Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP

*Artikel diperbarui pada 5 Juli 2023

Apakah kamu ingin mengubah presentasi PowerPoint (PPT) kamu menjadi video di HP? Mungkinkah cara ini memberikan nilai tambah pada konten yang kamu miliki? Ternyata, iya! Mengonversi PPT menjadi video dapat memperluas jangkauan dan memudahkan kamu untuk berbagi konten secara online. Tutorial ini akan membahas cara mudah dan lengkap untuk mengubah PPT menjadi video di HP. Mari kita mulai!

Seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan aplikasi video seperti YouTube dan TikTok, orang semakin tertarik untuk melihat video. Mengubah PPT menjadi video di HP membuat kamu dapat menjangkau pengguna di platform video ini. Selain itu, video juga dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memberikan cara yang lebih memikat untuk menyampaikan pesanmu. Kini, mari kita masuk ke dalam tutorial cara mengubah PPT menjadi video.

Cara Mudah: Mengubah PPT menjadi Video dengan Aplikasi PowerPoint di HP

Jika kamu menggunakan PowerPoint sebagai aplikasi presentasi, maka kamu bisa mengonversi PPT menjadi video dengan mudah dan cepat. Berikut tutorialnya:

Langkah 1: Buka Dokumen PPT di Aplikasi PowerPoint

Pertama-tama, buka dokumen PPT yang ingin kamu ubah menjadi video di aplikasi PowerPoint pada HP kamu. Pastikan kamu sudah menyelesaikan semua editan dan tambahan elemen yang diperlukan.

Langkah 2: Pilih “Simpan sebagai Video”

Setelah dokumen PPT dibuka, pilih menu “File” dan cari opsi “Simpan sebagai Video”. Kemudian, pilih resolusi video yang kamu inginkan dan klik “Simpan” untuk menyimpan video yang telah dibuat.

Langkah 3: Selesai!

Sekarang video PPT telah berhasil dibuat. Kamu dapat membagikan video tersebut di berbagai platform sosial atau memutar video di HP kamu.

Cara Lengkap: Mengubah PPT menjadi Video dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin lebih fleksibel dalam membuat video PPT kamu, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur-fitur tambahan seperti menambahkan musik atau efek transisi. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan:

1. Wondershare FilmoraGo

Wondershare FilmoraGo adalah aplikasi pihak ketiga yang terkenal karena mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur lengkap. Berikut tutorial mengubah PPT menjadi video di FilmoraGo:

  1. Unduh dan instal aplikasi Wondershare FilmoraGo di HP kamu
  2. Buka aplikasi dan pilih “New Project”
  3. Pilih dokumen PPT dan masukkan ke dalam proyek di FilmoraGo
  4. Tambahkan musik atau efek transisi sesuai dengan keinginanmu
  5. Pilih opsi “Export” dan kamu siap membagikan video PPT kamu!

2. Animoto

Animoto adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengubah PPT menjadi video. Dibandingkan Wondershare FilmoraGo, Animoto lebih terfokus pada animasi dan efek gerakan. Untuk membuat video dengan Animoto, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Daftar dan buat akun Animoto
  2. Pilih tema dan gaya animasi untuk proyekmu
  3. Upload dokumen PPT ke dalam proyek
  4. Tambahkan efek gerakan atau efek transisi di dalam video PPT kamu
  5. Selesai! Kamu bisa mengunduh atau membagikan video PPT kamu di berbagai platform sosial

Tabel: Perbandingan Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP

Cara Keuntungan Kekurangan
Mengubah PPT menjadi video dengan Aplikasi PowerPoint di HP Membutuhkan waktu yang singkat dan mudah digunakan Kurang fleksibel dan kurang fitur-fitur tambahan
Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Lebih fleksibel dan memiliki fitur-fitur tambahan Mungkin memerlukan biaya dan penggunaan yang lebih rumit

Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP – Tanya Jawab

1. Apa yang harus saya lakukan jika dokumen PPT saya terlalu besar?

Kamu bisa mencoba untuk mengkompres dokumen PPT terlebih dahulu agar ukuran filenya menjadi lebih kecil. Caranya, pilih “File” dan pilih opsi “Compress Pictures”. Kamu juga bisa menghapus elemen yang tidak perlu di dalam dokumen PPT untuk mengurangi ukurannya.

2. Apakah saya bisa menambahkan efek suara di dalam video PPT?

Ya, kamu bisa menambahkan efek suara atau musik di dalam video PPT kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bahkan di aplikasi PowerPoint di HP kamu.

3. Bagaimana saya bisa membagikan video PPT saya di platform sosial media?

Kamu bisa membagikan video di berbagai platform sosial media seperti YouTube, Instagram, Facebook, atau TikTok. Kamu hanya perlu mengunggah video tersebut ke platform sosial media tersebut, dan pastikan video kamu dalam resolusi yang sesuai untuk platform tersebut.

4. Apakah saya bisa mengedit video PPT setelah dikonversi menjadi video?

Ya, kamu bisa mengedit video PPT kamu setelah dikonversi menjadi video di aplikasi pihak ketiga atau bahkan di aplikasi video editing di HP kamu.

5. Bisakah saya mengubah PPT menjadi video di HP Android?

Ya, kamu bisa mengubah PPT menjadi video di HP Android menggunakan aplikasi PowerPoint atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung editing video di HP Android.

6. Apa resolusi video yang disarankan untuk mengkonversi PPT menjadi Video?

Resolusi video yang disarankan biasanya 1080p atau 720p, tergantung pada platform sosial media atau keperluanmu. Pastikan video tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk menghindari kualitas video yang buruk.

7. Apakah mengubah PPT menjadi video dapat meningkatkan keterlibatan pengguna?

Ya, video memiliki daya tarik yang lebih dibandingkan dengan presentasi biasa dan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna serta meningkatkan jangkauanmu.

Kesimpulan

Jadi, itu dia tutorial tentang cara mengubah PPT menjadi video di HP. Kamu dapat menggunakan aplikasi PowerPoint atau aplikasi pihak ketiga yang lebih fleksibel dan memiliki fitur-fitur tambahan. Pastikan kamu memilih cara yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ingat, video dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperluas jangkauan kontenmu. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Informasi yang terkandung dalam artikel ini disadur dari berbagai sumber terpercaya dan telah melalui proses seleksi dan pengecekan untuk keakuratan dan kebenarannya. Namun, penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang terjadi pada penggunaan informasi yang terkandung dalam artikel ini. Pengguna bertanggung jawab penuh atas penggunaan informasi ini.

Related video of Cara Mengubah PPT Menjadi Video di HP

Check Also

Cara Download Template PPT di Pinterest

*Artikel diperbarui pada 28 Februari 2024 Cari Ide Presentasi Menarik dengan Pinterest Sekarang kamu tidak …

Theme Settings