Cara Menstabilkan Video di iPhone: Tips dan Trik

*Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024

Mengapa Video yang Stabil Penting?

Video yang stabil sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi kamu yang suka merekam video menggunakan iPhone. Alasannya karena video yang goyang atau bergoyang bisa sangat mengganggu ketika ditonton. Selain itu, video yang stabil juga bisa memberikan kesan lebih profesional pada hasil rekaman. Bagaimana cara menstabilkannya? Berikut penjelasannya.

Pendahuluan

iPhone adalah ponsel pintar yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain memiliki fitur-fitur canggih, iPhone juga terkenal dengan kualitas kamera dan video yang bagus. Namun, meski kualitas kameranya sangat baik, tidak jarang hasil rekaman video masih terlihat belum stabil. Video yang goyang atau bergoyang sangat tidak nyaman untuk ditonton, terutama jika durasinya cukup lama. Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki video yang tidak stabil di iPhone. Berikut penjelasannya.

Kenapa Video di iPhone Tidak Stabil?

Sebelum membahas cara menstabilkan video di iPhone, ada baiknya kamu tahu dulu apa penyebab video di iPhone tidak stabil. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kestabilan video, di antaranya:

No. Penyebab
1 Goyangan tangan saat merekam video
2 Kualitas lensa atau sensor kamera yang buruk
3 Cahaya yang kurang memadai
4 Gerakan objek yang cepat

Cara Menstabilkan Video di iPhone dengan Built-In Stabilizer

Built-in stabilizer adalah program bawaan yang ada di iPhone yang bisa digunakan untuk memperbaiki video yang tidak stabil. Fitur ini cukup mudah digunakan, hanya dengan memilih mode stabilizer saat merekam video. Namun, fitur ini hanya tersedia di iPhone 6 dan yang lebih baru.

Cara Menstabilkan Video di iPhone dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan di iPhone, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menstabilkan video. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, misalnya FilmoraGo, Adobe Premiere Rush, atau VideoProc. Namun, pastikan kamu memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Cara Menstabilkan Video di iPhone dengan Tripod atau Monopod

Jika kamu sering merekam video di tempat yang stabil, kamu bisa menggunakan tripod atau monopod agar hasil video lebih stabil. Tripod atau monopod bisa membantu kamu meminimalisir gerakan tidak terduga yang bisa menyebabkan video tidak stabil.

Cara Menstabilkan Video di iPhone dengan Menggunakan Gimbal

Gimbal adalah alat yang biasa digunakan oleh videografer untuk membuat video lebih stabil dan professional. Gimbal bisa membantu kamu memperbaiki video yang terlihat goyang atau bergoyang dengan sangat baik. Namun, kekurangannya adalah harga gimbal bisa sangat mahal.

Cara Menstabilkan Video di iPhone dengan Edit Video

Jika sudah merekam video tapi masih terlihat tidak stabil, kamu bisa memperbaikinya dengan edit video. Ada banyak software editing video yang bisa kamu gunakan, misalnya Adobe Premiere, Final Cut Pro, atau Davinci Resolve. Dalam proses editing, kamu bisa memperbaiki kestabilan video, pengaturan warna, atau menambahkan musik.

Cara Menstabilkan Video di iPhone dengan Menggunakan Fitur YouTube

Jika kamu ingin memperbaiki video agar lebih stabil tanpa harus menggunakan aplikasi editing, kamu bisa menggunakan fitur YouTube yang bernama “Stabilize”. Fitur ini akan secara otomatis memperbaiki kestabilan video dengan sangat baik. Namun, pastikan kamu memiliki akun YouTube dan internet yang cukup cepat untuk mengunggah video.

Keuntungan dan Risiko Cara Menstabilkan Video di iPhone

Sebelum memutuskan untuk menggunakan cara tertentu untuk menstabilkan video di iPhone, ada baiknya kamu tahu dulu keuntungan dan risikonya. Berikut adalah penjelasannya.

Keuntungan

1. Memperbaiki video yang tidak stabil menjadi lebih nyaman untuk ditonton

2. Menghasilkan video yang lebih profesional dan menarik

3. Meningkatkan peluang video kamu menjadi viral di media sosial

Risiko

1. Biaya yang dikeluarkan bisa sangat mahal, terutama jika kamu menggunakan gimbal

2. Proses stabilisasi video bisa memakan waktu yang cukup lama, terutama jika kamu menggunakan aplikasi editing

3. Risiko gagal dalam proses stabilisasi video

Cara Menstabilkan Video di iPhone – Tanya Jawab

1. Apakah semua cara menstabilkan video di iPhone bisa digunakan di semua model iPhone?

Tidak semua cara menstabilkan video di iPhone bisa digunakan di semua model iPhone. Beberapa cara hanya tersedia di model-model tertentu, misalnya built-in stabilizer yang hanya tersedia di iPhone 6 dan yang lebih baru.

2. Apakah aplikasi pihak ketiga untuk menstabilkan video di iPhone aman digunakan?

Sebagian besar aplikasi pihak ketiga untuk menstabilkan video di iPhone aman digunakan. Namun, ada juga aplikasi yang berbahaya atau virus yang bisa membahayakan ponsel kamu. Pastikan kamu memilih aplikasi yang sudah dipercaya oleh banyak pengguna dan sudah diuji coba.

3. Apakah gimbal bisa digunakan di semua model iPhone?

Tidak semua gimbal bisa digunakan di semua model iPhone. Beberapa gimbal hanya bisa digunakan di model-model tertentu, seperti iPhone 6, 7, dan 8. Pastikan kamu memilih gimbal yang kompatibel dengan model iPhone yang kamu gunakan.

4. Apakah memperbaiki video dengan fitur YouTube bisa menghilangkan watermark di video?

Tidak, memperbaiki video dengan fitur YouTube tidak akan menghilangkan watermark di video. Kamu perlu menggunakan aplikasi editing atau software tertentu untuk menghilangkan watermark di video.

5. Apakah semua aplikasi editing video bisa digunakan di iPhone?

Tidak semua aplikasi editing video bisa digunakan di iPhone. Beberapa aplikasi hanya bisa digunakan di komputer atau laptop. Namun, ada juga aplikasi yang bisa digunakan di iPhone, seperti Adobe Premiere Rush atau iMovie.

6. Apakah ada cara lain selain yang disebutkan di atas untuk menstabilkan video di iPhone?

Ya, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menstabilkan video di iPhone, seperti menggunakan kabel tripod atau perangkat lunak tertentu. Namun, cara-cara ini tidak seefektif cara yang sudah disebutkan di atas.

7. Apakah harus membeli alat tambahan seperti gimbal atau tripod untuk menstabilkan video di iPhone?

Tidak, kamu tidak harus membeli alat tambahan seperti gimbal atau tripod untuk menstabilkan video di iPhone. Kamu bisa menggunakan fitur bawaan iPhone atau aplikasi pihak ketiga untuk memperbaiki video yang tidak stabil. Namun, jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli alat tambahan tersebut.

Kesimpulan

Merekam video yang stabil dapat membuat kamu merasa lebih nyaman saat menontonnya. Ada beberapa cara untuk menstabilkan video di iPhone, seperti menggunakan built-in stabilizer, aplikasi pihak ketiga, tripod, atau gimbal. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan cara tertentu, pastikan kamu sudah mengetahui keuntungan dan risikonya. Kamu juga bisa menambahkan proses edit video untuk hasil yang lebih maksimal. Jika kamu ingin memperbaiki video yang goyang atau bergoyang, kamu bisa mencoba salah satu cara di atas.

Apa yang Harus Dilakukan Sekarang?

Setelah membaca artikel ini, ada baiknya kamu mencoba salah satu cara dari yang sudah dijelaskan di atas agar video yang kamu rekam menjadi lebih stabil dan enak untuk ditonton. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan keuntungan dan risiko sebelum memutuskan cara mana yang akan kamu gunakan.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi saja dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis atau pengganti dari saran medis. Jika kamu memiliki masalah kesehatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan yang berkualitas. Penulis juga tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang mungkin terjadi akibat penggunaan informasi yang ada di artikel ini.

Related video of Cara Menstabilkan Video di iPhone: Tips dan Trik

Check Also

Cara Charge iPhone dalam Keadaan Mati

Cara Charge iPhone dalam Keadaan Mati

*Artikel diperbarui pada 25 Februari 2024 Kamu pernah mengalami situasi dimana iPhone kamu mati dan …

Theme Settings