Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Pamijahan Tasikmalaya

Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa terletak di Dusun Pandawa, Rt/Rw: 01/05, Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Beliau berasal dari kerajaan Mataram bersama dengan Syekh KH. Abdul Muhyi pada saat di Jawa Tengah dimana saat itu kerajaan Mataram sudah menjadi kerajaan islam. 

Untuk mengetahui Site Map/alamat  Makan Syekh Abdul Qohar, silahkan klik Google Map, ini sangat membantu sahabat para peziarah pada saat ingin mengunjungi Makam Makan Syekh Abdul Qohar Pamijahan dengan tujuan supaya Sahabat tidak salah alamat.

Dalam menyebarkan agama islam silsilah Syekh Kohar atau Syekh Abdul Kohar merupakan panglima dan sosok yang sangat gigih. Beliau dipercaya oleh Syekh KH. Abdul Muhyi sebagai panglimanya dan beliau juga turut membantu Syekh KH. Abdul Muhyi dalam menuntas kaum-kaum kafir yang menguasai ilmu sihir pada saat itu merajalela.

Setelah perjuangan yang cukup panjang, pada akhirnya Syekh Abdul Qohar dan Syekh KH. Abdul Muhyi dapat mengalahkan kaum kafir dan membuat mereka masuk agama islam pada waktu itu.

Makam Syekh Abdul Qohar Pandawa adalah makam yang berjarak kurang lebih 2000 meter dari terminal Pamijahan. Makam ini juga tergolong yang paling jauh dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek. 

Akses Jalan Menuju Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa
Akses Jalan Menuju Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Lokasi makam ini terletak diperbukitan dengan jarak 50 meter dari jalan raya. Pada saat melewatinya pun kita harus berjalan kaki menyusuri 83 anak tangga untuk sampai ke makam Syekh Abdul Kohar. 

Kuncen Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Kuncen Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Latar Belakang dan Riwayat Hidup Kuncen di Makam Syekh Abdul Qohar Pandawa, Bapak Nas bin Uba, beliau merupakan penerus kuncen sebelumnya.  Almarhum Bapak Uba adalah ayahnya sebagi kuncen di makam tersebut yang sekarang digantikan oleh beliau. Bapak Nas berusia 51 tahun yang lahir pada tahun 1967. Beliau dikaruniai 4 orang anak, salah satu dari anak beliau telah meninggal 1 orang dan beliau dikaruniai 7 orang cucu. Selain menjadi kuncen beliau juga bekerja sebagai petani.

Keadaan di Dalam Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Keadaan di Dalam Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa
Makam ini memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dibedakan dengan makam-makam waliyullah yang lainnya, salah satu cirinya yaitu makam ini ditutupi dengan tirai warna putih yang menyelimuti seluruh bagian penjurunya. Maka dari itu, makam ini berkesan keramat.

Tata Tertib Ziarah di Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Adapun tata tertib pada saat melakukan ziarah dimakam ini yaitu:

  1. Pada waktu berziarah harus berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama islam
  2. Ziarah atau tawasul dipandu oleh kuncen
  3. Memohon do’a langsung kepada Allah SWT
  4. Masuk ke makam dipandu oleh kuncen

Adapun alasan petugas setempat membuat peraturan atau tatatertib pada saat berziarah di dalam makam Syekh Abdul Kohar adalah supaya para wisatawan yang akan berziarah di dalam makam menjaga kesopanannya dan menjauhkan diri dari niat meminta kepada waliyullah harus meminta langsung kepada Allah SWT.

Selain tata tertib pada saat berziarah dimakam Syek Abdul Kohar Pandawa, ada juga larangan-larangan pada saat mau berziarah dimakam Syekh Abdul Kohar, yaitu:

  • Tidak melakukan hal-hal yang dipandang musyrik.
  • Tidak boleh mengambil benda apapun yang terdapat di lingkungan ziarah.
  • Tidak boleh membuat coretan-coretan dibangunan makam, mesjid dan sebagainya.

Keadaan diluar makam dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Pandawa sebagai tempat pemakaman umum. Kondisi disekitar makan Syekh Abdul Kohar masih terasa sejuk karena banyak ditumbuhi pepohonan tua yang cukup besar dan hamparan persawahan dipinggiran makamnya. 

Fasilitas di Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

No. Fasilitas Bagi Peziarah
1. Mushola
2. Toilet
3. Tempat Berwudzu
4. Karpet & Al-Quran
5. Ruang Istirahat

Selain itu, fasilitas yang terdapat di makam Syekh Abdul Kohar pandawa diantaranya; mushola, musholanya tepat berada di samping makam Syekh Abdul Kohar, posisinya berdempetan dengan makam Syekh Abdul Kohar dan berada dibawah pohon yang cukup besar.

Kondisi atap bangunan musholanya masih menggunakan atap tradisional dan temboknya dicat warna hijau. Mushola yang seluas 25 m2 dapat digunakan oleh para peziarah untuk kegiatan beribadah. Biasanya pengunjung yang datang sebelum berziarah ke dalam makam tersebut sering menunaikan ibadah shalat dulu di mushola ini.

Toilet dan tempat wudzu, setelah kita menyusuri anak tangga ke 67 di sebelah kanan sebelum makam Syekh Abdul Kohar terdapat toilet yang berdempetan dengan tempat berwudzu. Toillet dan tempat wudzunya memiliki lebar sekitar 2,5 m dan panjang 4 m, yang disediakan untuk para peziarah yang berkunjung ke Makam Syekh Abdul Kohar.

Karpet dan Al-Qur’an, di samping makam Syekh Abdul Kohar tersedia karpet berwarna merah, yang digunakan untuk sarana berziarah. Karpet tersebut juga digunakan untuk beristirahat para wisatawan yang berziarah dimakam tersebut. 

Selain karpet didalam makam juga terdapat Al-Qur’an yang diperuntukan bagi para peziarah yang hendak membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an guna untuk mendapat keridoan dari Allah SWT. Namun tidak terdapat photo syekh abdul muhyi pamijahan di makam ini.

Pos Pelayanan Tamu di Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Pos Pelayanan Tamu di Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa

Pos pelayanan tamu, ini berada di depan toilet atau di sebelah kiri anak tangga. Bangunannya masih berbentuk panggung dengan ukuran lebar 3 m dan panjang 4 m. Pos ini digunakan untuk pendaftaran tamu yang hendak berziarah ke Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa. selain itu juga digunakan sebagai tempat beristirahat para wisatawan yang berziarah.

Nah, itu lah pembahasan singkat mengenai Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Pamijahan Tasikmalaya. Situs atau destinasi wisata religi yang satu ini, belum tersohor di sosial media padahal sudah banyak pengunjung yang datang. Biasanya sehabis berziarah dari makam Waliyullah Syekh KH. Abdul Muhyi Pamijahan. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Makam Syekh Sacaparan Bengkok.