Cara Membuat PPT Skripsi

*Artikel diperbarui pada 10 Maret 2024

Apakah kamu sedang menyelesaikan skripsi dan perlu membuat presentasi untuk mempertahankan hasil penelitianmu? Membuat presentasi dengan PowerPoint (PPT) bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya. Namun, jika dilakukan dengan cara yang tepat, membuat PPT skripsi bisa menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan hasil penelitianmu dengan jelas dan menarik bagi audiens.

Di artikel ini, kami akan membahas cara membuat PPT skripsi dengan mudah dan lengkap. Kami juga akan memberikan tips dan trik berguna serta jawaban atas beberapa pertanyaan umum terkait pembuatan PPT skripsi.

Cara Mudah Membuat PPT Skripsi

Mungkin kamu tidak memerlukan presentasi yang terlalu rumit untuk mempertahankan skripsimu. Berikut ini merupakan cara-cara mudah untuk membuat PPT skripsi:

1. Persiapkan Konten Presentasi

Sebelum membuat presentasi, pastikan kamu memiliki konten yang cukup untuk disajikan. Siapkan ringkasan dari penelitianmu berupa gambar, teks, atau tabel yang menarik. Konten tersebut akan menjadi landasan untuk presentasimu nanti.

2. Pilih Tema yang Cocok

Pilih tema yang cocok untuk presentasimu. Tema bisa menambahkan kesan visual yang menarik dalam presentasi dan membuat audiens lebih tertarik. Pastikan tema yang kamu pilih sesuai dengan isi presentasimu.

3. Buat Slide yang Menarik

Buatlah slide yang menarik dengan meninggalkan banyak ruang kosong dan menggunakan gambar sebagai ilustrasi. Hindari penggunaan teks yang terlalu banyak dan gunakan font yang mudah dibaca.

4. Gunakan Animasi dengan Bijak

Animasi dapat menambahkan visual yang menarik pada slide, namun gunakanlah dengan bijak. Animasi yang terlalu banyak dan berlebihan dapat membuat audiens menjadi tidak nyaman atau bahkan mengalihkan perhatiannya dari isi presentasi.

5. Praktikkan Presentasimu

Setelah selesai membuat presentasi, praktikkan presentasimu sebelum diperlihatkan kepada audiens. Hal ini akan membantumu untuk memahami alur presentasi dengan lebih baik dan menghindari kesalahan saat mempertahankan hasil penelitianmu.

6. Pertimbangkan untuk Menggunakan Template PowerPoint yang Sudah Ada

Jika kamu terburu-buru atau tidak terlalu percaya diri untuk membuat desain presentasi dari awal, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan template PowerPoint yang sudah tersedia. Template PowerPoint menawarkan desain yang telah siap digunakan, sehingga kamu hanya perlu mengganti konten dan membuat perubahan kecil pada desain.

Cara Lengkap Membuat PPT Skripsi

Bagi kamu yang ingin membuat presentasi yang lebih lengkap atau memiliki waktu yang cukup, berikut ini adalah cara lengkap untuk membuat PPT skripsi:

1. Tentukan Tujuan Presentasi

Tentukan tujuan presentasi dan audiens yang akan menyaksikannya. Hal ini akan membantumu dalam menentukan isi presentasi dan gaya presentasi yang akan digunakan.

2. Buat Outline dari Presentasimu

Buatlah outline atau kerangka dari presentasimu dengan menentukan struktur presentasi dan konten dari setiap slide. Hal ini akan memudahkanmu dalam membuat presentasi yang terstruktur dan mudah dipahami oleh audiens.

3. Buat List Kosakata yang Akan Digunakan

Buatlah list kosakata yang akan kamu gunakan dalam presentasi. Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami dan sesuai dengan bidangmu.

4. Buatlah Slide Pembuka yang Menarik

Mulailah presentasimu dengan slide pembuka yang menarik. Slide pembuka harus menarik perhatian audiens dan membuat mereka tertarik untuk mengetahui isi presentasimu lebih lanjut.

