Cara Agar Font PPT Tidak Berubah

*Artikel diperbarui pada 5 Juli 2023

Siapa yang tidak pernah merasa frustrasi ketika font pada presentasi berubah? Presentasi adalah alat penting bagi banyak orang, baik itu untuk kepentingan bisnis, pendidikan, atau acara keluarga. Namun, presentasi yang buruk dapat merusak pesan yang ingin disampaikan. Salah satu masalah umum yang dihadapi para pembuat presentasi adalah font yang berubah saat berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya.

Font yang berubah dapat mengganggu tampilan presentasi yang seharusnya konsisten dan mudah dibaca. Hal ini disebabkan oleh font yang digunakan pada presentasi terkadang tidak tersedia di komputer lain. Penyebab lainnya adalah pengaturan default yang berbeda pada komputer lainnya.

Cara Mudah Agar Font PPT Tidak Berubah

Bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan mudah? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari font pada presentasi menjadi berubah saat dipindahkan ke komputer lainnya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan font bawaan dalam PowerPoint. Font bawaan merupakan font yang sudah terpasang secara otomatis pada PowerPoint dan komputer Windows.

Untuk menggunakan font bawaan pada PowerPoint, buka menu “Home” dan pilih font yang ingin digunakan. Pastikan font yang dipilih tercantum pada daftar “Themes Fonts”. Dengan menggunakan font bawaan, font pada presentasi akan tetap terlihat sama saat dipindahkan ke komputer lainnya.

Cara Lengkap Agar Font PPT Tidak Berubah

Jika kamu ingin memastikan presentasi tidak mengalami perubahan font ketika dipindahkan ke komputer lain, berikut adalah cara agar font PPT tidak berubah secara lengkap:

1. Gunakan Font Standar

Gunakan font standar seperti Arial, Calibri, atau Times New Roman. Font standar ini tersedia di hampir semua komputer dan tidak memerlukan pengaturan khusus.

2. Embed Font pada Presentasi

Embed font pada presentasi dapat dilakukan dengan mengaktifkan opsi “Embed fonts in the file” pada saat menyimpan presentasi. Dengan demikian, font akan disertakan dalam file presentasi dan akan terlihat sama pada komputer lainnya. Namun, opsi ini dapat membuat ukuran file presentasi menjadi lebih besar.

3. Unduh Font yang Digunakan pada Presentasi

Unduh font yang digunakan pada presentasi dan instal pada komputer yang akan digunakan untuk presentasi. Dengan demikian, font akan tersedia pada komputer tersebut dan presentasi akan terlihat sama dengan aslinya.

4. Gunakan Platform Presentasi Online

Gunakan platform presentasi online seperti Google Slides atau Prezi. Platform ini memiliki font bawaan yang sama pada semua komputer dan dapat diakses dari mana saja. Namun, penggunaan platform presentasi online dapat memerlukan koneksi internet yang stabil.

5. Gunakan PDF sebagai Format Presentasi

Saat menyimpan presentasi, gunakan format PDF. Format PDF akan menyertakan font pada presentasi dan akan terlihat sama pada komputer lainnya. Namun, format PDF tidak memungkinkan pengeditan presentasi.

6. Pastikan Komputer yang Digunakan Memiliki Font yang Diperlukan

Pastikan komputer yang digunakan untuk presentasi memiliki font yang diperlukan. Hal ini dapat dilakukan dengan menginstal font pada komputer yang digunakan atau dengan memastikan bahwa font tersebut telah terpasang pada komputer tersebut.

7. Cek Kembali Presentasi Sebelum Dipresentasikan

Cek kembali presentasi sebelum dipresentasikan pada komputer lainnya. Pastikan font yang digunakan terlihat sama dan mudah dibaca.

Cara Agar Font PPT Tidak Berubah – Tanya Jawab

1. Apa penyebab font pada presentasi berubah?

Penyebab font pada presentasi berubah karena font yang digunakan tidak tersedia pada komputer lain atau pengaturan default yang berbeda pada komputer lain.

