Cara Screenshot di iPhone 8: Tips dan Trik yang Perlu Kamu Tahu

*Artikel diperbarui pada 13 Januari 2024

Pengantar

Siapa yang tidak suka dengan screenshot? Tidak hanya menyenangkan, tetapi juga berguna untuk berbagai keperluan seperti menangkap momen lucu, mengambil screenshot atas TikTok untuk dibagikan ke teman-temanmu, atau bahkan mengambil tangkapan layar untuk keperluan pekerjaan. Bagi pengguna iPhone 8, menangkap screenshot terbilang mudah dan simpel, tetapi ada beberapa tips dan trik yang harus kamu ketahui. Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahui cara-cara menangkap screenshot secara mudah dan cepat.

Keuntungan dari Menangkap Screenshot di iPhone 8

Cara menangkap screenshot di iPhone 8 mudah dan cepat. Kamu hanya perlu menekan tombol-tombol fisik pada iPhone tersebut secara bersamaan untuk mengambil tangkapan layar. Ada beberapa keuntungan dari menangkap screenshot di iPhone 8, yaitu:

1. Mempermudah Berbagai Aktivitas

Menangkap screenshot mempermudah kamu dalam berbagai aktivitas, baik itu untuk keperluan pekerjaan atau hanya untuk hiburan saja. Kamu bisa dengan mudah menangkap tangkapan layar dari video, foto, atau pesan yang ingin kamu bagikan ke orang lain.

2. Berbagi Momen ke Media Sosial

Menangkap screenshot juga memudahkan kamu untuk berbagi momen ke media sosial seperti Instagram, Facebook, ataupun TikTok. Kamu bisa menangkap tangkapan layar dari momen lucu atau gokil untuk dibagikan ke teman-temanmu.

3. Membuat Tutorial atau Instruksi

Screenshot juga bisa digunakan untuk membuat tutorial atau instruksi bagi seseorang yang tidak tahu caranya. Kamu bisa menangkap tangkapan layar dari sesuatu yang ingin kamu jelaskan dan memberikan petunjuk dengan foto-foto yang diambil.

4. Membuat Backup Data Penting

Menangkap screenshot juga bisa digunakan sebagai backup data penting. Kamu bisa menangkap tangkapan layar dari informasi penting seperti nomor telepon, alamat email, atau detail kartu kredit.

5. Membantu Mendiagnosis Masalah

Screenshot bisa membantu dalam mendiagnosis masalah pada perangkatmu. Kamu bisa menangkap tangkapan layar dari masalah yang muncul pada layar, kemudian memperlihatkan pada teknisi agar mereka bisa lebih mudah memperbaikinya.

6. Memperlihatkan Pesan Error

Screenshot juga bisa digunakan untuk memperlihatkan pesan error pada aplikasi atau perangkatmu. Kamu bisa menangkap tangkapan layar dari pesan error tersebut dan memberikannya kepada teknisi untuk membantu mereka memperbaiki masalah tersebut.

7. Menjaga Kenangan

Terakhir, menangkap screenshot juga bisa digunakan untuk menjaga kenangan. Kamu bisa menangkap tangkapan layar dari momen-momen yang ingin kamu ingat untuk dikenang di kemudian hari.

Risiko Cara Screenshot di iPhone 8

Meskipun menangkap screenshot di iPhone 8 terbilang mudah dan cepat, tetapi ada beberapa risiko yang perlu menjadi perhatianmu. Beberapa risiko tersebut adalah:

1. Screenshot Tidak Bekerja

Beberapa pengguna iPhone 8 melaporkan bahwa mereka mengalami kesulitan saat menangkap screenshot. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti perangkat menjadi lambat atau tombol-tombol tidak bekerja dengan baik.

2. Penggunaan Ruang Penyimpanan Lebih Banyak

Menangkap screenshot juga bisa menghabiskan ruang penyimpanan di perangkatmu. Jika kamu sering menangkap tangkapan layar, maka bisa jadi jumlah ruang penyimpanan yang tersedia akan semakin berkurang.

3. Nilai Estetika Gambar Menurun

Menangkap screenshot juga bisa membuat nilai estetika gambar menurun. Ini akan terjadi jika kamu menangkap gambar dengan resolusi yang rendah atau kurang fokus.

4. Privacy Terancam

Terakhir, menangkap screenshot juga bisa mengancam privasimu. Jika kamu menangkap tangkapan layar dari pesan pribadi atau informasi penting, maka bisa jadi orang lain bisa melihatnya jika kamu tidak berhati-hati.

Cara Screenshot di iPhone 8

Berikut adalah beberapa cara menangkap screenshot di iPhone 8 yang perlu kamu ketahui:

1. Tekan Tombol Home dan Power secara Bersamaan

Cara paling umum untuk menangkap screenshot di iPhone 8 adalah dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, kamu akan mendengar suara kamera dan layar akan berkedip singkat.

2. Menggunakan AssistiveTouch

Kamu juga bisa menangkap screenshot menggunakan AssistiveTouch. Kamu hanya perlu menyentuh tombol AssistiveTouch pada layar, kemudian pilih opsi “Screenshot” dari menu yang muncul.

3. Menggunakan Siri

Jika kamu ingin menangkap screenshot tanpa harus menyentuh perangkatmu, kamu bisa menggunakan Siri. Kamu hanya perlu mengucapkan “Hey Siri, take a screenshot” untuk memulai prosesnya.

Tips dan Trik untuk Menangkap Screenshot di iPhone 8

Selain cara-cara di atas, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu ketahui untuk menangkap screenshot di iPhone 8 dengan lebih baik. Beberapa tips dan trik tersebut adalah:

1. Gunakan Mode Burst untuk Gambar yang Lebih Baik

Jika kamu ingin mendapatkan gambar yang lebih baik, kamu bisa menggunakan mode burst. Kamu hanya perlu menekan tombol Power selama beberapa detik, kemudian tombol Volume Up beberapa kali untuk mengambil serangkaian foto.

2. Gunakan Fungsi Markup untuk Menyunting Screenshots

Kamu bisa menggunakan fungsi Markup untuk menyunting screenshot yang kamu ambil. Kamu bisa memotong, menambahkan teks, atau bahkan menggambar diatas gambar yang kamu ambil.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Screenshot Panjang

Jika kamu ingin menangkap screenshot yang panjang, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Tailor atau Stitch It. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menangkap screenshot secara otomatis dan menggabungkannya dengan mudah.

4. Gunakan Menu Share untuk Berbagai Keperluan

Kamu bisa menggunakan menu Share pada iPhone 8 untuk berbagai keperluan seperti mengirim screenshot melalui pesan, email, atau membagikannya ke media sosial.

Tabel Cara Screenshot di iPhone 8

Berikut adalah tabel yang berisi semua informasi lengkap tentang cara screenshot di iPhone 8:

Cara Screenshot di iPhone 8 Keuntungan Risiko
Tekan Tombol Home dan Power secara Bersamaan Mempermudah berbagai aktivitas Screenshot tidak bekerja
Menggunakan AssistiveTouch Berbagi momen ke media sosial Penggunaan ruang penyimpanan lebih banyak
Menggunakan Siri Membuat tutorial atau instruksi Nilai estetika gambar menurun

Cara Screenshot di iPhone 8 – Tanya Jawab

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar cara screenshot di iPhone 8:

1. Apakah cara menangkap screenshot di iPhone 8 sama dengan iPhone lainnya?

Ya, cara menangkap screenshot di iPhone 8 sama dengan iPhone lainnya. Kamu hanya perlu menekan tombol-tombol fisik secara bersamaan selama beberapa detik untuk melakukan screenshot.

2. Bagaimana cara menangkap screenshot panjang di iPhone 8?

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Tailor atau Stitch It untuk menangkap screenshot panjang.

3. Apakah saya bisa menyunting screenshot yang sudah diambil?

Ya, kamu bisa menggunakan fungsi Markup pada iPhone 8 untuk menyunting screenshot yang sudah diambil.

4. Apakah menangkap screenshot menghabiskan baterai?

Tidak, menangkap screenshot tidak menghabiskan baterai secara signifikan.

5. Apakah saya bisa mengirim screenshot melalui pesan atau email?

Ya, kamu bisa menggunakan menu Share pada iPhone 8 untuk mengirim screenshot melalui pesan, email, atau membagikannya ke media sosial.

6. Bagaimana cara mendiagnosis masalah dengan screenshot?

Kamu bisa menangkap screenshot dari masalah yang muncul pada layar, kemudian memperlihatkan pada teknisi agar mereka bisa lebih mudah memperbaikinya.

7. Bisakah saya menjaga privasi dengan menangkap screenshot?

Ya, kamu harus berhati-hati saat menangkap tangkapan layar dari informasi penting atau pesan pribadi agar privasimu tidak terancam.

Kesimpulan

Menangkap screenshot di iPhone 8 terbilang mudah dan cepat, tetapi ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu ketahui. Dalam artikel ini, kamu telah mengetahui cara-cara menangkap screenshot, keuntungan dan risiko yang perlu diwaspadai, tips dan trik untuk menangkap screenshot dengan lebih baik, serta FAQ seputar cara screenshot di iPhone 8. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.

Penutup atau Disclaimer

Artikel ini ditulis untuk keperluan informatif semata. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau masalah yang timbul dari penggunaan informasi yang terdapat di dalam artikel ini. Semua informasi bersumber dari internet dan pengalaman pribadi penulis.

Related video of Cara Screenshot di iPhone 8: Tips dan Trik yang Perlu Kamu Tahu

Check Also

Cara Menstabilkan Video di iPhone: Tips dan Trik

*Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024 Mengapa Video yang Stabil Penting? Video yang stabil sangat …

Theme Settings