cara hapus aplikasi di macbook air

Inilah Cara Hapus Aplikasi di MacBook Air Paling Efisien

*Artikel diperbarui pada 20 Agustus 2023

Aplikasi yang sudah tidak pernah lagi digunakan pada perangkat MacBook Air tentu harus dilepas agar tidak memenuhi perangkat. Cara hapus aplikasi di MacBook Air berbeda dengan yang dilakukan pada perangkat Windows.

Bagi pengguna baru hal tersebut mungkin sedikit membingungkan karena belum memahami betul penggunaan perangkat ini. Untuk itulah akan dijelaskan secara ringkas hal-hal terkait cara menghapus software atau aplikasi ini.

Cara Hapus Aplikasi Lewat Fitur Bawaan MacBook

Seperti perangkat lainnya, MacBook Air juga menyediakan banyak fitur atau layanan khusus untuk berbagai keperluan penggunanya. Fitur-fitur yang tersedia tersebut diantaranya adalah untuk melakukan penghapusan terhadap aplikasi yang terpasang.

1. Hapus Lewat Finder

Cara hapus aplikasi di MacBook Air yang akan pertama dibahas dalam pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan Finder. Fitur ini merupakan fitur pertama yang muncul saat pengguna menyalakan perangkat MacBook dan juga iMac.

Finder dapat diakses otomatis dan akan tetap terbuka walaupun penggunanya sedang menjalankan program lainnya. Menu bar Finder terletak pada bagian layar sebelah atas dan juga di bagian bawah pada desktop.

Tampilan iconnya menyerupai wajah tersenyum, warnanya biru muda dan sebelahnya lagi berwarna putih. Penggunaan fitur ini layaknya Windows Explorer yang ada di perangkat Windows, dimana langkah untuk menghapus aplikasinya yaitu.

  • Akses Finder kemudian buka folder Application pada akun yang sedang pengguna gunakan.
  • Kemudian carilah nama aplikasi atau software yang ingin dilepas pemasangannya lalu tekan Command disertai dengan Delete, langkah ini akan melempar aplikasi tersebut ke dalam Trash.
  • Setelah itu lanjutkan prosesnya dengan klik kanan tepat pada ikon Trash yang ada di Dock kemudian pilih Empty Trash.

2. Melalui Launchpad

Merupakan alat yang juga penting ketika sedang menggunakan perangkat MacBook, fungsinya yaitu untuk menemukan, serta membuka aplikasi. Pengguna bahkan bisa juga mengatur aplikasi untuk dipindah atau dikeluarkan dari dalam folder.

Launchpad bisa juga diartikan sebagai sebuah cara cepat untuk bisa mengakses daftar aplikasi yang ada di Mac melalui tampilan utama. Untuk mengaksesnya bisa melalui shortcut F4 maupun menggunakan gesture yang ada trackpad jika sudah diatur.

  • Akses Launchpad dengan salah satu metode yang disebutkan di atas kemudian carilah aplikasi yang dimaksud aka dihapus.
  • Setelah itu tekan bagian aplikasinya selama beberapa saat lalu lanjutkan dengan mengetuk tanda X.
  • Selanjutnya akan ditampilkan peringatan persetujuan, jika memang aplikasi tersebutlah yang akan dihapus maka ketuk perintah Delete.

3. Melalui Storage

Seperti perangkat lain pada umumnya, MacBook Air juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan dilakukannya pengaturan pada storage. Jika pada perangkat telepon pengaturan ini terletak di file manager, maka pada MacBook letaknya ada di tampilan awal.

  • Ketuk ikon Apple yang ada di sebelah kiri atas tampilan home, kemudian tap opsi About This Mac.
  • Selanjutnya ketuk pilihan Storage dan dilanjutkan dengan memilih opsi Applications yang berada di bar menu sebelah jendela Storage setelah itu ketuk aplikasi yang pengguna ingin hapus.
  • Ketuk perintah Hapus dan ulangi sekali lagi sebagai persetujuan atau konfirmasi tindakan.

Cara Hapus Aplikasi Secara Manual

Pada sebagian aplikasi terutama yang ukurannya besar atau memiliki banyak bagian yang melekat di sistem operasi biasanya memiliki uninstaller. Fitur bawaan untuk mencopot pemasangan ini merupakan sebuah tombol cepat untuk menghapus aplikasi tersebut.

Biasanya Uninstaller ini berupa file yang diletakkan satu folder dengan bagian Application dengan standar  pengaturan bawaan. Misalnya pada Adobe yang di dalam folder Applicationnya terdapat file untuk Uninstal, ketika file dibuka akan muncul tampilan penghapusan.

  • Buka folder file aplikasi.
  • Setelah itu carilah file yang bernama uninstaller.
  • Ketuk file tersebut lalu setujui tindakan untuk menghapus aplikasi.

Cara Hapus dengan Aplikasi Tambahan

Metode-metode yang disebutkan di atas adalah cara hapus aplikasi di MacBook Air paling efisien. Meskipun demikian, dokumen yang terdapat pada folder sistem terkadang masih tertinggal, untuk itu bisa dicoba hapus total dengan aplikasi berikut.

1. Menggunakan AppCleaner

Platform gratis yang sangat bisa diandalkan untuk menghapus aplikasi yang ada di MacBook Air tanpa meninggalkan jejak file apapun. Termasuk seluruh file yang tidak bisa dihapus oleh fitur bawaan perangkat.

  • Buka aplikasi yang bernama AppCleaner tersebut.
  • Ceklis kotak yang ada di samping aplikasi kemudian ketuk opsi Cari, konfirmasi penghapusan lalu ketuk perintah hapus.

2. Memanfaatkan CleanMyMac X

Aplikasi tambahan yang bisa dijadikan alternatif lain sebagai alat penghapusan yang bersih yaitu CleanMyMac X. Cara penggunaannya yaitu dengan masuk ke bar uninstaller kemudian memilih aplikasinya lalu ketuk perintah remove dan biarkan aplikasinya terhapus.

Itulah cara hapus aplikasi di MacBook Air tanpa aplikasi tambahan dan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Penghapusan aplikasi ini sebaiknya memang dilakukan sampai benar-benar bersih yaitu dengan melibatkan aplikasi tambahan.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings