Tips Menggunakan Siri
Tips Menggunakan Siri

11 Tips Menggunakan Siri Agar Produktivitas Meningkat Signifikan

*Artikel diperbarui pada 26 September 2023

Kamu sering merasa kesulitan mengatur waktu dan memaksimalkan produktivitas saat bekerja dengan perangkat MacOS? Dalam artikel ini, kamu akan temukan tips yang berguna agar kamu dapat mengoptimalkan penggunaan Siri dan meningkatkan produktivitasmu.

Dalam era digital seperti sekarang, kecepatan dan efisiensi adalah kunci sukses dalam dunia bisnis dan pekerjaan.

Banyak dari kita menghabiskan waktu yang berharga untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari, yang kadang-kadang mengakibatkan kelelahan dan penurunan produktivitas.

Namun, dengan hadirnya teknologi seperti Siri di perangkat Mac, kita dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas kita dengan mudah.

Siri adalah asisten virtual yang dibuat oleh Apple yang dapat membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas yang berbeda dengan suara kamu. Siri mampu membaca pesan, mengirim pesan, membuat pengingat, menjawab pertanyaan, dan banyak lagi.

Namun, banyak pengguna Mac yang belum memanfaatkan Siri sepenuhnya dan masih belum tahu bagaimana cara menggunakannya dengan efektif.

Untuk itu, dalam artikel ini akan diulas 11 tips mengenai cara menggunakan Siri di perangkat Mac agar produktivitas kamu meningkat.

Tips-tips ini dapat membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari dengan lebih cepat dan efisien, sehingga kamu dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas kamu.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu akan memaksimalkan penggunaan Siri dan merasakan manfaatnya untuk produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

Cara Menggunakan Siri di MacOS untuk Meningkatkan Produktivitas

Siri adalah asisten virtual cerdas yang dirancang oleh Apple untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai tugas sehari-hari dengan mudah dan cepat.

Siri tersedia di semua perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch, serta dapat digunakan untuk memerintahkan perangkat yang terhubung ke HomeKit, seperti lampu dan kipas angin pintar. Siri tidak hanya membantu dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produktivitas kamu secara signifikan.

Siri dapat membantu kamu menyelesaikan tugas lebih cepat, memberi saran tentang tempat dan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tertentu, serta membantu mengatur jadwal dan mengingatkan kamu tentang acara atau tugas yang harus dikerjakan.

Dengan menggunakan Siri, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari. Namun, banyak pengguna tidak tahu tentang fitur-fitur canggih yang dimiliki Siri.

Oleh karena itu, di artikel ini, kami akan memberikan 11 tips dan trik yang dapat membantu kamu memaksimalkan penggunaan Siri dan meningkatkan produktivitas kamu.

Mengenal Siri di MacOS

Siri adalah asisten digital pintar yang tersedia di sistem operasi MacOS. Siri memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas melalui suara atau teks, seperti:

  • membuka aplikasi,
  • mencari file,
  • mengirim pesan,
  •  mengatur pengingat,
  • menjadwalkan pertemuan, dan banyak lagi.

Siri juga dapat membantu dalam melakukan tugas-tugas tertentu, seperti memutar musik, menjawab pertanyaan, dan mengontrol perangkat rumah pintar yang kompatibel.

Siri sangat mudah diakses di MacOS, hanya dengan menekan tombol keyboard atau mengaktifkannya melalui menu Siri di bilah menu. Siri juga dapat menangani bahasa alami dan mendapatkan konteks dari percakapan sebelumnya untuk memberikan respon yang lebih baik dan tepat.

Dengan kemampuan Siri yang semakin berkembang, pengguna MacOS dapat memaksimalkan produktivitas mereka dengan menggunakan Siri untuk melakukan tugas-tugas sederhana dan rumit.

Siri dapat membantu pengguna menghemat waktu dan tenaga, sehingga mereka dapat lebih fokus pada tugas-tugas utama mereka dan meningkatkan efisiensi kerja secara keseluruhan.

Cara Mengaktifkan Siri di MacOS

Berikut adalah cara mengaktifkan Siri di MacOS:

  1. Buka menu Apple di pojok kiri atas layar kamu.
  2. Pilih opsi “Preferensi Sistem”.
  3. Klik pada opsi “Siri”.
  4. Pastikan opsi “Aktifkan Siri” sudah diaktifkan.
  5. Pilih bahasa dan suara yang kamu inginkan.
  6. Atur keyboard shortcut untuk memanggil Siri secara cepat.
  7. Sekarang kamu dapat memanggil Siri dengan menekan tombol keyboard shortcut atau dengan mengklik ikon Siri di Dock atau di Menu Bar.

