisa membuat video saya otomatis bermain di presentasi?

A: Kamu bisa membuat video kamu otomatis bermain di presentasi dengan mengatur di tab Video Format. Pilih Play in Background dan klik Autoplay di bawahnya.

Q: Apakah saya bisa menambahkan musik ke dalam dokumen PowerPoint?

A: Ya, kamu bisa menambahkan musik ke dalam dokumen PowerPoint dengan metode yang sama seperti menambahkan video.

Q: Apakah saya bisa menambahkan efek visual ke dalam video di dokumen PowerPoint?

A: Tidak, kamu tidak bisa menambahkan efek visual di dalam video di dokumen PowerPoint. Kamu harus mengedit video itu sendiri dan memuat versi yang sudah diedit ke dalam dokumen kamu.

Q: Bagaimana saya bisa mengatur tampilan video agar tidak dipotong oleh margins slide?

A: Kamu bisa menambahkan margin ke dalam slide tersebut agar video kamu tidak dipotong. Pilih slide dan klik tab Format Background. Pilih Picture or Texture Fill dan atur margin yang kamu inginkan.

Q: Bagaimana saya bisa mengatur posisi video di dalam dokumen PowerPoint?

A: Kamu bisa mengatur posisi video dengan menarik tanda panah di sudut video atau dengan mengatur di tab Video Format.

Q: Bagaimana saya bisa mengatur durasi video yang diputar di dokumen PowerPoint?

A: Kamu bisa mengatur durasi video dengan mengatur transisi waktu dan efek di tab Transitions.

Q: Saya tidak bisa menambahkan video ke dokumen PowerPoint. Apa yang harus saya lakukan?

A: Pastikan format video kamu kompatibel dengan PowerPoint dan ukuran file tidak terlalu besar. Kamu juga bisa memperbaikinya dengan memperbarui driver hardware dan software kamu.

Q: Bagaimana saya bisa mengetahui format video yang kompatibel dengan PowerPoint?

A: Format video yang kompatibel dengan PowerPoint adalah .mp4, .mov, dan .avi.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara menaruh video di PPT dengan mudah dan lengkap. Jangan lupa untuk memperkecil ukuran video dan mengoptimalkan dokumen kamu setelah menambahkan video. Kamu juga bisa menambahkan musik, mengedit waktu transisi, dan mengatur posisi video agar sesuai dengan keinginan kamu. Dengan menambahkan video di dalam presentasi, kamu bisa membuat presentasi kamu lebih menarik dan interaktif.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera praktikkan cara menaruh video di PPT ini dan buat presentasi kamu makin memukau!

Disclaimer

Informasi di dalam artikel ini bersifat umum dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran profesional. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data yang mungkin terjadi sebagai akibat dari penggunaan informasi di artikel ini. Pastikan untuk selalu mencadangkan dokumen kamu dan mengikuti petunjuk produsen perangkat lunak dan perangkat keras.

Related video of Cara Menaruh Video di PPT – Solusi Tepat untuk Presentasi Menarik

Check Also

Ringkasan Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan PPT

*Artikel diperbarui pada 16 Februari 2024 Cara Mudah dan Cara Lengkap untuk Mengerti Peraturan Perpajakan …

Theme Settings