cara mengcopy di macbook

Cara Mengcopy Teks di Macbook, Simpel dan Anti Ribet!

*Artikel diperbarui pada 3 Oktober 2023

Perangkat MacBook berbeda dengan Windows bahkan dalam hal dasar seperti mengcopy teks, gambar, atau file. Meskipun begitu, cara mengcopy di MacBook tidak serumit yang dibayangkan para pengguna baru MacBook.

Di MacBook mengcopy tetap bisa dilakukan dengan menekan kombinasi dari tombol yang ada di keyboard. Hanya saja tombol yang ditekan ini sedikit berbeda dengan kombinasi pada keyboard Windows. Berikut penjelasan lengkapnya

Cara Mengcopy Teks di Macbook

Pengguna pastinya telah biasa copy teks pada perangkat lainnya, maka cara mengcopy di MacBook akan lebih cepat dipahami. Fitur atau kontrol serta aplikasi perangkat laptop dan PC buatan Apple memang berbeda dari sistem Windows.

Untungnya layout pada keyboard keduanya tidak terlalu berbeda sehingga memudahkan penyesuaian para penggunanya. Hal dasar mengenai copy paste pada perangkat MacBook pun seharusnya bisa dengan mudah dimengerti, berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Mouse

Pada mouse yang ada di Windows, klik kanan tentu saja dilakukan dengan menekan mouse bagian kanan dengan satu jari. Tetapi ketika melihat mouse MacBook, pengguna akan bingung karena tidak ada pemisah antara bagian kanan dan juga kiri.

Seperti yang telah diketahui bahwa mouse asli milik MacBook tidak ada tombol sisi kiri dan kanan. Maka penggunaannya harus menekan mouse dengan satu jari agar fungsi klik kiri bisa dijalankan.

Alternatifnya yaitu dengan tekan kontrol bersamaan dengan klik satu jari pada mouse original milik MacBook. Jika masih kesulitan, pengguna masih bisa memakai mouse lama yang biasa digunakan pada Windows seperti berikut.

  • Seleksi teks, gambar, maupun filenya dengan menekan mouse MacBook menggunakan satu jari.
  • Setelah selesai lepaskan tekanan pada mouse, lalu tekan kembali namun untuk mengaktifkan klik kanan yaitu dengan tekanan dua jari, tap perintah Copy.
  • Selanjutkan akses dan arahkan kursor ke tempat objek tadi akan ditempel. Kemudian klik mouse dengan dua jari lagi agar opsi perintah dimunculkan, lalu pilih paste.

2. Menggunakan Keyboard

Di MacBook keyboardnya juga terdapat tombol CTRL seperti pada keyboard Windows, hanya saja penggunanya berbeda. Untuk memakai fungsi CTRL selayaknya di Windows, pengguna Mac tidak menekan CTRL tetapi Command.

Begitu juga pada tombol Alt misalnya untuk shortcut Alt + Tab pada MacBook akan diganti dengan menekan Command. Pada intinya tombol Command adalah tombol paling krusial penggunanya di sebuah shortcut.

  • Blok kalimat kemudian tekan Command yang letaknya sama persis dengan tombol CTRL pada keyboard Windows, yaitu di sisi sebelah kiri dan kanan keyboard.
  • Tahan tombol Command tersebut kemudian tekan juga huruf C secara bersamaan, setelahnya pengguna bisa tempelkan dengan menekan Command yang kemudian diikuti huruf V.

Cara Mengcopy Gambar di Macbook

Selain teks, cara mengcopy di MacBook pada gambar juga penting untuk diketahui oleh setiap penggunanya. Sebenarnya cara menyalin gambar tidak berbeda jauh dengan cara menyalin teks, namun untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

1. Melalui Trackpad 

Merupakan fitur yang khusus untuk menerjemahkan posisi dan gerakan jari pengguna ke sistem operasi dan ditransferkan ke layar. Trackpad dalam penggunaannya perlu dilakukan pengaktifan terlebih dahulu baru kemudian akan menerjemahkan perintah melalui langkah berikut:

  • Tekan logo Apple yang ada di kiri atas layar, lalu ketuk System Preferences dan tap pada perintah Trackpad.
  • Setelah itu klik tab Point & Click kemudian ceklis opsi Secondary Click, maka fitur klik dua jari sudah diaktifkan pada trackpad.
  • Selanjutnya posisikan kursor di gambar yang dipilih kemudian sentuh trackpad menggunakan dua jari agar menu drop-down dapat ditampilkan.
  • Ketuk perintah Copy lalu akses lokasi untuk menempel gambar tersebut dan kemudian tap perintah tempel.

2. Melalui Keyboard

Jika pada perangkat Windows ada sebuah tombol control yang digunakan untuk berbagai hal, maka pada MacBook ada tombolnya adalah Command. Untuk posisi atau letaknya adalah di sebelah tombol spasi, inilah langkah copy gambar dengan keyboard.

  • Akses folder atau file tempat gambar tersebut berada, kemudian tekan gambar tersebut satu kali saja.
  • Setelah itu tekan dan tahan Command lalu tekan juga tombol C dengan bersamaan.
  • Selanjutnya akses lokasi dimana gambar tersebut akan ditempelkan pada suatu file. Pastikan ketuk file tersebut terlebih dahulu.
  • kemudian tekan kembali Command, namun kali ini tombol pengikutnya adalah tombol V.

Itulah pembahasan mengenai metode atau cara mengcopy di MacBook yang ternyata sedikit berbeda dengan metode pada Windows. Terkait hal dasar lainnya pengguna bisa mempelajarinya secara bertahap agar semakin lancar menggunakan MacBook.

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings