Makam Syekh Khatib Muwahid Panyalahan, Pamijahan Tasikmalaya

Makam Syekh Khatib Muwahid Panyalahan

Assalamualaikum…

Ragam.id membagikan informasi mengenai objek wisata religi Makam Syekh Khatib Muwahid Panyalahan, Pamijahan Tasikmalaya. Tempat wisata keagamaan yang satu ini belum terlalu banyak beredar informasinya di media sosial. Maka dari itu, simak pembahasan berikut sampai habis.

Situs makam ini berjarak sekitar 1890 m dari Terminal Pamijahan, belok ke arah kiri pada saat persimpangan arah ke Pandawa dengan arah ke Panyalahan dengan melewati jalan yang berbukit dan berkelok dan 650 m dari Goa Saparwadi menuju Makam Syekh Khotib Muwhid.

Alamat Makam Syekh Khotib Muwahid terletak di Dusun Panyalahan, Rt/Rw: 20/03, Desa Pamijahan, Kecamayan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Sejarah Syekh Khatib Muwahid Panyalahan

Syekh Khaitb Muwahid berasal dari kerajaan Demak, beliau merupakan kaka ipar dari Syekh KH. Abdul Muhyi atas pernikahannya dengan Nyi Kudrat yang merupakan kaka kandung Syekh KH. Abdul Muhyi. 

Setelah Syekh KH. Abdul Muhyi meninggal, beliau melanjutkan perjuangannya menyebarkan agama islam di tanah jawa khususnya bagian selatan, bersama santri-santrinya dan santri Syekh KH. Abdul Muhyi. 

Biasanya peziarah yang selesai melakukan perjalanan spiritual ke Goa Saparwadi akan akan langsung berziarah ke makam ini, karena jarak yang hanya 650 m dari Goa Saparwadi menuju Makam Syekh Khatib Muwhid, maka akan lebih dekat dan akan lebih cepat sampai.

Akses jalan sebelum menuju ke makam Syekh Katid Muwahuid sudah mengalami perbaikan dibandingkan sebelumnya, disetiap pinggir jalannya dipenuhi para pedagang yang menjual hasil kerajinan, pakaian dan makanan khas pamijahan. 

Kuncen Makam Syekh Khotib Muwahid Panyalahan

Kuncen Makam Syekh Khotib Muwahid Panyalahan

Bapak KH. Endang Subandar, merupakan sesepuh dari Makam Syekh Khotib Muwahid. Usia beliau 72 tahun, istri beliau bernama Hj. Soibiatun. Beliau di karuniai 4 orang anak yaitu Rustopo, Ai Syarifah (alm), Yusnin Isnaeni dan Lia. Pekerjaan sampingan beliau selain menjadi kuncen di makam tersebut adalah sebagai petani.

Jalan ke Makam Syekh Khatib Muwahid

Jalan menuju makam Syekh Khatib Muwahid juga berda diantara tengah-tengah hamparan persawahan, dengan lebar jalan sekitar 1,5 Meter. Kondisi lantai jalan menuju ke makam sudah diperbaharui dan sebagian sudah dibangun tiang-tiang untuk menahan atap genting disepanjang jalan menuju ke makam Syekh Khatib Muwahid. 

Baca Juga : Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa Pamijahan

Hal tersebut dilakukan pihak pemerintah dibantu masyarakat sekitar makam supaya wisatawan yang berkunjung ke makam Syekh Khatib Muwahid tidak kehujanan pada saat melewati area persawahan yang ada disekitar makam Syekh Khotib Muwahid.

Keadaan di Dalam Makam Syekh Khotib Muwahid

Makam Syekh Khatib Muwahid memiliki luas ruangan sekitar 2000 m2, dengan panjang 50 m dan lebar 40 m. Dengan luas tersebut dapat menampung para peziarah yang datang untuk melaksanakan ritual ziarah dimakam Syekh Khatib Muwahid. 

Keadaan di Dalam Makam Syekh Khotib Muwahid

Kondisi bentuk atap makamnya hampir sama dengan makam Syekh KH. Abdul Muhyi. Didalam ruangan tempat berziarah terdapat pemakaman khusus yaitu makan Syekh Khatib Muwahid yang berbentuk kamar persegi empat dan dilapisi tembok yang sangan kokoh. Terdapat 1 pintu masuk kedalam kamar makam Syekh Khatib Muwahid yang ditutupi tirai dan 3 jendela yang masing-masingnya ditutupi oleh tirai warna hijau.

Selain itu, disetiap sisi kamarnya dikelilingi galar-galar berukuran kecil, yang fungsinya digunakan oleh para peziarah untuk menyimpan AL-Qur’an (yasin), air, minyak bibit dan lain-lain. 

Disetiap pinggir makam Syekh Khatib Muwahid banyak siasati makam-makam terdahulu, sehingga pada saat melakukan ritual ziarah kita akan banyak menjumpai makam-makam tersebut. Sama halnya diluar ruangan makam ini terdapat beberapa makam kuncen dari makam Syekh Khatib Muwahid terdahulu dan makam ini tidak diperuntukam untuk pemakaman umum. 

Fasilitas Makam Syekh Khotib Muwahid

No. Fasilitas Bagi Peziarah
1. Toilet
2. Tempat Berwudzu
3. Mushola
4. Al-Quran & Buku Tahlil
5. Kamar Wanita
6. Ruang Istirahat & Karpet

Adapun fasilitas yang terdapat pada makam Syekh Khatib Muwahid Panyalahan diantaranya; 

Toilet Dan Tempat Berwudzu

setelah melewati pintu gerbang Makam Syekh Khatib Muwahid, disana terdapat tempat berwudzu dan toilet yang diperuntukan bagi para wisatawan yang hendak berziarah ke dalam makam Syekh Kahtib Muwahid. 

Apa lagi bagi mereka yang baru saja melaksanakan perjalanan dari Goa Saparwadi maka tersedia fasilitas toilet untuk bersuci demi menjaga kebersihan pada saat berziarah didalam makam Syekh Khatib Muwadhid.

Kamar Wanita

Sebelum masuk kedalam ruangan Makam Syekh Khatib Muwahid, disediakan kamar khusus wanita yang digunakan untuk beristirahat, mengganti pakaian dan bahkan untuk menginap. Kamar ini hanya berukuran kurang lebih 27 m2. 

Karpet untuk Beristirahat dan Menginap Kaum Pria, 

Dalam ruangan makam Syekh Khatib Muwahid disediakan karpet berupa tempat beristirahat para peziarah. Namun tempat tersebut bisa juga digunakan untuk menginap setelah mendapat izin dari kasepuhan atau kuncen. 

Mushola

Terdapat ruangan mushola yang berukuan 27 m2 yang berdampingan dengan kamar wanita. Mushola ini selain digunakan untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu, juga digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan kegiata beribadah lainnya seperti membaca al-quran.

Itu lah penjelasan singkat dari Ragam, mengenai Makam Syekh Khatib Muwahid Panyalahan Pamijahan Tasikmalaya. Semoga bermanfaat bagi sahabat yang hendak berziarah ke Tempat Wisata Religi Pamijahan.