Cara Menyalin Pesan WA di iPhone

*Artikel diperbarui pada 21 Januari 2024

Tips dan Trik untuk Menyalin Pesan WhatsApp dengan Mudah

Apakah kamu seringkali merasa kesulitan saat ingin menyalin pesan di WhatsApp? Terutama bagi pengguna iPhone, mungkin mereka merasa tidak familiar dengan bagaimana cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone. Nah, jangan khawatir lagi karena dalam artikel ini kami akan membahas cara menyalin pesan WhatsApp dengan mudah di iPhone.

Pendahuluan

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia saat ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga mereka menggunakan internet, tanpa dikenakan biaya.

Di dalam chat di WhatsApp seringkali kita membutuhkan untuk menyalin pesan yang dikirimkan oleh orang lain. Misalnya, ketika kita ingin menjawab pesan yang diterima, kita mungkin perlu untuk menyalin pesan tersebut terlebih dahulu. Namun, bagi pengguna iPhone, menyalin pesan WhatsApp bisa menjadi sedikit membingungkan bila mereka belum terbiasa dengan cara kerjanya.

Nah, dalam artikel ini kami akan membahas cara menyalin pesan WhatsApp dengan mudah di iPhone. Kami akan memberikan penjelasan yang lengkap dan detail, sehingga kamu bisa langsung mencobanya dan tidak lagi merasa kesulitan saat ingin menyalin pesan WA di iPhone. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Cara Menyalin Pesan WhatsApp di iPhone

Sebelum kita membahas cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Pertama, kamu harus memastikan bahwa kamu telah download dan install aplikasi WhatsApp di iPhone kamu. Jika kamu belum melakukannya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di App Store.

Kedua, pastikan bahwa kamu sudah memiliki akses ke pesan yang ingin kamu salin. Misalnya, kamu telah membuka chat dengan teman atau keluarga kamu di WhatsApp, dan ingin menyalin pesan yang mereka kirimkan.

Setelah kamu memastikan kedua hal tersebut, langkah-langkah cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone adalah sebagai berikut:

1. Pilih pesan yang ingin kamu salin

Pertama-tama, kamu harus memilih pesan yang ingin kamu salin. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengetuk pesan tersebut dan menahannya selama beberapa detik sampai muncul menu.

2. Tekan tombol “Copy”

Setelah menu muncul, kamu akan melihat beberapa opsi yang tersedia, seperti “Reply”, “Forward”, “Star”, “Delete”, dan “Copy”. Pilih opsi “Copy” untuk menyalin pesan tersebut ke clipboard iPhone kamu.

3. Buka aplikasi lain dan paste pesan

Setelah kamu menyalin pesan tersebut ke clipboard iPhone kamu, kamu dapat membuka aplikasi lain, misalnya aplikasi “Notes” atau “Messages”, dan menempelkan pesan yang kamu salin di sana dengan mengetuk area teks dan menahan tombol “Paste”.

Itulah cara sederhana untuk menyalin pesan WhatsApp di iPhone. Kamu bisa mencobanya sekarang untuk memastikan bahwa kamu sudah mengerti cara kerjanya.

Keuntungan dan Risiko Cara Menyalin Pesan WA di iPhone

Cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone memiliki beberapa keuntungan dan risiko yang perlu kamu ketahui sebelum mencobanya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Keuntungan:

1. Mudah dan cepat

Dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menyalin pesan WhatsApp dengan mudah dan cepat. Kamu juga bisa menempelkan pesan yang kamu salin ke aplikasi lain dengan mudah.

2. Tidak perlu mengetik ulang

Dengan menyalin pesan WhatsApp, kamu tidak perlu lagi mengetik ulang pesan yang kamu terima. Ini sangat membantu ketika kamu ingin menjawab sebuah pesan dengan kalimat yang hampir sama dengan pesan yang kamu terima.

3. Bisa menyimpan catatan penting

Ketika kamu menerima pesan yang berisi catatan penting, kamu bisa menyalin pesan tersebut dan menempelkannya ke aplikasi “Notes” sebagai catatan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi WhatsApp setiap kali ingin melihat catatan tersebut.

Risiko:

1. Melanggar privasi

Ketika kamu menyalin pesan WhatsApp milik orang lain, kamu mungkin melanggar privasinya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu hanya menyalin pesan yang diperbolehkan oleh pengirimnya.

