cara mengganti nama admin macbook

Begini Cara Mengganti Nama Admin MacBook, Ternyata Gampang!

*Artikel diperbarui pada 23 Agustus 2023

Jika menjadi pengguna baru MacBook, maka mungkin akan sedikit kebingungan dalam mengganti tampilan akun pengguna yang muncul saat layar dihidupkan. Beberapa orang pun mencari cara mengganti nama admin MacBook agar menampilkan nama dari pemilik MacBook.

Tetapi, bagaimana caranya jika ingin menggantinya dengan nama baru? Mungkin ada beberapa perubahan nama atau hanya ingin mengubah kesalahan saat mengetik nama. Maka dari itu, simak penjelasan berikut agar tidak salah dalam mengikuti langkah-langkahnya.

Apa Itu Nama Admin?

Nama akun admin yang ditampilkan pada layar MacBook umumnya sudah diisi saat pertama kalinya membuat akun baru. Namun, terkadang beberapa orang ingin mengubah nama admin tersebut karena berbagai alasan. Nama pengguna komputer ini disebut juga admin.

Mengubah nama akun admin dapat dilakukan oleh orang yang memiliki akses admin ke dalam MacBook. Misalnya, jika nama akun admin sebelumnya “Jonathan Lee” dan ingin mengubahnya menjadi “Sir Jonathan Lee” maka dapat mengikuti cara-cara dibawah ini.

Namun perlu diingat, bahwa perubahan nama lengkap ini hanya berkaitan dengan akun user Mac saja. Jangan mencoba untuk mengubah nama akun, nama pendek, direktori beranda, atau detail akun pengguna lainnya karena terdapat beberapa risiko.

Pihak Apple memperingatkan jika mengubah nama akun akan menyebabkan beberapa masalah seperti kendala saat login. Selain itu, kendala pada data keychain serta proses masuk ke jaringan yang tersimpan terkadang akan dijumpai.

Hal ini disebabkan karena nama lengkap yang dikaitkan sudah tidak sama lagi dengan nama sebelumnya. Penting untuk memastikan bahwa data-data yang ada pada MacBook sudah dicadangkan sebelum mengedit rincian pada akun admin.

Selain menghindari kendala yang akan terjadi, pencadangan ini pun meminimalisir kerusakan pada data dan file yang ada di dalamnya. Kerusakan dan kehilangan data serta file nantinya tidak bisa diperbaiki jika hal ini terjadi.

Disarankan hanya untuk mengganti nama admin saja dan jangan mengubah atau mengedit detail lain yang ada pada opsi pengguna tingkat lanjut. Karena jika salah mengubah suatu opsi, maka akan fatal akibatnya terhadap data-data lain yang tersimpan.

Cara Mengganti Nama Admin MacBook Dengan Mudah

Sebelum memulai melakukan cara mengganti nama admin MacBook, cadangkan terlebih dahulu segala data yang ada. Jika terjadi suatu kesalahan, maka nantinya akan secara tak sengaja mengunci akun atau pun memblokir akses ke dalam MacBook.

Metode ini hanya berfungsi pada MacOS terbaru bahkan untuk OS Big Sur. Terdapat sedikit perbedaan pada ikon atau nama pada setiap sistem operasi. Jika masih menggunakan OS yang lama, maka lebih baik untuk memperbaharuinya dahulu.

Kesalahan ini pun dikhawatirkan akan merusak data dan file yang tersimpan pada MacBook. Maka dari itu, ikuti langkah-langkah berikut agar tidak terjadi kesalahan yang tak diinginkan:

1. Masuk ke Menu Akun Administrator yang Berbeda Dengan Sebelumnya

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memasuki akun administrator baru. Namun sebelumnya, ikuti cara di bawah untuk keluar dari akun pengguna yang sekarang sedang digunakan.

  • Keluar dari akun administrator komputer dengan klik logo Apple pada sudut kiri atas pada layar.
  • Klik lagi opsi “Keluar (Nama Admin)”.

Apabila akun yang digunakan saat ini memiliki hak administrator, maka carilah dahulu solusinya. Cara yang paling mudah yaitu dengan membuat akun administrator baru untuk melanjutkan langkah-langkahnya. Akun sementara ini nantinya dapat dihapus jika sudah selesai.

2. Mengganti Nama Folder Home

Untuk mengubah nama lengkap, maka dapat memulainya dengan mengubah nama folder home. Opsi ini terdapat pada menu folder pengguna. Langkah untuk mencari folder pengguna yaitu dengan membuka Menu Pencarian – Buka – Buka Folder, kemudian ketik “Pengguna”.

  • Carilah Menu Pencarian pada MacBook atau dengan menekan Cmd+Shift+C.
  • Kemudian, buka lalu klik opsi “Buka Folder” atau klik dua kali pada Name of Your Boot Drive.
  • Klik dua kali lagi pada Folder Users.
  • Ketik “Nama Pengguna” pada folder tersebut untuk mengganti nama folder home.

Pada folder ini, carilah sebuah folder yang mempunyai nama pendek dari nama lengkap admin MacBook yang nantinya ingin diubah. Misalnya jika nama lengkap yang diisi adalah Jonathan Lee, maka nama pendek dari foldernya adalah Jonathan.

3. Masuk ke Akun Pengguna Serta Grup Agar Menemukan Profil

Beberapa dari langkah ini mungkin mengharuskan untuk memasukkan password administrator pada tahapan ini. Tujuannya untuk memastikan keamanan bahwa pemilik MacBook inilah yang akan mengubah detail pada akun penggunanya.

  • Buka terlebih dahulu Bilah Menu.
  • Lalu, pilih opsi Preferensi Sistem pada menu ini.
  • Klik Users and Groups kemudian klik ikon Gembok.
  • Masukkan password administrator untuk mengkonfirmasi pengguna MacBook.
  • Klik kanan atau Ctrl + klik pada bagian atas.
  • Pilihlah menu Opsi Lanjutan.

4. Ganti Nama Akun Admin

Perubahan nama hanya bisa dilakukan dengan akun pendek pada bidang Nama Akun dan Direktori Rumah. Untuk memastikan bahwa nama yang digunakan itu unik, maka pada bidang Nama Lengkap dapat menambahkan karakter spasi pada antar katanya.

  • Buka menu Opsi Lanjutan lalu pilih menu Direktori Beranda.
  • Carilah opsi Nama Akun pada menu ini.
  • Setelah menemukannya, pastikan untuk mencocokkannya dengan nama dibidang Nama Akun yang ada pada Folder Users.

Kesalahan umum yang biasanya terjadi adalah lupa untuk menyamakan nama dengan tepat. Pastikan pada setiap ruang serta karakter harus dibuat identik. Penambahan karakter baru atau yang berbeda dengan nama pada folder beranda akan menyebabkan kendala.

5. Mulai Ulang atau Restart MacBook

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memulai ulang atau restart MacBook. Penggantian nama admin tadi tak akan berubah jika tidak di restart terlebih dahulu. Maka dari itu, segeralah untuk merestart MacBook tersebut.

  • Klik ikon Apple yang ada pada sudut kiri atas pada layar MacBook.
  • Pada menu ini, pilihlah opsi “Restart”.
  • MacBook akan melakukan shutdown dan langsung menyala kembali jika proses mulai ulang telah selesai.

Saat MacBook telah menyala, layarnya akan menampilkan halaman login yang menanyakan informasi yang perlu untuk diisi. Halaman ini perlu diisi agar dapat mengakses akun yang telah diubah. Pastikan bahwa data dan aplikasi masih berfungsi dengan benar.

Dengan demikian, pada saat nanti menyalakan komputer maka akan menampilkan nama admin yang baru. Selain memperbaharui tampilan nama akun pengguna, perubahan pada nama admin ini pun dapat senantiasa di ubah jika terasa bosan.

Cara mengganti nama admin MacBook pun masih sama dengan sebelumnya jika ingin mengubahnya lagi, namun tetap perhatikan poin-poin penting yang sudah dijelaskan. Ketelitian dalam mengubah data-data yang ada pada komputer harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan.

Penjelasan dalam cara mengubah nama admin ini pun hanya berlaku untuk sistem operasi versi modern bagi MacOS dan MacOS X. Pengguna sistem operasi versi ini akan lebih mudah untuk mengubah nama admin secara cepat.

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings