Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus di iPhone

*Artikel diperbarui pada 12 Februari 2024

Pendahuluan

Kamu pernah mengalami pesan WhatsApp yang dihapus oleh seseorang di dalam obrolan? Mungkin saja pesan tersebut berisi informasi penting atau data yang ingin kamu simpan. Namun, bagaimana jika kamu bisa melihat pesan yang sudah dihapus tersebut? Beruntung, di iPhone terdapat cara untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus.Sebelum melanjutkan membahas caranya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Dalam menggunakan fitur ini, terdapat keuntungan dan risiko yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

Keuntungan

1. Mengembalikan pesan yang penting – Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat melihat dan mengembalikan pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh seseorang di dalam obrolan.2. Mempelajari riwayat pesan – Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui riwayat percakapan dan pesan yang sudah dihapus oleh seseorang di dalam obrolan.3. Menjaga privasi – Jika kamu menghapus pesan yang tidak sengaja dikirim, kamu dapat menggunakan fitur ini untuk melihat pesan tersebut dan menghapusnya kembali, sehingga privasi kamu terjaga.

Risiko

1. Pelanggaran privasi – Melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh seseorang di dalam obrolan dapat dianggap sebagai pelanggaran privasi, sehingga kamu harus berhati-hati saat menggunakan fitur ini.2. Kesalahan dalam penggunaan – Jika kamu tidak berhati-hati saat menggunakan fitur ini, kamu dapat menghapus pesan penting atau mengubah isi obrolan.3. Ketergantungan – Jika kamu terlalu sering menggunakan fitur ini, kamu dapat tergantung dan sulit untuk mengembalikan kondisi awal.Setelah mengetahui keuntungan dan risiko dari fitur ini, kamu masih ingin melanjutkan untuk mengetahui bagaimana cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di iPhone? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus di iPhone

Sebelum memulai langkah demi langkah, pastikan bahwa kamu sudah memiliki aplikasi WhatsApp terbaru dan iPhone dengan sistem operasi terbaru juga. Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan yang ingin kamu amati. Setelah memilih obrolan yang diinginkan, scroll ke bawah hingga menemukan pesan yang dihapus oleh pihak lain.Mungkin terlihat seperti obrolan yang tidak lengkap atau ada pesan tertentu yang hilang. Namun, jangan khawatir. Kamu masih bisa melihat pesan yang telah dihapus tersebut.Cara berikutnya adalah dengan mencari file cadangan atau backup chat WhatsApp. Dalam file backup ini, terdapat informasi lengkap tentang obrolan yang kamu pilih sebelumnya, termasuk pesan yang sudah dihapus oleh seseorang.Untuk melakukan ini, pastikan bahwa kamu sudah memulai backup chat WhatsApp secara rutin. Jika belum, kamu dapat melakukannya dengan cara membuka WhatsApp > Settings > Chats > Backup. Setelah itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:1. Buka aplikasi File Manager di iPhone dan pilih folder “WhatsApp”.2. Kemudian, pilih folder “Databases” dan cari file berformat “msgstore.db.crypt12”.3. Salin file tersebut dan paste ke folder lain di iPhone. Nama file tersebut dapat kamu ubah sesuai dengan keinginanmu.4. Selanjutnya, unduh aplikasi “Downloader for WhatsApp”.5. Buka aplikasi tersebut dan pilih file database yang sudah disalin dan dipaste pada folder lain tadi.6. Setelah itu, pilih opsi “Restore”.7. Tunggu hingga proses pemulihan selesai.Setelah proses pemulihan selesai, kamu akan dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus oleh seseorang di dalam obrolan. Namun, pastikan bahwa kamu tidak menyalahgunakan informasi yang didapatkan dari fitur ini dan menjaga privasi obrolan dengan baik.

Pembahasan

Sampai di sini, kamu sudah mengetahui cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di iPhone. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait dengan fitur ini. 1. Apakah fitur ini hanya bisa digunakan di iPhone? Tidak. Fitur ini dapat digunakan pada perangkat Android juga. Namun, langkah-langkahnya mungkin agak berbeda. Sumber: https://www.business-standard.com/article/technology/how-to-see-deleted-whatsapp-messages-on-iphone-android-for-free-121062300920_1.html2. Apakah pesan WhatsApp yang sudah dihapus tersebut hanya dapat dipulihkan dari backup chat WhatsApp saja? Ya. Jika backup chat WhatsApp tidak tersedia, maka pesan yang sudah dihapus tersebut tidak dapat dipulihkan. Sumber: https://www.hindustantimes.com/tech/how-to-restore-deleted-whatsapp-messages-on-android-and-ios/story-c869fM0mZUeNvVbG6SvfhO.html3. Apakah fitur ini legal digunakan? Meskipun fitur ini dapat digunakan, tetapi penggunaannya harus bijak dan tidak menyalahi aturan privasi yang berlaku. Sumber: https://www.indiatoday.in/technology/how-to/story/how-to-restore-deleted-whatsapp-messages-on-android-and-ios-1813472-2021-06-224. Apakah pesan yang sudah dihapus tersebut benar-benar terhapus secara permanen? Tidak. Pesan yang sudah dihapus oleh pihak lain masih tersimpan dalam database WhatsApp dan dapat dipulihkan dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Sumber: https://www.gqindia.com/technology/how-to/how-to-know-if-someone-has-deleted-a-whatsapp-message-they-sent-you/5. Apakah penggunaan fitur ini akan mempengaruhi privasi obrolan dengan orang lain? Ya. Penggunaan fitur ini dapat mempengaruhi privasi obrolan, terutama jika informasi yang didapat dari fitur ini disalahgunakan atau disebarluaskan secara tidak sah. Sumber: https://www.republicworld.com/technology-news/mobile/how-to-recover-deleted-whatsapp-messages-on-android-ios-phones.html6. Apakah fitur ini sulit untuk digunakan? Tidak. Fitur ini cukup mudah digunakan, asalkan kamu mengikuti langkah-langkah dengan baik dan benar. Sumber: https://www.thequint.com/how-to/how-to-restore-delete-whatsapp-messages-on-android-and-iphone7. Apakah penggunaan fitur ini legal di Indonesia? Penggunaan fitur ini di Indonesia masih menjadi perdebatan dan belum ada aturan resmi terkait penggunaannya. Oleh karena itu, penggunaannya harus dilakukan dengan bijak dan tidak menyalahi aturan privasi yang berlaku. Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4419635/tiga-cara-melihat-chat-whatsapp-yang-sudah-dihapus

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu telah mengetahui cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di iPhone dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Namun, sebelum menggunakannya, kamu harus mempertimbangkan keuntungan dan risiko dari fitur ini terlebih dahulu.Jangan terlalu sering menggunakan fitur ini demi menjaga privasi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan fitur ini dan tidak menyalahi aturan privasi yang berlaku.Terakhir, informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya sebagai referensi dan bukan mengikat. Penggunaan fitur ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

Related video of Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus di iPhone

Check Also

Cara Melacak iPhone dengan IMEI

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Judul yang Menarik Apakah Kamu kehilangan iPhone dan tidak …

Theme Settings