5. Gunakan Visual yang Menarik

Gunakan visual yang menarik seperti gambar atau grafik untuk memperjelas isi presentasimu. Visual yang menarik dapat meningkatkan daya tarik presentasimu dan membantu audiens untuk memahami isi presentasi dengan lebih baik.

6. Gunakan Animasi yang Sesuai

Gunakan animasi yang sesuai untuk meningkatkan visual pada slide presentasimu. Animasi yang tepat dapat membantu audiens untuk memahami isi presentasi dengan lebih mudah. Tetapi, ingatlah untuk tidak menggunakan animasi yang terlalu banyak atau berlebihan.

7. Gunakan Warna yang Sesuai

Pilihlah warna yang sesuai untuk presentasimu. Warna dapat mempengaruhi suasana hati audiens dan meningkatkan daya tarik presentasi. Pastikan warna yang kamu gunakan tidak terlalu mencolok dan mudah terlihat oleh audiens.

8. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri pada presentasimu. Hindari penggunaan font yang terlalu unik atau sulit dibaca oleh audiens.

9. Buat Slide Penutup yang Menarik

Slide penutup akan menjadi penutup bagi presentasimu. Buatlah slide penutup yang menarik dan memberikan kesimpulan dari hasil penelitianmu.

Tips dan Trik Membuat PPT Skripsi

Agar presentasimu semakin menarik dan efektif, cobalah mempertimbangkan tips dan trik berikut ini:

1. Gunakan Slide Bergambar

Slide yang terlalu banyak teks dapat membuat audiens menjadi bosan dan tidak memperhatikan presentasimu. Gunakan slide bergambar yang menarik untuk menjelaskan isi presentasimu.

2. Gunakan Video Pendukung

Pertimbangkan untuk menggunakan video sebagai pendukung presentasimu. Video dapat membantu memperjelas ide dan hasil penelitianmu secara visual.

3. Hindari Penggunaan Transisi yang Berlebihan

Hindari penggunaan transisi antar slide yang terlalu banyak dan berlebihan. Hal ini dapat mengalihkan perhatian audiens dari isi presentasi.

4. Selalu Perhatikan Waktu

Perhatikan waktu saat mempertahankan presentasimu. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu singkat. Pastikan presentasimu berjalan dengan waktu yang sesuai dan memberikan kesan yang baik pada audiens.

5. Gunakan Animasi yang Konsisten

Jika kamu menggunakan animasi pada presentasimu, pastikan animasi tersebut konsisten antar slide. Hal ini akan membantu audiens untuk memahami isi presentasi dengan lebih mudah.

6. Berikan Informasi yang Terperinci

Berikan informasi yang terperinci dan jelas pada setiap slide. Hal ini akan membantu audiens untuk memahami isi presentasimu lebih baik.

7. Buatlah Slide yang Simpel

Slide yang terlalu rumit dan terlalu banyak informasi dapat membuat audiens menjadi bingung dan tidak memperhatikan isi presentasimu. Buatlah slide yang sederhana dan mudah dipahami oleh audiens.

Tanya Jawab

1. Bagaimana cara menambahkan video pada presentasi?

Untuk menambahkan video pada presentasi, klik pada menu “Insert” pada PowerPoint, kemudian pilih “Video”. Pilih video dari file yang tersimpan pada komputer atau pen-drive. Pilih opsi “Play” atau “Automatically” setelah video dimasukkan pada presentasi.

2. Apa yang harus diperhatikan saat memilih tema untuk presentasi?

Pilihlah tema yang sesuai dengan isi presentasimu. Pastikan tema yang kamu pilih mudah dibaca oleh audiens dan tidak terlalu mencolok.

3. Apa yang harus dilakukan jika presentasi terlalu panjang?

Jika presentasimu terlalu panjang, pertimbangkan untuk memotong atau mengurangi konten pada setiap slide. Pastikan presentasimu masih dapat memberikan kesan yang baik dan menjelaskan hasil penelitianmu secara efektif.

4. Kapan harus menggunakan animasi pada presentasi?

Gunakan animasi pada presentasi ketika kamu ingin menekankan suatu ide atau bagian dari presentasimu. Hal ini dapat membantu audiens untuk memahami isi presentasi dengan lebih mudah.

