Cara Mematikan Mode Hening di iPhone

*Artikel diperbarui pada 2 Desember 2023

Pengantar

Kamu mungkin pernah mengalami situasi di mana mode hening pada iPhone kamu tidak bisa dimatikan, atau muncul dengan sendirinya tanpa permintaan. Hal ini bisa sangat menjengkelkan terutama ketika kamu membutuhkan suara notifikasi atau panggilan. Namun, jangan khawatir karena di artikel ini, kami akan memberikan cara-cara untuk mematikan mode hening pada iPhone kamu.Pertama-tama, apa itu mode hening? Secara umum, mode hening adalah fitur pada iPhone yang mematikan semua suara notifikasi dan panggilan telepon, serta mengurangi volume suara saat memutar musik dan video. Mode ini biasanya digunakan ketika kamu berada di lokasi yang memerlukan ketenangan seperti tempat ibadah atau bioskop, atau ketika kamu ingin tidur tanpa terganggu oleh suara notifikasi. Namun, kadang-kadang mode hening bisa mengganggu karena sulit untuk dimatikan atau mematikan sendiri secara otomatis.

Cara Mematikan Mode Hening di iPhone

Berikut adalah beberapa cara untuk mematikan mode hening pada iPhone kamu:

1. Gunakan Tombol Samping

Cara pertama untuk mematikan mode hening adalah dengan menggunakan tombol samping pada iPhone kamu. Tekan tombol samping di sebelah kanan perangkat secara terus-menerus hingga muncul tampilan slider “Slide to Power Off”. Setelah itu, geser slider tersebut untuk mematikan iPhone kamu. Setelah iPhone kamu mati, tekann tombol samping lagi untuk menyalakan iPhone kembali. Mode hening akan dimatikan secara otomatis ketika iPhone kamu menyala kembali.

2. Matikan Mode Hening Melalui Pengaturan

Cara kedua untuk mematikan mode hening adalah dengan menggunakan pengaturan pada iPhone kamu. Buka aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Suara & Haptik”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Mode Hening”. Geser opsi ini ke posisi “Matikan” untuk mematikan mode hening.

3. Aktifkan Mode Suara

Cara ketiga untuk mematikan mode hening adalah dengan mengaktifkan mode suara pada iPhone kamu. Tekan tombol samping di sebelah kiri perangkat untuk mengaktifkan mode suara. Setelah itu, kunjungi aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Suara & Haptik”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Mode Hening”. Geser opsi ini ke posisi “Matikan” untuk mematikan mode hening.

4. Aktifkan Mode Diam

Cara keempat untuk mematikan mode hening adalah dengan mengaktifkan mode diam pada iPhone kamu. Tekan tombol samping di sebelah kiri perangkat secara terus-menerus. Setelah itu, kamu akan melihat opsi “Mode Diam” pada layar iPhone kamu. Tekan opsi ini untuk mengaktifkan mode diam dan mematikan mode hening.

5. Aktifkan Siri

Cara kelima untuk mematikan mode hening adalah dengan mengaktifkan Siri pada iPhone kamu. Tekan tombol samping di sebelah kiri perangkat secara terus-menerus hingga Siri muncul. Kemudian, minta Siri untuk mematikan mode hening dengan mengatakan “Matikan Mode Hening”. Siri akan mematikan mode hening secara otomatis.

6. Lakukan Restart pada iPhone

Cara keenam untuk mematikan mode hening adalah dengan melakukan restart pada iPhone kamu. Tekan dan tahan tombol samping dan tombol volume up atau down secara bersamaan hingga muncul tampilan “Slide to Power Off”. Geser slider tersebut untuk mematikan iPhone kamu. Setelah iPhone kamu mati, tekan tombol samping lagi untuk menyalakan iPhone kembali. Mode hening akan dimatikan secara otomatis ketika iPhone kamu menyala kembali.

7. Lakukan Pembaruan Sistem Operasi

Cara ketujuh untuk mematikan mode hening adalah dengan melakukan pembaruan sistem operasi pada iPhone kamu. Kadang-kadang, masalah pada mode hening bisa terjadi karena perangkat kamu belum melakukan pembaruan sistem operasi terbaru. Untuk melakukan pembaruan, buka aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Umum”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak”. Cek apakah ada pembaruan yang tersedia dan lakukan proses pembaruan jika ada.

