Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Versi Lama dan Terbaru

*Artikel diperbarui pada 12 September 2023

 

Cara menghilangkan garis merah di word cukup mudah tapi bagi pemula yang baru mengenal dunia laptop pasti masih asing. Jika menggambarkan cara menghilangkannya tidaklah sesulit yang dibayangkan berikut akan disajikan penjelasan mengenai cara menghapus garis merah yang terletak dibawah tulisan di bawah Microsoft word.

Microsoft word biasa ditemui di semua jenis laptop atau PC yang mana berfungsi sebagai membuat tugas mengetik seperti makalah, skripsi dan tugas kantor lainnya. Untuk mengenal fungsi garis merah lebih lanjut berikut pembahasannya.

Mengenal Garis Merah Di Microsoft Word 

Pasti bagi pemula yang mengenal laptop dan belajar mengetik akan sering menemui garis merah pada tulisan bagian bawah. Sebenarnya itu salah satu fitur Microsoft word untuk mendeteksi kesalahan ejaan penulisan.

Sebenarnya garis merah yang muncul tersebut sangat membantu bagi penulis pemula sebagai acuan pembenahan kata yang salah. Namun tidak semua orang menyukai fitur garis merah tersebut ada kalanya orang menganggap hal tersebut mengganggu saat proses penulisan.

Nah, untuk yang tidak menyukai garis merah bisa saja dengan solusi menghapus fitur tersebut. Untuk menghapus fitur terbilang cukup mudah dilakukan tergantung jenis dan versi Microsoft yang digunakan. Berikut ini cara menghilangkan garis merah di word sesuai versinya.

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word Sesuai Versi

Versi microsoft word saat ini mulai beragam dari yang mulai versi lama yaitu 2010 ke bawah dan versi terbaru 2013 ke atas. Semakin baru versi microsoft word juga semakin berbeda fitur yang ditampilkan.

Versi lama atau baru tergantung pengguna dan kapasitas komputer yang digunakan. Untuk itu ikuti cara menghilangkan garis merah di word sesuai versinya.

1. Microsoft Word Versi 2010 Ke Bawah

Microsoft Word 2010 atau versi di bawahnya sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya karena tampilan yang simpel. Kebanyakan dari orang tersebut sudah nyaman dengan versi lama dan tidak mau bergonta-ganti versi.

Berikut ini langkah untuk menghapus garis merah pada word 2010 yang sedikit berbeda dengan versi terbaru:

  • Pertama masuk ke Microsoft word lama yang ada di komputer dan pilih office button di sebelah kiri.
  • Perhatikan di bagian bawah tampilan word di sebelah ikon exit ada pilihan klik word options dan akan muncul menu baru klik proofing.
  • Selanjutnya hilangkan ceklis pada kalimat yang muncul biasanya berbahasa Inggris dan selesai garis merah akan hilang.

2. Microsoft Word Versi 2013 Ke Atas

Bagi pengguna word versi terbaru bisa melakukan langkah ini untuk menghapus garis merah yang muncul pada tugas penulisan. Berikut langkah mudahnya:

  • Pertama masuk ke word versi terbaru dan periksa halaman tulisan yang memiliki garis merah pada komputer.
  • Lakukan tab file yang berada di sebelah pojok kiri atas tampilan dan pilih options di sebelah kiri dan klik opsi proofing.
  • Kemudian akan muncul kalimat bahasa Inggris dan hilangkan ceklis (periksa ejaan saat Anda mengetik).
  • Selesai garis merah otomatis akan hilang.

Cara diatas bisa dilakukan bagi pemilik Komputer atau laptop versi lama atau terbaru. Namun bagi yang tidak memiliki laptop dan mengerjakan tugas di aplikasi Word di Android tetap saja bisa dilakukan dan dihapus garis merah pada tulisan. 

3. Microsoft Word di Android

Bagi yang tidak memiliki komputer, laptop atau PC dan menggunakan aplikasi word di Android. Hal tersebut bukan menjadi masalah garis merah tetap bisa dihilangkan dengan langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi word pada play store bagi yang belum memiliki. Jika sudah langsung saja buka word dan tugas tulisan yang bergaris merah.
  • Lanjut pilihlah model pengeditan di dalam kata yang berlambangkan ikon pensil di bagian atas halaman kata.
  • Perhatikan bagian bawah pojok kanan ada lambang segitiga dan klik pindah ke menu review.
  • Pilih menu yang muncul proofing and language serta pilih bahasa apa yang digunakan dalam penulisan.
  • Berilah ceklis pada kolom yang muncul hide all proofing marks dan selesai garis merah menghilang.

Demikian langkah mudah menghilangkan garis merah pada word yang berada di Android. Untuk android tidak ada versi seperti pada aplikasi word di laptop karena aplikasi word di laptop dan HP berbeda kapasitas penyimpanan.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan garis merah di word yang berada di versi lama dan terbaru memiliki cara yang sedikit berbeda. Selain itu ada juga cara menghilangkan garis merah pada Microsoft word di Android. 

 

Check Also

Cara Memasukan Excel ke PPT

*Artikel diperbarui pada 19 April 2024 Memudahkan Presentasi dengan Excel di PPT Apakah kamu sering …

Theme Settings