5. Bagaimana cara membuat slide yang menarik?

Buatlah slide yang menarik dengan meninggalkan banyak ruang kosong dan menggunakan gambar sebagai ilustrasi. Hindari penggunaan teks yang terlalu banyak dan gunakan font yang mudah dibaca.

6. Apa yang harus diperhatikan saat membuat slide penutup?

Pastikan slide penutup memberikan kesimpulan dari hasil penelitianmu dengan jelas. Gunakan gambar atau visual yang menarik untuk meninggalkan kesan yang baik pada audiens.

7. Bagaimana cara membuat presentasi yang terstruktur?

Buatlah outline atau kerangka dari presentasimu dengan menentukan struktur presentasi dan konten dari setiap slide. Hal ini akan memudahkanmu dalam membuat presentasi yang terstruktur dan mudah dipahami oleh audiens.

8. Apakah penggunaan template PowerPoint yang sudah tersedia baik untuk presentasi skripsi?

Template PowerPoint menawarkan desain yang telah siap digunakan, sehingga kamu hanya perlu mengganti konten dan membuat perubahan kecil pada desain. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu atau keterampilan desain yang cukup, penggunaan template PowerPoint yang sudah tersedia dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, pastikan template yang kamu gunakan sesuai dengan isi presentasimu.

9. Apa yang harus dilakukan jika terdapat kesalahan pada presentasi?

Jika terdapat kesalahan pada presentasi, jangan panik. Cobalah untuk berbicara dengan tenang dan menjelaskan kembali ide atau hasil penelitianmu dengan lebih jelas. Jangan lupa untuk mempraktikkan presentasimu sebelumnya untuk menghindari kesalahan saat mempertahankan hasil penelitianmu.

10. Apa yang harus diperhatikan saat mempertahankan presentasi di depan audiens?

Pastikan kamu memahami isi presentasimu dengan baik dan terus berbicara dengan nada yang jelas dan tenang. Pergunakan bahasa tubuh yang memperjelas komunikasi dengan audiens.

11. Apakah slide yang banyak penting saat membuat presentasi skripsi?

Tidak, slide yang banyak tidak selalu penting saat membuat presentasi skripsi. Lebih baik menggunakan slide yang berkualitas dan mudah dipahami oleh audiens, terutama jika waktu presentasimu terbatas.

12. Apakah penting menggunakan kata-kata yang tepat dalam presentasi?

Ya, menggunakan kata-kata yang tepat dalam presentasi sangat penting. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu sulit atau spesifik dan gunakan kosakata yang mudah dipahami oleh audiens.

13. Bagaimana cara membuat presentasi yang memukau audiens?

Untuk membuat presentasi yang memukau audiens, pastikan konten presentasimu jelas dan terstruktur, serta tampilan desain yang menarik namun tidak mengganggu isi presentasi. Gunakan visual dan gambar yang berkualitas dan animasi yang memperjelas ide atau hasil penelitianmu. Praktek sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan dalam mempertahankan presentasi.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mudah dan lengkap untuk membuat PPT skripsi, tips dan trik berguna, serta jawaban atas beberapa pertanyaan umum terkait pembuatan PPT skripsi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu dapat membuat presentasi yang efektif dan menarik bagi audiens. Jangan lupa untuk mempraktikkan presentasimu sebelum mempertahankannya kepada audiens dan berbicara dengan tenang dan jelas saat mempertahankan hasil penelitianmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang menyelesaikan skripsi!

Status Keterangan
Dibuat Oleh Tulis namamu disini
Judul Cara Membuat PPT Skripsi
Jumlah Sub Judul 15
Jumlah Paragraf 30
Jumlah Kata Per Paragraf 300
Jumlah FAQ 13

Related video of Cara Membuat PPT Skripsi

Check Also

Cara Menggabungkan File PPT: Mudah dan Lengkap

*Artikel diperbarui pada 18 April 2024 Pengantar Apakah kamu seringkali kesulitan dalam menggabungkan beberapa file …

Theme Settings