2. Salah menempelkan pesan

Saat menempelkan pesan yang kamu salin ke aplikasi lain, pastikan bahwa kamu menempelkannya ke tempat yang benar. Salah menempelkan pesan bisa membuatmu kehilangan informasi penting atau bahkan membuatmu mengirimkan pesan yang tidak dimaksudkan ke orang yang salah.

Sub Judul

Cara Menyalin Pesan WhatsApp di iPhone dengan Aplikasi “Shortcuts”

Ada cara lain untuk menyalin pesan WhatsApp di iPhone yang lebih cepat dan praktis. Kamu bisa menggunakan aplikasi “Shortcuts” yang sudah tersedia di iPhone. Cara kerjanya sebagai berikut:

1. Download aplikasi “Shortcuts” dan buka aplikasinya

Jika kamu belum mengunduh aplikasi “Shortcuts”, kamu bisa mengunduhnya di App Store secara gratis. Setelah itu, buka aplikasi tersebut.

2. Buat “Shortcut”

Berikutnya, kamu harus membuat “Shortcut” yang akan membantumu menyalin pesan di WhatsApp. Caranya, ketuk tombol “+” di bagian kanan atas layar dan pilih opsi “Create Shortcut”.

3. Tambahkan “Action”

Setelah itu, kamu harus menambahkan “Action” ke “Shortcut” yang kamu buat. Pilih opsi “Apps” di bagian bawah layar dan cari aplikasi “WhatsApp”. Pilih opsi “Get Details of Messages” dan “Select Messages”.

Ini akan menambahkan “Action” ke “Shortcut” yang kamu buat. “Action” ini akan memungkinkanmu untuk memilih pesan di WhatsApp yang ingin kamu salin.

4. Tambahkan “Action” lagi

Setelah kamu menambahkan “Action” pertama, kamu harus menambahkan “Action” lagi untuk menyalin pesan yang kamu pilih tadi. Pilih opsi “Apps” di bagian bawah layar dan cari aplikasi “Shortcuts”. Pilih opsi “Copy to Clipboard”.

5. Selesai

Setelah kamu menambahkan kedua “Action” tersebut, “Shortcut” yang kamu buat siap digunakan. Kamu bisa menyalin pesan di WhatsApp hanya dengan beberapa kali ketukan di layar iPhone kamu.

Sub Judul

Cara Membuat Shortcut untuk Menyalin Pesan WhatsApp di iPhone

Jika kamu seringkali menyalin pesan di WhatsApp, kamu bisa membuat “Shortcut” sendiri yang memudahkan kamu dalam proses tersebut. Berikut cara membuat “Shortcut” untuk menyalin pesan WhatsApp di iPhone.

1. Buka “Shortcuts” dan buat “Shortcut Baru”

Buka aplikasi “Shortcuts” dan ketuk tombol “+” untuk membuat “Shortcut Baru”.

2. Tambahkan “Action”

Setelah itu, kamu harus menambahkan “Action” untuk menyalin pesan WhatsApp. Caranya, ketuk opsi “Add Action” dan cari opsi “Copy to Clipboard”.

3. Tambahkan “Action” lagi

Setelah kamu menambahkan “Action” pertama, kamu juga harus menambahkan “Action” untuk membuka pesan WhatsApp yang ingin kamu salin. Caranya, ketuk opsi “Add Action” lagi dan cari opsi “Open App”. Pilih aplikasi “WhatsApp”.

4. Tambahkan “Parameter” ke “Action”

Setelah kamu menambahkan “Action” kedua, kamu harus menambahkan “Parameter” untuk membuka pesan WhatsApp yang kamu inginkan. Caranya, tekan opsi “Parameter” di bawah “Action” dan pilih opsi “Text”.

5. Selesai

Setelah kamu menambahkan kedua “Action” dan “Parameter”, “Shortcut” yang kamu buat sudah siap digunakan. Kamu bisa menyalin pesan di WhatsApp dengan lebih mudah dan cepat.

Sub Judul

Cara Menyalin Pesan WhatsApp di iPhone Tanpa Menyalin Semua Chat

Terkadang kamu hanya perlu menyalin satu atau dua pesan di antara banyak pesan yang ada di dalam chat. Jika kamu tidak ingin menyalin semua chat, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

1. Pilih dan tahan pesan yang ingin kamu salin

Pilih pesan yang ingin kamu salin dan tahan selama beberapa detik sampai muncul menu.

2. Pilih opsi “More”

Pilih opsi “More” untuk menampilkan lebih banyak pilihan.

3. Pilih opsi “Share”

Pilih opsi “Share” untuk menampilkan opsi berbagi.

4. Pilih opsi “Copy”

Pilih opsi “Copy” untuk menyalin pesan WhatsApp yang kamu pilih tadi.

5. Buka aplikasi lain dan paste pesan

Buka aplikasi lain dan paste pesan yang telah kamu salin tadi dengan mengetuk area teks dan menahan tombol “Paste”.

Itulah cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone tanpa harus menyalin semua chat. Kamu bisa mencobanya dan melihat bagaimana cara kerjanya.

FAQs – Cara Menyalin Pesan WA di iPhone

1. Apakah bisa menyalin semua chat di WhatsApp?

Jawab: Ya, kamu bisa menyalin semua chat di WhatsApp dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas.

2. Bisakah saya menyalin pesan WhatsApp di iPhone tanpa harus membukanya terlebih dahulu?

Jawab: Tidak, kamu harus membuka pesan WhatsApp terlebih dahulu sebelum bisa menyalin pesannya.

3. Apakah bisa membuat shortcut sendiri untuk menyalin pesan WhatsApp di iPhone?

Jawab: Ya, kamu bisa membuat shortcut sendiri untuk menyalin pesan WhatsApp di iPhone. Caranya sudah kami jelaskan di atas.

4. Apakah cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone sama dengan cara di Android?

Jawab: Tidak, cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone sedikit berbeda dengan cara di Android. Namun, langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas bisa diikuti di kedua platform.

5. Apakah menyalin pesan WhatsApp melanggar privasi?

Jawab: Iya, menyalin pesan WhatsApp milik orang lain bisa melanggar privasinya. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa kamu hanya menyalin pesan yang diperbolehkan oleh pengirimnya.

6. Apakah bisa menyalin pesan WhatsApp tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp?

Jawab: Tidak, kamu harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu sebelum bisa menyalin pesannya.

7. Apakah bisa menyalin gambar atau video di WhatsApp?

Jawab: Ya, kamu bisa menyalin gambar atau video di WhatsApp dengan cara yang sama seperti menyalin pesan teks.

8. Apakah bisa menyalin pesan WhatsApp ke email?

Jawab: Ya, kamu bisa menyalin pesan WhatsApp ke email dengan cara menempelkan pesan yang kamu salin ke email kamu.

9. Apakah bisa menyalin pesan WhatsApp tanpa mengambil semua teks yang ada di dalam chat?

Jawab: Ya, kamu bisa menyalin pesan WhatsApp hanya dengan memilih pesan yang ingin kamu salin.

10. Apakah bisa menyalin pesan WhatsApp menggunakan Siri di iPhone?

Jawab: Ya, kamu bisa menyalin pesan WhatsApp menggunakan Siri di iPhone. Caranya adalah dengan mengaktifkan Siri dan mengatakan “Copy This” ketika pesan yang ingin kamu salin dipilih.

11. Bagaimana cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone dengan cepat?

Jawab: Kamu bisa menggunakan aplikasi “Shortcuts” atau membuat shortcut sendiri untuk menyalin pesan WhatsApp di iPhone dengan cepat.

12. Apakah bisa menyalin pesan WhatsApp di iPhone hanya dengan satu kali ketukan?

Jawab: Tidak, kamu harus memilih pesan yang ingin kamu salin terlebih dahulu sebelum bisa melakukan copy dan paste.

13. Bagaimana cara menyalin pesan WhatsApp di iPhone tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Jawab: Kamu bisa menyalin pesan WhatsApp di iPhone tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya sudah kami jelaskan di atas.

Kesimpulan

Menyalin pesan WhatsApp di iPhone bisa menjadi sedikit membingungkan bagi pengguna iPhone

Related video of Cara Menyalin Pesan WA di iPhone

Check Also

Cara Melacak iPhone dengan IMEI

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Judul yang Menarik Apakah Kamu kehilangan iPhone dan tidak …

Theme Settings