Mengenal Siri Shortcuts untuk Meningkatkan Produktivitas

Siri Shortcuts adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengotomatisasi tugas-tugas di MacOS dengan mengaitkan perintah dengan aksi tertentu.

Fitur ini membantu kamu untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja. Kamu dapat membuat Siri Shortcuts sendiri atau mengunduh Siri Shortcuts dari aplikasi pihak ketiga.

Dengan Siri Shortcuts, kamu dapat melakukan berbagai tugas seperti mengirim email, membuka aplikasi, menyalakan atau mematikan WiFi, dan masih banyak lagi, hanya dengan menggunakan perintah suara atau menekan tombol keyboard.

Siri Shortcuts juga dapat mengenali konteks tertentu, seperti lokasi atau waktu, dan melakukan aksi yang sesuai dengan konteks tersebut. Hal ini membuat Siri Shortcuts semakin fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Cara Membuat Siri Shortcuts

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat Siri Shortcuts di MacOS:

  1. Buka aplikasi “Automator” di MacOS.
  2. Pilih opsi “File” dan kemudian “New”.
  3. Pilih opsi “Quick Action” atau “Application”.
  4. Pilih aksi yang ingin kamu tambahkan sebagai Siri Shortcut dari menu di sebelah kiri jendela “Automator”.
  5. Tambahkan aksi yang kamu inginkan pada shortcut dengan menyeret dan melepaskannya ke jendela kosong di sebelah kanan jendela “Automator”.
  6. Kustomisasi aksi sesuai keinginan kamu dengan memilih opsi yang tersedia di bawah jendela aksi.
  7. Uji shortcut yang telah kamu buat dengan menekan tombol “Run” di pojok kanan atas jendela “Automator”.
  8. Jika shortcut berjalan sesuai dengan yang diinginkan, klik opsi “File” di menu utama dan pilih “Save”.
  9. Berikan nama dan deskripsi pada shortcut yang telah kamu buat.
  10. Shortcut yang telah dibuat akan muncul di bagian “My Shortcuts” di aplikasi “Shortcuts”.
  11. Aktifkan Siri dengan menekan tombol “Command + Space”, lalu katakan perintah “Hey Siri, [nama shortcut]” untuk menjalankan shortcut yang telah kamu buat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat Siri Shortcuts di MacOS dengan mudah dan meningkatkan produktivitas kamu saat menggunakan Siri di perangkat MacOS kamu.

11 Tips Menggunakan Siri untuk Meningkatkan Produktivitas

Siri adalah salah satu fitur unggulan pada sistem operasi MacOS yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Dengan bantuan Siri, kamu dapat mengatur jadwal, mencari informasi, dan melakukan tugas-tugas lainnya secara lebih cepat dan mudah. Namun, tidak semua pengguna MacOS tahu cara menggunakan Siri secara optimal dan efektif untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan 11 tips dan trik untuk menggunakan Siri agar kamu dapat meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan penggunaan MacOS.

Tip 1: Mengirim Pesan

Dengan Siri, kamu bisa mengirim pesan hanya dengan menggunakan suara. Kamu cukup mengatakan “Hei Siri, kirim pesan ke [nama kontak]”.

Setelah itu, Siri akan meminta kamu untuk mengucapkan pesan yang ingin dikirim. Kamu juga bisa menambahkan emoticon atau menyesuaikan kata-kata pesan sebelum mengirimnya.

Dengan fitur ini, kamu bisa menghemat waktu ketika ingin mengirim pesan kepada seseorang tanpa harus membuka aplikasi pesan secara manual.

Tip 2: Menjadwalkan Janji Temu

Tip 2: Menjadwalkan Janji Temu

Siri dapat membantu kamu untuk menjadwalkan janji temu dengan mudah. Kamu bisa meminta Siri untuk membuat sebuah peristiwa di Kalender dengan menggunakan perintah suara.

Misalnya, kamu bisa mengatakan “Hey Siri, buat janji temu dengan David pada hari Senin, 14:00-15:00”. Siri akan membuat janji temu tersebut dan menambahkannya ke kalendermu. Kamu juga dapat menentukan lokasi janji temu dengan memberitahu Siri di mana tempat bertemu.

Selain itu, Siri juga dapat mengirimkan pengingat tentang janji temu tersebut agar kamu tidak lupa atau terlambat.

Kamu bisa meminta Siri untuk mengirimkan pengingat melalui pesan teks atau notifikasi pada perangkatmu. Dengan begitu, kamu dapat tetap terorganisir dan teratur dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tip 3: Menjalankan Aplikasi

Siri dapat membantu kamu untuk membuka aplikasi yang ingin kamu jalankan dengan cepat dan mudah.

Kamu hanya perlu mengaktifkan Siri dengan cara menekan tombol Command + Space pada keyboard atau dengan mengklik ikon Siri pada menu bar, kemudian katakan “Buka [nama aplikasi]”. Siri akan membuka aplikasi tersebut secara otomatis tanpa kamu harus mencarinya di Finder atau Launchpad.

Selain membuka aplikasi secara langsung, Siri juga bisa membuka aplikasi dengan penambahan perintah khusus.

Misalnya, kamu bisa membuat perintah “Buka Safari dan navigasikan ke Google” agar Siri membuka Safari dan langsung membuka halaman Google. Hal ini tentu akan membantu kamu untuk menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Tip 4: Mencari File

Mencari file di komputer bisa memakan waktu dan mengganggu produktivitas. Namun, Siri dapat membantu kamu untuk mencari file dengan mudah dan cepat.

Kamu hanya perlu memberikan perintah suara seperti “Hey Siri, cari dokumen laporan keuangan” atau “Halo Siri, temukan file presentasi proyek”. Siri akan langsung mencari file tersebut dan menampilkan hasil pencarian dalam sekejap.

Dengan menggunakan Siri untuk mencari file, kamu bisa lebih fokus pada tugas-tugas penting yang lain dan menghindari kebingungan saat mencari file di komputer.

Tip 5: Memainkan Musik

Salah satu kegunaan Siri yang seringkali diabaikan adalah untuk memainkan musik. Dengan menggunakan Siri, kamu bisa memutar lagu favorit kamu tanpa harus membuka aplikasi pemutar musik.

Kamu bisa meminta Siri untuk memutar lagu dari artis atau album tertentu, atau bahkan meminta Siri untuk memutar lagu yang sesuai dengan suasana hati kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengontrol volume dan menghentikan atau melanjutkan pemutaran dengan menggunakan perintah suara.

Tip ini sangat berguna jika kamu ingin memutar musik sambil melakukan pekerjaan lainnya, tanpa harus terganggu oleh membuka aplikasi musik atau mencari tombol kontrol pada perangkat kamu.

Tip 6: Menjalankan Kontrol Parental

Siri juga dapat membantu orang tua menjalankan kontrol parental pada perangkat MacOS mereka.

Dengan perintah suara, Siri dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kontrol parental, membatasi waktu penggunaan perangkat, atau bahkan memblokir akses ke situs web tertentu.

Untuk mengaktifkan kontrol parental menggunakan Siri, cukup ucapkan “Halo Siri, aktifkan kontrol parental” atau “Halo Siri, blokir situs web tertentu”. Siri akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi aksi tersebut dengan memasukkan kata sandi administrator.

Dengan Siri, mengelola kontrol parental pada perangkat MacOS menjadi lebih mudah dan cepat.

Tip 7: Mengaktifkan Mode Malam

Mode Malam di MacOS memungkinkan kamu untuk mengurangi sinar biru yang dikeluarkan oleh layar. Hal ini akan membuat tampilan layar menjadi lebih hangat dan nyaman saat digunakan pada malam hari atau kondisi minim cahaya.

Untuk mengaktifkan Mode Malam melalui Siri, kamu bisa mengatakan, “Hey Siri, aktifkan Mode Malam”. Atau kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik ikon “System Preferences” di Dock atau cari di Launchpad.
  2. Klik pada “Displays”.
  3. Pilih tab “Night Shift”.
  4. Pilih “Turn On Until Tomorrow” untuk mengaktifkan Mode Malam secara otomatis setiap hari atau pilih “Custom” untuk mengatur jadwal sendiri.
  5. Sesuaikan pengaturan “Color Temperature” sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah kamu mengatur Mode Malam, layar MacBook kamu akan mengeluarkan sinar yang lebih hangat dan nyaman untuk mata, sehingga kamu bisa menggunakan perangkat kamu dengan nyaman bahkan pada kondisi minim cahaya.

