Cara Mengaktifkan NFC di iPhone 11: Lebih Mudah, Cepat, dan Aman

*Artikel diperbarui pada 5 Desember 2023

Perkenalan

Kamu pasti ingin menggunakan iPhone 11-mu dengan fitur NFC yang dapat membuat kamu lebih mudah dalam melakukan transaksi, mengecek saldo, bahkan membuka pintu dengan hanya menggunakan smartphone-mu. Namun sayangnya, banyak dari pengguna iPhone 11 yang masih bingung bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut.

Di dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan panduan lengkap dan akurat tentang cara mengaktifkan NFC di iPhone 11 agar kamu dapat lebih mudah dan cepat menggunakan fitur ini. Serta, hal-hal yang perlu diperhatikan agar fitur NFC tetap aman saat digunakan.

Jadi, ikuti panduan kami dan nikmati semua keuntungan dari fitur NFC di iPhone 11-mu!

Pendahuluan

NFC (Near Field Communication) merupakan teknologi yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi dan pertukaran data antara smartphone dan perangkat lain seperti mesin EDC, kartu pintar, atau NFC reader dengan hanya menggunakan jarak pendek. Seiring dengan perkembangannya, NFC telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembayaran digital, membuka pintu, atau bahkan mengakses lokasi secara online.

Sayangnya, meskipun banyak smartphone yang sudah mendukung teknologi NFC, banyak yang mengalami kesulitan saat mengaktifkan fitur tersebut. Termasuk bagi pengguna iPhone 11. Berbeda dengan Android yang umumnya sudah menyediakan opsi NFC dan dapat diaktifkan secara langsung, di iPhone 11 kamu perlu melakukan beberapa langkah untuk mengaktifkannya.

Namun jangan khawatir, di dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap dan akurat tentang cara mengaktifkan fitur NFC di iPhone 11-mu.

Keuntungan dan Risiko Mengaktifkan NFC di iPhone 11

Keuntungan

1. Transaksi lebih mudah dan cepat

Dengan mengaktifkan fitur NFC di iPhone 11-mu, kamu dapat melakukan transaksi pembayaran digital dengan lebih mudah dan cepat. Kamu tidak perlu lagi menggunakan kartu fisik atau membayar tunai, cukup dengan menggunakan smartphone-mu saja.

2. Tidak perlu memasukkan PIN atau Tanda Tangan

Dalam melakukan transaksi menggunakan NFC, kamu tidak perlu memasukkan PIN atau tanda tangan seperti halnya dalam transaksi menggunakan kartu kredit atau debit. Sehingga kamu dapat melakukan transaksi dengan lebih cepat dan praktis.

3. Bisa digunakan dengan banyak perangkat

NFC dapat digunakan untuk melakukan pertukaran data seperti menyimpan kontak, situs web, atau informasi lainnya dengan menggunakan perangkat lain yang juga mendukung teknologi NFC. Dengan demikian, kamu dapat menghemat waktu dalam melakukan pengiriman data.

4. Bisa digunakan untuk membuka pintu atau akses lokasi

Bukan hanya pembayaran digital, NFC juga dapat digunakan untuk membuka pintu atau akses lokasi tertentu. Misalnya, kamu dapat membuka pintu rumah atau kantor menggunakan smartphone-mu yang sudah diaktifkan fitur NFC.

Risiko

1. Potensi kebocoran data

Sebagai teknologi yang berbasis wireless, NFC memiliki potensi untuk mengalami kebocoran data seperti halnya teknologi nirkabel lainnya. Oleh karena itu, pastikan situasi dan kondisi saat menggunakan fitur NFC kamu aman dan terjamin.

2. Kekurangan Keamanan

Walau begitu, NFC tetap memiliki kekurangan keamanan seperti halnya teknologi wireless lainnya. Ada potensi untuk terjadinya serangan terhadap perangkat kamu atau bahkan kehilangan informasi yang penting.

3. Keterbatasan Beberapa Transaksi

Saat ini, NFC masih memiliki keterbatasan dalam beberapa transaksi seperti pembelian tiket transportasi umum atau belanja di beberapa toko. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, NFC terus meningkatkan kinerjanya dan semakin banyak digunakan.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone 11

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu “Pengaturan” di iPhone 11-mu. Kemudian, pilih opsi “Kontrol Pusat” pada menu Pengaturan.

Langkah Kedua

Setelah masuk ke menu “Kontrol Pusat”, pilih opsi “Tombol Kontrol” yang terdapat pada bagian atas halaman tersebut.

Langkah Ketiga

Kemudian, cari opsi “NFC” dan ketuk tombol sampingnya untuk mengaktifkan fitur NFC di iPhone 11-mu.

Langkah Keempat

Setelah menjalankan tiga langkah di atas, maka kamu sudah sukses mengaktifkan fitur NFC di iPhone 11-mu. Jangan lupa untuk mengetes fitur tersebut dengan mencoba melakukan transaksi pembayaran digital atau pertukaran data dengan menggunakan fitur NFC.

Cara Menggunakan NFC di iPhone 11

Langkah Pertama

Untuk menggunakan fitur NFC di iPhone 11-mu, kamu terlebih dahulu harus memastikan bahwa fitur tersebut sudah aktif. Setelah itu, bawa smartphone-mu dekat dengan mesin EDC, kartu pintar, atau NFC reader yang terdapat pada lokasi terkait.

Langkah Kedua

Setelah smartphone-mu terhubung dengan perangkat tersebut, maka akan muncul notifikasi di layar iPhone 11-mu. Kemudian, ikuti instruksi yang terdapat pada notifikasi tersebut.

Langkah Ketiga

Setelah kamu menyelesaikan instruksi, maka transaksi atau pertukaran data yang kamu inginkan akan segera berhasil. Kamu pun bisa melakukan transaksi pembayaran digital atau pembukaan pintu menggunakan fitur NFC di iPhone 11-mu.

Cara Mengamankan NFC di iPhone 11

Gunakan Sandi atau Sidik Jari

Untuk memastikan keamanan data yang terhubung melalui NFC, pastikan kamu menggunakan sandi atau sidik jari ketika membuka ponsel mu.

Gunakan Aplikasi Keamanan NFC

Ada beberapa aplikasi keamanan NFC yang dapat menjamin keamanan data-mu ketika melakukan pertukaran data atau transaksi menggunakan fitur NFC. Pastikan kamu telah memasang aplikasi tersebut di iPhone 11-mu.

Pastikan NFC yang Aktif Hanya Saat Diperlukan

Kamu dapat mematikan fitur NFC ketika sedang tidak digunakan untuk memastikan keamanannya.

Cara Mematikan NFC di iPhone 11

Langkah Pertama

Untuk mematikan NFC di iPhone 11-mu, masuk ke menu “Pengaturan” dan klik opsi “Kontrol Pusat”.

Langkah Kedua

Kemudian, pilih opsi “Tombol Kontrol” dan cari opsi “NFC”.

Langkah Ketiga

Ketuk tombol samping di opsi “NFC” untuk mematikan fitur tersebut.

FAQ – Cara Mengaktifkan NFC di iPhone 11 – Tanya Jawab

Apa itu NFC?

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi wireless yang memungkinkan kamu untuk melakukan pertukaran data atau transaksi menggunakan jarak pendek.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur NFC di iPhone 11?

Masuk ke menu “Pengaturan”, pilih opsi “Kontrol Pusat”, kemudian pilih opsi “Tombol Kontrol” dan cari opsi “NFC”. Akhirnya, ketuk tombol samping di opsi “NFC” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Apakah penggunaan fitur NFC di iPhone 11 aman?

Sebagai teknologi wireless, NFC tetap memiliki risiko keamanan seperti potensi kebocoran data atau serangan terhadap perangkat kamu.

Bisakah fitur NFC digunakan untuk membuka pintu atau akses lokasi?

Ya, kamu dapat membuka pintu rumah atau kantor menggunakan fitur NFC di iPhone 11-mu.

Apakah NFC tetap dapat digunakan jika smartphone dalam keadaan mati?

Tidak, untuk menggunakan fitur NFC di iPhone 11-mu, smartphone-mu harus dalam keadaan aktif, dan NFC harus diaktifkan.

Berapa jarak jangkauan antara smartphone dan perangkat yang terhubung lewat NFC?

Umumnya, jarak jangkauan antara smartphone dan perangkat yang terhubung melalui NFC tidak lebih dari 10 cm.

Bisakah fitur NFC digunakan untuk melakukan pembelian tiket transportasi umum?

Beberapa transportasi umum memang sudah memfasilitasi pembelian tiket melalui fitur NFC, namun belum semua transportasi umum sudah mendukung penggunaan fitur ini.

Bagaimana cara mematikan fitur NFC di iPhone 11?

Masuk ke menu “Pengaturan”, pilih opsi “Kontrol Pusat”, kemudian pilih opsi “Tombol Kontrol” dan cari opsi “NFC”. Akhirnya, ketuk tombol samping di opsi “NFC” untuk mematikan fitur tersebut.

Kesimpulan

Setelah mengikuti panduan lengkap dan akurat mengenai cara mengaktifkan NFC di iPhone 11, kamu bisa menikmati semua keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh fitur tersebut. Namun, pastikan kamu juga mengamankan NFC-mu dengan menggunakan aplikasi keamanan, sandi atau sidik jari, dan mematikan fitur tersebut saat tidak digunakan.

Penutup

Jangan lupa untuk selalu melakukan transaksi dan akses ke perangkat lain dengan aman dan bertanggung jawab. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi yang berguna bagi kamu dalam menggunakan fitur NFC di iPhone 11-mu. Sumber : https://support.apple.com/id-id/HT211215

Related video of Cara Mengaktifkan NFC di iPhone 11: Lebih Mudah, Cepat, dan Aman

Check Also

Cara Menstabilkan Video di iPhone: Tips dan Trik

*Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024 Mengapa Video yang Stabil Penting? Video yang stabil sangat …

Theme Settings