2. Bagaimana cara mudah agar font pada presentasi tidak berubah?

Cara mudah adalah dengan menggunakan font bawaan dalam PowerPoint. Font bawaan merupakan font yang sudah terpasang secara otomatis pada PowerPoint dan komputer Windows.

3. Bagaimana cara lengkap agar font pada presentasi tidak berubah?

Cara lengkap termasuk menggunakan font standar, mengembed font pada presentasi, mengunduh font yang digunakan, menggunakan platform presentasi online, menggunakan format PDF, memastikan komputer memiliki font yang diperlukan, dan mengecek kembali presentasi sebelum dipresentasikan pada komputer lainnya.

4. Apakah opsi embed font pada presentasi membuat ukuran file presentasi lebih besar?

Ya, opsi embed font pada presentasi dapat membuat ukuran file presentasi menjadi lebih besar.

5. Apakah format PDF memungkinkan pengeditan presentasi?

Format PDF tidak memungkinkan pengeditan presentasi.

6. Apakah platform presentasi online memerlukan koneksi internet yang stabil?

Ya, penggunaan platform presentasi online memerlukan koneksi internet yang stabil.

7. Apa yang harus dilakukan jika font pada presentasi tetap berubah meskipun telah dilakukan cara agar font PPT tidak berubah?

Jika font pada presentasi tetap berubah meskipun telah dilakukan cara agar font PPT tidak berubah, pastikan untuk memeriksa kembali kompatibilitas font dengan sistem operasi atau program lain pada komputer yang digunakan.

Kesimpulan

Font pada presentasi yang berubah dapat mengganggu tampilan presentasi yang seharusnya konsisten dan mudah dibaca. Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti menggunakan font standar, mengembed font pada presentasi, atau mengunduh font yang digunakan. Ingatlah untuk selalu mengecek kembali presentasi sebelum dipresentasikan pada komputer lainnya.

ACTION

Sekarang kamu sudah tahu cara agar font PPT tidak berubah. Coba terapkan salah satu cara yang telah dijelaskan dalam artikel ini pada presentasi kamu berikutnya dan lihat hasilnya. Selamat mencoba!

Sumber: Microsoft Support

Cara Kelebihan Kekurangan
Gunakan font standar Tersedia di hampir semua komputer Terlihat biasa dan kurang menarik
Embed font pada presentasi Font akan disertakan dalam file presentasi dan terlihat sama pada komputer lainnya Ukuran file presentasi dapat menjadi lebih besar
Unduh font yang digunakan Font terlihat sama pada semua komputer Mempakan tindakan tambahan yang memakan waktu dan tidak praktis
Gunakan platform presentasi online Font bawaan sama pada semua komputer dan dapat diakses dari mana saja Memerlukan koneksi internet yang stabil
Gunakan format PDF sebagai format presentasi Font akan disertakan dalam file PDF dan terlihat sama pada semua komputer Format PDF tidak memungkinkan pengeditan presentasi
Pastikan komputer memiliki font yang diperlukan Font tersedia pada komputer yang digunakan Mempakan tindakan tambahan yang memakan waktu dan tidak practis
Cek kembali presentasi sebelum dipresentasikan Memastikan font terlihat sama dan mudah dibaca Mempakan tindakan tambahan yang memakan waktu dan tidak practis

Kata Penutup

Artikel ini telah memberikan solusi untuk masalah font pada presentasi agar tidak menjadi berubah saat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya. Semoga cara yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat presentasi yang terlihat profesional dan mudah dibaca. Ingatlah untuk selalu mengecek kembali presentasi sebelum dipresentasikan pada komputer lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Related video of Cara Agar Font PPT Tidak Berubah

Check Also

Ringkasan Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan PPT

*Artikel diperbarui pada 16 Februari 2024 Cara Mudah dan Cara Lengkap untuk Mengerti Peraturan Perpajakan …

Theme Settings