cara membuat transisi di capcut

Cara Membuat Transisi Di CapCut Serta Kenali Fitur-Fiturnya

*Artikel diperbarui pada 2 Oktober 2023

Pemakaian CapCut biasa dilakukan untuk keperluan pengeditan video, termasuk menambahkan transisi. Lalu, bagaimanakah cara membuat transisi di CapCut dan apa saja fitur-fitur edit lain yang tersedia? Penjabaran selengkapnya tentang informasi tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

Fitur di CapCut

Selain cara membuat transisi di CapCut, pengguna wajib tahu apa saja fitur-fitur lain di dalam aplikasi edit video tersebut. Di bawah ini adalah tiga fitur yang sering digunakan selain transisi:

1. Filter dan Adjust

Sebagian besar pengguna pasti sudah mengetahui kedua jenis fitur ini, namun masih banyak yang terbalik. Untuk filter sendiri biasanya untuk mengedit foto sesuai tema yang diinginkan, misal Movies, Life, dan lain-lain.

Sedangkan Adjust adalah fitur mengubah aspek detail pada sebuah foto. Sebagai contoh kecerahan, kontras, serta saturasi. Pengguna bisa menggunakan filter dan Adjust sesuai dengan suasana yang diinginkan.

2. Text dan Audio

Kedua fitur tersebut bisa dikatakan nomor satu yang sering dipakai karena termasuk dasar dari pengeditan. Untuk fitur Text pengguna bisa menambahkan tulisan dengan berbagai karakter, ukuran, dan warna ke dalam video.

Di samping itu, ada audio yang dipakai untuk menambahkan suara tambahan ke video. Ada beberapa jenis audio yang bisa dipilih, yakni Effects, Extracted, Sounds, serta Voice Cover. Pengguna dapat memakai keempatnya sesuai kebutuhan pengeditan.

3. Template

Daftar terakhir dari fitur CapCut yang kerap dipakai ialah Template. Fitur tersebut bisa ditemukan di halaman kedua aplikasi. Template merupakan solusi bagi yang tidak ingin mengedit video dari awal.

Hal tersebut disebabkan karena fitur menyediakan macam-macam video populer yang telah diedit. Nantinya video tersebut bisa dihapus dan diganti dengan milik pengguna. Meski begitu, template editannya akan tetap ada.

Kelebihan CapCut

Aplikasi untuk mengedit video sudah banyak tersedia di mana saja. Akan tetapi ada beberapa alasan mengapa pengguna harus memilih untuk mengedit video. Kelebihan-kelebihan tersebut yaitu:

  • Bisa digunakan saat offline dan online. Ada beberapa tambahan fitur yang bisa digunakan jika pengguna memakai CapCut secara online. Namun aplikasi bisa dipakai offline bila ingin menggunakan fitur-fitur dasar saja.
  • Dapat dipakai pemula. Menggunakan aplikasi CapCUt tidak harus mahir dalam dunia pengeditan video. Para pemula juga bisa mencoba karena tampilannya yang mudah dipahami. Selain mudah, tampilan aplikasi juga termasuk rapih.
  • Tidak berbayar. Terdapat banyak aplikasi edit bagus yang mengharuskan pengguna untuk membayar. Namun CapCut bisa dipakai sepuasnya secara gratis. Apalagi pengguna juga tidak harus memakai Watermark pada hasil editannya.
  • Bisa dipakai di berbagai jenis perangkat. Seperti yang telah disinggung, CapCut bisa dipakai di HP dan juga PC. Aplikasi tersebut juga termasuk legal serta video yang dihasilkan juga berkualitas tinggi.

Cara Membuat Transisi CapCut

Untuk menggabungkan dua buah adegan dalam video secara natural dibutuhkan fitur yang bernama transisi. Selain pada video, jenis edit ini bisa dilakukan untuk foto maupun PPT. Transisi pada CapCut sendiri dilakukan dengan dua cara, yakni:

1. Cara Edit Transisi Lewat PC

Aplikasi ini tersedia pada HP maupun PC, seperti laptop ataupun komputer. Pengeditan lewat PC tentu lebih mudah karena layarnya yang lebar. Untuk cara membuat transisi di CapCut melalui PC dapat dilihat di bawah:

  • Cari dan unduh CapCut di situs officialnya.
  • Buka aplikasi setelah selesai terinstall.
  • Klik tombol untuk membuat proyek edit video baru.
  • Cari serta masukkan video ke laman pengeditan.
  • Arahkan kursor ke titik di mana video akan diberi transisi.
  • Klik tombol Ctrl dan B bersamaan atau pilih fitur Split.
  • Tekan menu Transition kemudian cari transisi yang diinginkan.
  • Klik transisi tersebut dan tunggu aplikasi memproses penambahan transisi ke video secara otomatis.

2. Cara Edit Transisi Lewat HP

Bagi pengguna yang tidak ingin ribet juga bisa menambahkan transisi video lewat smartphone saja. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan edit CapCut melalui HP:

  • Unduh CapCut pada marketplace Play Store. Bila HP iPhone, silakan unduh di App Store.
  • Masuk ke aplikasi dan klik New Proyek.
  • Cari dan pilih file Video yang hendak diedit dengan transisi.
  • Lakukan seleksi pada timeline hingga ada bingkai warna putih.
  • Klik fitur Split dan pilih bagian yang memiliki garis putih atau yang ingin ditambahkan transisi.
  • Pilih Overlay, Trending, atau jenis transisi lain yang diinginkan.
  • Klik kotak Checklist untuk diaplikasikan ke video

Demikian cara membuat transisi di CapCut serta fitur-fitur lain yang ada dalam aplikasi ini. Silakan ikuti langkah-langkah yang sudah diterangkan di atas dan gunakan pula CapCut untuk keperluan edit lainnya.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings