cara mengubah bahasa di capcut

Cara Mengubah Bahasa di CapCut Mobile dan Desktop

*Artikel diperbarui pada 4 Oktober 2023

Sejak dirilis beberapa tahun lalu, CapCut terus mengalami perkembangan fitur untuk memfasilitasi proses edit video secara mudah. Termasuk tersedianya cara mengubah bahasa di CapCut untuk menjangkau lebih banyak orang yang ada di belahan dunia lain.

Beberapa orang mungkin tidak menyadari adanya pengaturan bahasa di CapCut dan terpaksa menggunakan default (English) sekalipun tidak paham. Terlebih bagi yang tidak terbiasa dengan bahasa asing, untuk menghindari kesulitan semacam itu, simak penjelasan berikut.

Macam Bahasa yang Didukung CapCut

Suatu aplikasi yang rekomendasi seharusnya mempertimbangkan kemudahan bagi sebagian besar pengguna,  bukan hanya dari fitur, tampilan, tetapi juga bahasa. Untuk itu, CapCut juga memperhatikan adanya fungsi pengaturan bahasa demi menunjang pengguna dari berbagai latar belakang.

Beberapa contoh yang sudah didukung pada aplikasi video editor meliputi Benua Asia hingga Eropa. Untuk lebih lengkapnya dapat diketahui dari uraian ini, di antaranya:

  • Deutsch untuk bahasa dari Belanda.
  • Malaysia dengan bahasa Melayu.
  • Bahasa Korea dengan bentuk huruf Hangul.
  • Thailand dengan aksara Abugida.
  • Termasuk adanya bahasa Indonesia.
  • Hingga bahasa Jepang, Mandarin, Rusia yang menggunakan aksara khusus.

Sebenarnya masih ada banyak bahasa yang didukung oleh aplikasi ini, total 28 bahasa yang ada dalam daftarnya. Dengan demikian, semakin banyak bahasa juga bisa menambah pangsa pasar dari aplikasi untuk bisa dijangkau secara global.

Hanya saja fitur perubahan bahasa berlaku pada versi mobile dan desktop, tetapi tidak pada CapCut online editor. Sejauh ini editing melalui situs CapCut hanya bisa melayani dalam tiga bahasa, yaitu Portugis, Spanyol, dan Inggris.

Fitur yang tersedia pada versi online editor juga tidak selengkap yang ada di versi lainnya. Jadi, sebenarnya lebih disarankan untuk mengunduh aplikasi CapCut yang tidak membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi, misalnya pada perangkat Android 5.0.

Cara Mengubah Bahasa di CapCut

CapCut memiliki menu Settings seperti layaknya aplikasi lain dengan tujuan memudahkan seseorang dalam melakukan pengaturan. Untuk melakukan pengalihan bahasa di CapCut versi mobile maupun desktop dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Versi Mobile App

Adapun cara yang dapat diterapkan untuk mengubah bahasa pada suatu aplikasi biasanya dimuat pada suatu menu pengaturan. Sebagian besar pengguna aplikasi mobile mungkin bisa mengenali menu ini dengan bantuan simbol serupa metal gear, simak langkahnya:

  • Buka aplikasi CapCut versi terbaru.
  • Tekan ikon pengaturan di sisi kanan atas.
  • Pilih opsi App Language.
  • Akan muncul daftar bahasa, pilih salah satu.
  • Klik tulisan Done di pojok atas.

Setelah selesai melakukan pengaturan, bisa cek tulisan pada fitur dan tab yang ada yang ada di halaman utama. Dengan cara ini memungkinkan seseorang untuk semakin mudah memanfaatkan berbagai fitur karena paham dengan istilah yang digunakan.

2. Versi Desktop App

Diketahui bahwa CapCut juga tersedia dalam versi aplikasi desktop yang sementara ini khusus hanya untuk sistem operasi Windows. Cara mengubah bahasa di CapCut versi desktop juga mungkin dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Klik lalu Enter pada ikon aplikasi CapCut.
  • Di sisi kanan toolbar klik Settings.
  • Lalu pilih Settings lagi.
  • Beralih ke tab Language.
  • Ubah sesuai bahasa yang diinginkan.
  • Tekan Save.

Kendala Tidak Dapat Mengubah Bahasa di CapCut

Segala kemungkinan selalu dapat terjadi, termasuk adanya kendala dalam mengubah bahasa yang tertera di aplikasi CapCut. Tentunya ada penyebab yang mungkin perlu diketahui, untuk itu simak beberapa kemungkinan berikut ini:

  • Versi Aplikasi Lama. Menggunakan aplikasi versi lama juga bisa menjadi salah satu penyebab yang membuat CapCut tidak bisa menerapkan perubahan. Jadi, sebaiknya buka App Store dan segera lakukan update ke versi paling baru supaya bisa mengubah pilihan bahasa.
  • Kesalahan Instal. Kemungkinan lainnya adalah proses pengunduhan aplikasi yang tidak berjalan dengan sempurna. Mungkin proses unduh yang terganggu sinyal atau mendapat installer dari situs yang kurang terpercaya. Sebaiknya lepas aplikasi dan unduh kembali dari situs resmi.
  • Prosedur Belum Tuntas. Penyebab yang mungkin cukup sederhana adalah kesalahan dari pengguna yang melakukan langkah perubahan tidak sampai tuntas. Misalnya salah klik bahasa atau tidak menekan tombol Save/Done yang mengakibatkan perubahan tidak terjadi dengan semestinya.
  • Error Sistem. Kendala juga bisa disebabkan oleh perangkat yang mengalami error atau bug, akhirnya aplikasi tidak bisa menerapkan perubahan seperti seharusnya. Untuk mengatasinya, coba lakukan restart pada perangkat dan nyalakan kembali selepas beberapa saat.

Seperti itulah cara mengubah bahasa di CapCut untuk versi mobile dan desktop yang berguna untuk lebih banyak orang di dunia. Kelak siapapun dengan berbagai latar bahasa tetap bisa menggunakan aplikasi CapCut dengan mudah.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings