Cara Menghapus Move Table Column Ms. Word
Cara Menghapus Move Table Column Ms. Word

Cara Menghapus Move Table Column Ms. Word

*Artikel diperbarui pada 8 Februari 2024

Move table column merupakan salah satu fitur yang berguna pada Microsoft Word, namun saat kita ingin menghapusnya, justru menjadi masalah tersendiri. Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang cara menghapus move table column secara lengkap.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menghapus move table column, ada baiknya untuk mengetahui apa itu move table column. Move table column adalah salah satu fitur pada Microsoft Word yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan kolom tabel ke arah kanan atau kiri.

Tampilan tabel yang lebih rapi dan mudah dibaca dapat menjadi alasan untuk menggunakan fitur ini.Namun, ketika kita ingin menghapus salah satu kolom tabel yang sudah menggunakan fitur move table column, justru menjadi masalah tersendiri.

Cara Menghapus Move Table Column

Tidak sedikit orang yang kesulitan menghapus kolom tabel tersebut, terutama bagi mereka yang baru belajar menggunakan Microsoft Word. Namun, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus move table column, sehingga kamu tidak perlu lagi mengalami kesulitan ketika mengedit tabel pada Microsoft Word.

1. Menggunakan Metode Cut and Paste

Metode pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghapus move table column adalah dengan menggunakan metode cut and paste.

  • Langkah pertama adalah memilih seluruh isi tabel yang ingin dihapus, mulai dari elemen pada kolom dan baris yang akan dihapus.
  • Kemudian, tekan tombol “Ctrl + X” pada keyboard atau klik kanan pada mouse lalu pilih “cut”.
  • Selanjutnya, cukup klik pada kolom tabel yang ingin dihapus dan tekan tombol “Ctrl + V” pada keyboard atau klik kanan pada mouse lalu pilih “paste”.
  • Kolom tabel yang sudah dihapus akan terlihat kosong tanpa adanya garis batas seperti sebelumnya.

2. Menggunakan Fitur Delete Columns

Metode kedua adalah dengan memanfaatkan fitur delete columns.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik kanan pada kolom tersebut dan pilih “delete columns”.
  • Kolom tabel yang sudah dihapus akan terlihat kosong tanpa adanya garis batas seperti sebelumnya.
  • Jika terdapat baris atau elemen pada kolom yang ingin dihapus, maka kamu bisa menggunakan fitur cut and paste seperti pada metode sebelumnya.

3. Menggunakan Fitur Undelete

Metode ketiga adalah dengan memanfaatkan fitur undelete. Langkah pertama adalah memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik pada “Edit” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word. Kemudian, pilih “undelete column” pada menu drop-down.Kolom tabel yang sudah dihapus akan kembali seperti semula, lengkap dengan garis batas dan elemen yang terdapat pada kolom tersebut.

4. Menggunakan Fitur Unmerge Cells

Metode keempat adalah dengan memanfaatkan fitur unmerge cells. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik pada “Layout” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word.Kemudian, pilih “unmerge cells” pada menu drop-down. Kolom tabel yang sudah dihapus akan terlihat kosong tanpa adanya garis batas seperti sebelumnya. Jika terdapat baris atau elemen pada kolom yang ingin dihapus, maka kamu bisa menggunakan fitur cut and paste seperti pada metode sebelumnya.

5. Menggunakan Fitur Convert to Text

Metode kelima adalah dengan memanfaatkan fitur convert to text. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik pada “Layout” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word.Kemudian, pilih “convert to text” pada menu drop-down. Kolom tabel yang sudah dihapus akan terlihat kosong tanpa adanya garis batas seperti sebelumnya. Jika terdapat baris atau elemen pada kolom yang ingin dihapus, maka kamu bisa menggunakan fitur cut and paste seperti pada metode sebelumnya.

6. Menggunakan Fitur Clear

Metode keenam adalah dengan memanfaatkan fitur clear. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik pada “Edit” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word.Kemudian, pilih “clear” pada menu drop-down. Kolom tabel yang sudah dihapus akan terlihat kosong tanpa adanya garis batas seperti sebelumnya.

7. Menggunakan Fitur Table Properties

Metode ketujuh dan terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur table properties. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih kolom yang ingin dihapus, kemudian klik pada “Layout” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word.Kemudian, pilih “table properties” pada menu drop-down. Pada bagian “Row” dan “Column”, ubah angka pada kolom yang ingin dihapus menjadi 0. Kolom tabel yang sudah dihapus akan terlihat kosong tanpa adanya garis batas seperti sebelumnya.

Keuntungan dan Risiko Cara Menghapus Move Table Column

Cara menghapus move table column memiliki keuntungan dan risiko yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasan dari keuntungan dan risiko cara menghapus move table column.

Keuntungan Cara Menghapus Move Table Column

1. Memudahkan dalam pengeditan tabel. Dengan menghapus move table column, kamu akan lebih mudah dalam melakukan perubahan pada tabel.

2. Meningkatkan efisiensi waktu. Dengan cara menghapus move table column, kamu akan menghemat waktu dalam melakukan perubahan pada tabel.

3. Meningkatkan keterbacaan tabel. Dalam beberapa kasus, menggunakan move table column malah membuat tampilan tabel menjadi lebih rumit dan sulit dibaca. Dengan cara menghapusnya, kamu akan membuat tampilan tabel lebih sederhana dan mudah dipahami.

Risiko Cara Menghapus Move Table Column

1. Kemungkinan kehilangan data. Jika kamu tidak berhati-hati, cara menghapus move table column dapat mengakibatkan kehilangan data yang terdapat pada tabel.

2. Perubahan yang tidak diinginkan. Jika kamu tidak tahu cara menghapus move table column dengan benar, maka akan ada kemungkinan perubahan pada tabel yang tidak diinginkan.

3. Mengganggu tampilan tabel yang lebih kompleks. Jika tabel yang sedang kamu edit menggunakan tampilan yang kompleks, maka menghapus move table column dapat mengganggu tampilan tabel tersebut.

Tabel Panduan Cara Menghapus Move Table Column

No. Cara Menghapus Move Table Column Keterangan
1 Menggunakan Metode Cut and Paste Cukup menggunakan tombol “Ctrl + X” pada keyboard atau klik kanan pada mouse lalu pilih “cut”. Kemudian, tekan tombol “Ctrl + V” pada keyboard atau klik kanan pada mouse lalu pilih “paste”.
2 Menggunakan Fitur Delete Columns Klik kanan pada kolom yang ingin dihapus dan pilih “delete columns”.
3 Menggunakan Fitur Undelete Pilih “Edit” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word. Kemudian, pilih “undelete column” pada menu drop-down.
4 Menggunakan Fitur Unmerge Cells Pilih “Layout” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word. Kemudian, pilih “unmerge cells” pada menu drop-down.
5 Menggunakan Fitur Convert to Text Pilih “Layout” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word. Kemudian, pilih “convert to text” pada menu drop-down.
6 Menggunakan Fitur Clear Pilih “Edit” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word. Kemudian, pilih “clear” pada menu drop-down.
7 Menggunakan Fitur Table Properties Pilih “Layout” pada menu bar di atas dokumen Microsoft Word. Kemudian, pilih “table properties” pada menu drop-down. Pada bagian “Row” dan “Column”, ubah angka pada kolom yang ingin dihapus menjadi 0.

Cara Menghapus Move Table Column – Tanya Jawab

1. Apa itu move table column?

Move table column adalah salah satu fitur pada Microsoft Word yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan kolom tabel ke arah kanan atau kiri.

2. Mengapa saya harus menghapus move table column?

Menghapus move table column dapat memudahkan dalam pengeditan tabel, meningkatkan efisiensi waktu, dan meningkatkan keterbacaan tabel.

3. Bagaimana cara menghapus move table column?

Ada beberapa cara untuk menghapus move table column, antara lain menggunakan metode cut and paste, fitur delete columns, fitur undelete, fitur unmerge cells, fitur convert to text, fitur clear, dan fitur table properties.

4. Apa risiko dari cara menghapus move table column?

Risiko dari cara menghapus move table column antara lain kemungkinan kehilangan data, perubahan yang tidak diinginkan, dan mengganggu tampilan tabel yang lebih kompleks.

5. Apa yang harus dilakukan jika saya kehilangan data?

Jika kamu kehilangan data pada tabel, maka kamu dapat menggunakan fitur undo pada Microsoft Word untuk mengembalikan keadaan tabel seperti semula.

6. Apakah saya bisa mengembalikan move table column yang sudah dihapus?

Ya, kamu dapat mengembalikan move table column yang sudah dihapus dengan memanfaatkan fitur undo pada Microsoft Word.

7. Apa tips untuk menghindari kehilangan data saat menghapus move table column?

Untuk menghindari kehilangan data, pastikan untuk menyimpan dokumen Microsoft Word secara berkala dan hati-hati saat menghapus move table column.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu sekarang sudah mengetahui cara menghapus move table column dengan benar. Selain itu, kamu juga telah mengetahui keuntungan dan risiko yang terkait dengan cara menghapus move table column. Pastikan untuk berhati-hati dan memilih cara yang tepat untuk menghapus move table column agar tabel yang kamu edit dapat terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi dan tidak dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan. Penulis tidak bertanggungjawab atas segala tindakan yang diambil berdasarkan artikel ini.

Check Also

Ringkasan Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan PPT

*Artikel diperbarui pada 16 Februari 2024 Cara Mudah dan Cara Lengkap untuk Mengerti Peraturan Perpajakan …

Theme Settings