Cara Mengembalikan PPT yang Belum Di Save

*Artikel diperbarui pada 7 Maret 2024

Apakah kamu pernah mengalami kerugian besar saat PPT yang kamu buat tiba-tiba hilang karena belum disimpan? Kejadian seperti ini tentu sangat menjengkelkan dan dapat menghambat pekerjaan kita. Namun, jangan khawatir, artikel ini akan membahas bagaimana mengembalikan PPT yang belum disave dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita masuk ke cara mengembalikan PPT yang belum disave, kita perlu memahami beberapa buzzwords yang terkait dengan topik ini. Buzzwords yang sering digunakan dalam hal ini antara lain “file recovery”, “temporary file”, dan “auto save”.

Untuk memastikan keberhasilan dalam mengembalikan PPT yang belum disave, kita perlu memahami dengan baik cara kerja sistem auto save dan temporary file. Selain itu, kita juga perlu mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan dalam situasi-situasi tertentu. Berikut beberapa cara mudah dan lengkap untuk mengembalikan PPT yang belum disave.

Cara Mudah dan Lengkap Mengembalikan PPT yang Belum di Save

Cara Mudah

1. Coba periksa auto save dan temporary file

Auto save adalah sistem yang otomatis menyimpan versi terbaru dari PPT yang kita kerjakan. Temporary file adalah file sementara yang dibuat oleh program Microsoft PowerPoint ketika kita mengetik. Biasanya, file-file ini di simpan di folder local disk C pada komputer kita. Untuk mencari file ini, cukup buka File Explorer dan ketik “%temp%” di kolom search bar.

File Deskripsi
AutoRecovery save of Presentation.pptx File auto save PPT
PowerPoint Temp File.pptx File temporary yang dibuat oleh program PPT

2. Cek folder Recycle Bin

Jika kita tidak sengaja menghapus PPT yang belum disave, coba cek folder Recycle Bin. Kita mungkin bisa menemukan file PPT yang hilang di sana dan mengembalikanya.

3. Gunakan fitur “Recover Unsaved Presentations”

Jika kita pernah menyimpan PPT serta menamainya, namun lupa untuk menyimpan perubahan terakhir ketika keluar dari program, maka PPT tersebut akan masuk ke folder “UnsavedFiles”. Kita bisa menemukan folder ini pada tab “File” dan pilih “Open” > “Recover Unsaved Presentations”.

Cara Lengkap

1. Gunakan aplikasi file recovery

Jika kita tidak bisa menemukan file PPT di folder Recycle Bin atau folder temporary, coba gunakan aplikasi file recovery seperti Recuva atau EaseUS Data Recovery. Aplikasi ini dapat membantu kita dalam mencari dan mengembalikan file yang hilang.

2. Cek folder “Previous Versions”

Jika kita pernah menyimpan PPT, kita bisa menemukan file PPT tersebut di folder “Previous Versions”. Kita bisa menemukan folder ini dengan mengklik kanan folder yang berisi file PPT dan memilih “Properties” > “Previous Versions”.

3. Coba gunakan fitur “Restore Previous Versions”

Jika kita bisa menemukan folder “Previous Versions”, coba gunakan fitur “Restore Previous Versions” untuk mengembalikan file PPT ke versi sebelumnya.

4. Cek recycle bin di OneDrive atau Cloud storage lainnya

Jika kita menggunakan OneDrive atau Cloud storage lainnya untuk menyimpan PPT, coba cek pengaturan di sana apakah recycle bin diaktifkan. Jika iya, kita mungkin bisa menemukan file PPT yang hilang di sana dan mengembalikanya.

5. Gunakan fitur Time Machine pada Mac

Bagi pengguna Mac, coba gunakan fitur Time Machine untuk mengembalikan PPT yang hilang. Time Machine merupakan sistem backup yang secara otomatis menyimpan file-file kita pada jadwal tertentu.

6. Cek log event untuk mengatasi error

Jika error terjadi ketika kita mencoba mengembalikan PPT yang hilang, coba cek log event untuk memperbaikinya. Kita bisa menemukan log event pada “Event Viewer” di Windows atau “Console” di Mac.

7. Mintalah bantuan ahli IT

Jika semuanya gagal, mintalah bantuan ahli IT yang dapat membantu kita dalam mengembalikan file PPT yang hilang.

Cara Mengembalikan PPT yang Belum di Save – Tanya Jawab

Bagaimana cara mengaktifkan auto save pada PPT?

Untuk mengaktifkan auto save pada PPT, klik “File” > “Options” > “Save”. Pilih kotak centang “Save AutoRecover information every” dan tentukan frekuensi autosave yang diinginkan.

Bagaimana cara mengatur lokasi penyimpanan auto save pada PPT?

Klik “File” > “Options” > “Save”. Pilih kotak “Default local file location” dan tentukan lokasi folder penyimpanan auto save.

Apa saja extension file PPT yang disimpan oleh program Microsoft PowerPoint?

Extension file PPT yang disimpan oleh program PowerPoint antara lain .ppt, .pptx, .pptm, .pot, .potx, .potm, .odp.

Apa itu file temporary pada program Microsoft PowerPoint?

File temporary pada program PowerPoint adalah file sementara yang dibuat ketika kita mengetik. File ini seringkali dapat membantu kita dalam mengembalikan data yang hilang atau PPT yang belum disave.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengembalikan file PPT yang hilang menggunakan aplikasi file recovery?

Waktu yang diperlukan untuk mengembalikan file PPT yang hilang menggunakan aplikasi file recovery tergantung pada ukuran file tersebut. Oleh karena itu, kita perlu bersabar dan memastikan bahwa aplikasi bekerja dengan sempurna agar kita bisa mendapatkan PPT yang diinginkan.

Apa yang perlu dilakukan jika PPT yang hilang tidak dapat ditemukan dengan menggunakan aplikasi file recovery?

Jika PPT yang hilang tidak dapat ditemukan dengan menggunakan aplikasi file recovery, ada kemungkinan bahwa file tersebut telah rusak atau terhapus secara permanen. Mintalah bantuan ahli IT untuk mengetahui apakah PPT tersebut masih bisa di-recover atau tidak.

Apa yang harus dilakukan jika PPT yang belum disave mengalami error ketika di-recover?

Jika PPT yang belum disave mengalami error ketika di-recover, coba cek log event untuk memperbaikinya. Kita bisa menemukan log event pada “Event Viewer” di Windows atau “Console” di Mac.

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai cara mudah dan lengkap dalam mengembalikan PPT yang belum disave, kita harus selalu ingat untuk mengaktifkan fitur auto save dan menyimpan PPT secara berkala. Jangan lupa untuk memeriksa folder temporary dan recycle bin serta mencoba aplikasi file recovery jika memang dibutuhkan. Terakhir, jika semua cara tidak berhasil, ada baiknya untuk meminta bantuan ahli IT yang dapat membantu kita dalam mengembalikan PPT yang hilang.

Kata Penutup

Artikel ini membahas berbagai cara mudah dan lengkap dalam mengembalikan PPT yang belum di save. Namun, penulis tidak bertanggung jawab atas kehilangan data atau kerusakan pada komputer yang mungkin terjadi karena penerapan cara-cara yang disarankan dalam artikel ini.

Related video of Cara Mengembalikan PPT yang Belum Di Save

Check Also

Cara Memasukan Excel ke PPT

*Artikel diperbarui pada 19 April 2024 Memudahkan Presentasi dengan Excel di PPT Apakah kamu sering …

Theme Settings