Keuntungan dan Risiko Cara Mematikan Mode Hening di iPhone

Cara mematikan mode hening pada iPhone kamu bisa memberikan beberapa keuntungan, seperti:

1. Menghilangkan Gangguan Suara

Dengan mematikan mode hening, kamu bisa menghilangkan gangguan suara notifikasi atau panggilan telepon yang muncul secara tiba-tiba. Hal ini bisa sangat membantu jika kamu membutuhkan ketenangan atau sedang tidak ingin terganggu oleh suara apapun.

2. Mengaktifkan Suara Notifikasi

Dengan mematikan mode hening, kamu bisa mengaktifkan suara notifikasi yang muncul ketika ada pesan atau panggilan masuk. Hal ini bisa membantu kamu untuk tidak melewatkan pesan penting atau panggilan penting.

3. Meningkatkan Produktivitas

Dengan mematikan mode hening, kamu bisa meningkatkan produktivitas karena tidak akan terganggu oleh suara notifikasi atau panggilan telepon yang membuat kamu kehilangan fokus. Kamu bisa fokus pada tugas yang sedang kamu kerjakan tanpa terganggu oleh suara-suara dari iPhone kamu.Namun, di sisi lain, mematikan mode hening juga bisa membawa beberapa risiko, seperti:

1. Melewatkan Pesan atau Panggilan Penting

Dengan mematikan mode hening, kamu bisa melewatkan pesan atau panggilan penting dari keluarga atau teman. Ini bisa menjadi masalah jika pesan atau panggilan tersebut sangat penting dan memerlukan respon segera.

2. Mengganggu Orang Lain

Jika kamu berada di situasi di mana kamu harus mengurangi suara iPhone kamu, mematikan mode hening bisa membuat kamu tetap mengganggu orang lain. Bahkan suara ringtone yang lemah pun dapat mengganggu ketenangan orang lain. Oleh karena itu, pastikan untuk mengurangi volume suara iPhone kamu sesuai dengan situasi.

3. Membuang Baterai Lebih Cepat

Jika kamu sering mematikan dan mengaktifkan mode hening pada iPhone kamu, hal ini bisa membuat baterai kamu cepat habis. Karena baterai iPhone memiliki umur terbatas, kamu harus memperhatikan penggunaannya agar baterai tidak cepat rusak.

Tabel Cara Mematikan Mode Hening di iPhone

Berikut adalah tabel yang berisi semua informasi tentang cara mematikan mode hening pada iPhone kamu:

Cara Keterangan
1. Gunakan Tombol Samping Tekan tombol samping di sebelah kanan perangkat secara terus-menerus hingga muncul tampilan slider “Slide to Power Off”. Geser slider tersebut untuk mematikan iPhone kamu. Setelah iPhone kamu mati, tekann tombol samping lagi untuk menyalakan iPhone kembali. Mode hening akan dimatikan secara otomatis ketika iPhone kamu menyala kembali.
2. Matikan Mode Hening Melalui Pengaturan Buka aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Suara & Haptik”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Mode Hening”. Geser opsi ini ke posisi “Matikan” untuk mematikan mode hening.
3. Aktifkan Mode Suara Tekan tombol samping di sebelah kiri perangkat untuk mengaktifkan mode suara. Setelah itu, kunjungi aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Suara & Haptik”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Mode Hening”. Geser opsi ini ke posisi “Matikan” untuk mematikan mode hening.
4. Aktifkan Mode Diam Tekan tombol samping di sebelah kiri perangkat secara terus-menerus. Setelah itu, kamu akan melihat opsi “Mode Diam” pada layar iPhone kamu. Tekan opsi ini untuk mengaktifkan mode diam dan mematikan mode hening.
5. Aktifkan Siri Tekan tombol samping di sebelah kiri perangkat secara terus-menerus hingga Siri muncul. Kemudian, minta Siri untuk mematikan mode hening dengan mengatakan “Matikan Mode Hening”. Siri akan mematikan mode hening secara otomatis.
6. Lakukan Restart pada iPhone Tekan dan tahan tombol samping dan tombol volume up atau down secara bersamaan hingga muncul tampilan “Slide to Power Off”. Geser slider tersebut untuk mematikan iPhone kamu. Setelah iPhone kamu mati, tekan tombol samping lagi untuk menyalakan iPhone kembali. Mode hening akan dimatikan secara otomatis ketika iPhone kamu menyala kembali.
7. Lakukan Pembaruan Sistem Operasi Buka aplikasi “Pengaturan” dan pilih opsi “Umum”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak”. Cek apakah ada pembaruan yang tersedia dan lakukan proses pembaruan jika ada.

Cara Mematikan Mode Hening di iPhone – Tanya Jawab

1. Apa itu mode hening pada iPhone?

Secara umum, mode hening adalah fitur pada iPhone yang mematikan semua suara notifikasi dan panggilan telepon, serta mengurangi volume suara saat memutar musik dan video.

2. Bagaimana cara mematikan mode hening pada iPhone?

Kamu bisa mematikan mode hening pada iPhone dengan menggunakan tombol samping, pengaturan, mode suara, mode diam, Siri, restart pada iPhone, atau melakukan pembaruan sistem operasi.

3. Apa keuntungan mematikan mode hening pada iPhone?

Keuntungan mematikan mode hening adalah menghilangkan gangguan suara, mengaktifkan suara notifikasi, dan meningkatkan produktivitas.

4. Apa risiko mematikan mode hening pada iPhone?

Risiko mematikan mode hening adalah melewatkan pesan atau panggilan penting, mengganggu orang lain, dan membuang baterai lebih cepat.

5. Bagaimana cara memperbarui sistem operasi pada iPhone?

Kamu bisa memperbarui sistem operasi pada iPhone dengan membuka aplikasi “Pengaturan” dan memilih opsi “Umum”. Di sana kamu akan menemukan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak”. Cek apakah ada pembaruan yang tersedia dan lakukan proses pembaruan jika ada.

6. Apakah ada cara lain untuk mematikan mode hening pada iPhone?

Tidak, cara-cara yang telah disebutkan adalah cara-cara resmi dari Apple untuk mematikan mode hening pada iPhone.

7. Apakah saya bisa mengaktifkan mode hening pada aplikasi tertentu?

Tidak, mode hening adalah fitur yang diterapkan untuk seluruh perangkat, tidak dapat diatur pada aplikasi tertentu.

8. Apa yang harus saya lakukan jika mode hening tidak bisa dimatikan pada iPhone saya?

Jika mode hening tidak bisa dimatikan, coba lakukan restart pada iPhone kamu atau perbarui sistem operasi. Jika masalah tetap berlanjut, hubungi layanan pelanggan Apple.

9. Apakah mode hening sama dengan mode diam pada iPhone?

Tidak, meskipun keduanya memiliki fungsi serupa yaitu mengurangi volume suara, mode diam pada iPhone mematikan semua suara, termasuk suara musik dan video.

10. Apa yang harus saya lakukan jika mode hening muncul secara otomatis pada iPhone saya?

Coba periksa pengaturan yang kamu gunakan dan pastikan mode hening tidak diatur untuk aktif secara otomatis pada waktu-waktu tertentu. Jika masalah tetap berlanjut, lakukan restart pada iPhone kamu atau hubungi layanan pelanggan Apple.

11. Apa yang harus saya lakukan jika mode hening tidak bekerja pada iPhone saya?

Jika mode hening tidak bekerja pada iPhone kamu, periksa pengaturan dan pastikan fitur ini diaktifkan. Jika masih tidak bekerja, lakukan restart pada iPhone kamu atau hubungi layanan pelanggan Apple.

12. Apakah mode hening juga mematikan suara alarm pada iPhone?

Tidak, mode hening tidak mematikan suara alarm pada iPhone.

13. Apakah mode hening juga tersedia pada iPad dan iPod?

Ya, mode hening juga tersedia pada iPad dan iPod.

Kesimpulan

Related video of Cara Mematikan Mode Hening di iPhone

Check Also

Cara Menstabilkan Video di iPhone: Tips dan Trik

*Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024 Mengapa Video yang Stabil Penting? Video yang stabil sangat …

Theme Settings