Tip 8: Mengaktifkan Mode Fokus

Mode Fokus adalah fitur terbaru di macOS Monterey yang membantu kamu untuk tetap fokus pada tugas-tugas penting dan menghindari gangguan. Dengan Siri, kamu dapat mengaktifkan Mode Fokus dengan mudah.

Untuk mengaktifkan Mode Fokus dengan Siri, kamu bisa mengatakan “Hidupkan Mode Fokus” atau “Aktifkan Mode Fokus”.

Siri akan meminta kamu untuk memilih Mode Fokus yang ingin diaktifkan, seperti Mode Fokus Kerja atau Mode Fokus Olahraga. Kamu juga dapat mengatur sendiri Mode Fokus yang kamu inginkan dengan menekan tombol “Buat Mode Fokus” pada layar Mode Fokus di Sistem Preferensi.

Setelah Mode Fokus diaktifkan, Siri akan membantu kamu untuk mengelola notifikasi dan mengatur aplikasi yang diizinkan untuk memberikan notifikasi saat Mode Fokus aktif.

Dengan ini, kamu dapat tetap fokus pada tugas-tugas penting tanpa terganggu oleh pemberitahuan yang tidak penting.

Tip 9: Mengatur Pengingat

Mengatur pengingat dengan Siri adalah salah satu cara yang efektif untuk mengingatkan kamu tentang tugas dan acara penting.

Cukup minta Siri untuk menambahkan pengingat dengan perintah suara, seperti “Hey Siri, tambahkan pengingat untuk rapat besok jam 10 pagi” atau “Hey Siri, ingatkan aku untuk menyelesaikan tugas ini pada pukul 3 sore”.

Siri akan secara otomatis menambahkan pengingat ke aplikasi Pengingat dan memberi notifikasi pada waktu yang telah ditentukan. Dengan cara ini, kamu tidak akan kehilangan tugas atau janji penting lagi.

Tip 10: Menghitung Cepat

Siri juga dapat membantu kamu dalam melakukan perhitungan cepat. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Caranya, cukup buka Siri dengan menekan tombol Command + Spasi atau mengklik ikon Siri di Dock, kemudian ucapkan perintah perhitungan yang kamu inginkan, misalnya “berapa hasil dari 235 dikurangi 78?” Siri akan memberikan hasil perhitungan secara langsung.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghemat waktu dalam melakukan perhitungan matematika yang sederhana dan mempercepat pekerjaanmu.

Tip 11: Menjalankan Perintah Khusus

Selain menggunakan Siri untuk melakukan tugas-tugas umum sehari-hari, kamu juga bisa menggunakan Siri untuk menjalankan perintah khusus yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Siri Shortcuts dapat membantumu membuat perintah khusus dengan cara mengatur Siri untuk menjalankan serangkaian tindakan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Misalnya, jika kamu ingin membuat perintah untuk memeriksa jadwal kegiatan harianmu, kamu bisa membuat Siri Shortcut yang mengambil data dari aplikasi kalendermu dan memberikan informasi terkait jadwal kegiatan harianmu.

Atau, jika kamu ingin mengirim pesan kepada teman tertentu dengan pesan yang sudah ditentukan sebelumnya, kamu bisa membuat Siri Shortcut untuk mengirim pesan dengan pesan yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Dengan menggunakan Siri Shortcuts, kamu bisa menyesuaikan perintah yang kamu jalankan sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga dapat meningkatkan produktivitasmu secara signifikan.

Kesimpulan

Dalam penggunaan MacOS, Siri dapat menjadi asisten pribadi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Siri dapat membantu dalam berbagai tugas seperti:

  • mengirim pesan,
  • menjadwalkan janji temu,
  • menjalankan aplikasi,
  • mencari file,
  • memainkan musik,
  • menjalankan kontrol parental,
  • mengaktifkan mode malam,
  • mengaktifkan mode fokus,
  • mengatur pengingat,
  • menghitung cepat, dan
  • menjalankan perintah khusus.

Dengan mengoptimalkan penggunaan Siri, kamu dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas dalam melakukan tugas sehari-hari.

Selain itu, kamu juga dapat membuat Siri Shortcuts untuk tugas-tugas yang sering dilakukan, sehingga memudahkan akses dan mempercepat proses pengerjaan.

Jadi, manfaatkanlah fitur Siri dengan baik dan benar untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan MacOS.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings