cara membuat kupon undian di word

Cara Membuat Kupon Undian di Word yang Perlu Diketahui

*Artikel diperbarui pada 5 Oktober 2023

Penggunaan Word kini tidak hanya terbatas pada ketik mengetik dokumen saja melainkan juga bisa untuk membuat dokumen bergambar seperti kupon undian. Adapun cara membuat kupon undian di Word ini relatif mudah dan cepat untuk dilakukan.

Aplikasi Word memiliki banyak layanan dan fitur-fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kupon undian yang menarik. Terkait bagaimana cara membuatnya, mari simak terlebih dahulu tentang pengertian kupon undian dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya secara lebih lanjut di bawah ini:

Apa Itu Kupon Undian?

Kupon undian merupakan sebuah kertas kecil seperti token dalam bentuk cetak maupun digital yang memuat undian berhadiah. Kupon ini umum digunakan sebagai bentuk promosi atau ajakan untuk menarik masyarakat agar ikut serta berpartisipasi dalam suatu acara.

Meski begitu, kupon undian tidak selalu berhasil menarik minat masyarakat, yang mana hal ini banyak disebabkan oleh minimnya informasi di dalam. Untuk itu, ketika membuat kupon sangatlah penting menyertakan informasi-informasi wajib seperti yang ada berikut ini:

  • Nama undian. Pertama yang perlu dicantumkan adalah nama undian yang disesuaikan dengan tema dari acara yang akan diselenggarakan. Sebaiknya, nama undian dibuat dengan singkat (cukup 2 – 4 kata saja) dan menggunakan kata-kata persuasif yang bersifat ajakan.
  • Daftar hadiah. Selanjutnya, cantumkan daftar hadiah yang akan diundikan ke dalam kupon undian.Penulisan tidak harus rinci, cukup masukkan beberapa jenis hadiah dari yang terkecil hingga terbesar. Bisa juga dengan menonjolkan beberapa hadiah utama.
  • Tanggal dan tempat penyelenggaraan. Poin ini sangatlah vital, apabila penulisannya salah maka dapat mengganggu jalannya acara serta menimbulkan kekecewaan dari pihak masyarakat yang telah antusias mengikuti undian. Untuk itu, selalu pastikan tanggal dan tempat penyelenggaraan acara sudah sesuai.
  • Cara kerja undian. Berikutnya, cantumkan informasi terkait sistematika pengundian dan penukaran hadiah.Hal ini berguna untuk mengantisipasi kecurangan dan/atau kesalahpahaman yang mungkin terjadi antara pihak penyelenggara dengan para peserta
  • Kontak penyelenggara. Dengan mencantumkan kontak penyelenggara atau panitia acara, masyarakat bisa lebih yakin bahwa kupon undian bersifat benar dan serius. Masyarakat pun bisa langsung menghubungi kontak penyelenggara ketika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.
  • Terjemahan (Subtitle). Terakhir, sertakan subtitle di dalam kupon undian. Untuk menjangkau masyarakat secara menyeluruh bisa dengan menggunakan subtitle bahasa inggris. Selain itu, bisa menggunakan bahasa lain yang disesuaikan dengan tema acara atau segmentasi masyarakatnya.

Cara Membuat Kupon Undian di Word dengan Praktis

Setelah memahami apa itu kupon undian dan informasi apa saja yang harus dicantumkan di dalamnya, maka selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara membuat kupon undian di Word secara mudah dan cepat.

Penyelenggara acara kini tak perlu lagi membayar jasa pembuatan kupon, melainkan bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalam aplikasi Word secara gratis sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Microsoft Word di perangkat laptop atau PC.
  • Klik menu “New” yang ada di sebelah kiri bagian bawah menu Home.
  • Tap kolom “Search for online templates” lalu ketikkan kata ‘ticket’. Aplikasi akan memproses pencarian template kupon yang bisa digunakan. Nantinya, akan muncul beberapa pilihan template kupon undian.
  • Klik kanan pada salah satu template, lalu pilih opsi “Preview” untuk melihat template dengan lebih jelas.
  • Jika sudah yakin untuk memakai template-nya, tekan tombol “Create”. Aplikasi akan memproses pengunduhan template selama beberapa detik.
  • Setelah terunduh, pengguna akan diarahkan masuk ke halaman edit dokumen.
  • Isilah kolom-kolom informasi yang telah tersedia di template, mulai dari nama undian, tanggal dan tempat undian, daftar hadiah, aturan undian, hingga kontak panitia.
  • Lakukan edit pada template kupon undian sesuai dengan kebutuhan atau selera.
  • Jika sudah, lakukan cek ulang pada kupon undian untuk memastikan tidak ada informasi yang kurang atau salah.
  • Selanjutnya, tekan menu “File” yang berada di pojok kiri bagian atas.
  • Pilih opsi “Save”, lalu pilih folder yang akan dipakai untuk menyimpan file kupon undian.
  • Tuliskan nama dokumen pada kolom “File name”, kemudian tekan tombol “Save” untuk menyimpan.
  • Selesai. File kupon undian akan tersimpan di perangkat dan siap untuk dicetak. Namun sebelum mencetaknya, pastikan telah meneliti lagi agar tidak ada kesalahan.

Demikian ulasan cara membuat kupon undian di Word yang dapat dipraktekkan secara mandiri dengan praktis. Selalu perhatikan untuk menyiapkan informasi-informasi yang dibutuhkan agar kupon undian yang telah dibuat nantinya mampu menarik minat masyarakat secara optimal.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings