cara memasukkan preset lightroom xmp

Begini Cara Memasukkan Preset Lightroom XMP Paling Mudah

*Artikel diperbarui pada 1 Oktober 2023

Pengeditan pada aplikasi Lightroom bisa dilakukan secara manual maupun langsung memasukkan Preset yang dibuat oleh pihak lain. Lalu, bagaimana cara memasukkan Preset Lightroom XMP dengan mudah? Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap tentang caranya:

Tentang Preset Lightroom

Setelah cara memasukkan Preset Lightroom XMP, saatnya mengetahui lebih dalam tentang Preset itu sendiri. Dalam aplikasi bernama Adobe Lightroom Photoshop atau biasa disingkat Lightroom memiliki banyak fitur edit. Di antaranya Contrast, Exposure, hingga White Balance.

Namun terkadang pengguna tidak ingin melakukan cara manual seperti itu. Oleh karenanya digunakanlah Preset atau fitur edit yang sudah diatur sehingga tinggal menerapkannya pada foto. Format file Preset sendiri ada dua, yakni XMP serta DNG.

Seperti yang sudah disinggung, format XMP hasilnya bisa langsung diimport. Hal ini berbanding terbalik dengan DNG yang harus melalui proses Create dulu. Ukuran XMP juga lebih ringan karena hanya hitungan KB saja.

Sedangkan file DNG juga dipakai untuk fotografi digital serta menjadi format penyimpanan data pada Adobe. Digital Negative, atau yang disingkat DNG, bersifat terbuka dan telah dipatenkan. Akan tetapi, memang ukurannya lebih besar dari XMP.

Semua jenis format memang memiliki keunggulan serta kekurangan tersendiri. Pengguna bisa mempertimbangkan mana yang cocok dengan keinginan. Namun jika lebih memilih menggunakan Preset XMP, ikuti saja langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Kelebihan Penggunaan Preset Lightroom

Memakai Preset ketika melakukan proses pengeditan dalam aplikasi Lightroom Photoshop memberikan banyak kemudahan. Lantas apa saja kelebihan dari pemakaian Preset dibanding cara manual? Tiga kelebihannya bisa disimak di bawah ini:

1. Hasil Edit Konsisten

Seperti yang telah diketahui, Preset adalah gabungan dari editan warna, cahaya, kekontrasan, dan lain sebagainya. Artinya meskipun file telah dipakai untuk mengedit berulang kali, hasilnya pasti akan tetap sama.

Bagi pengguna yang suka mengatur Feeds Instagram wajib untuk menggunakan Preset pada setiap foto yang akan diunggah. Dengan begitu semua foto di Feeds terlihat lebih cantik bila dilihat secara keseluruhan karena warnanya seragam.

2. Bisa Mengedit Banyak Foto Secara Langsung

Apabila ingin mengedit beragam file foto tidak perlu dilakukan satu persatu. Teknologi dari aplikasi Adobe Lightroom telah memungkinkan pengguna untuk melakukan proses edit untuk banyak foto secara langsung.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu mengatur pencahayaan, warna, saturasi, dan lainnya pada setiap gambar. Cukup gunakan Preset Lightroom dan hasilnya akan seragam. Meski begitu, kecocokan Preset pada tiap gambar perlu diperhatikan juga.

3. Hemat Waktu

Keunggulan terakhir dari pengaplikasian Preset yakni sangat menghemat waktu. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, pengguna bisa mengedit banyak gambar dalam satu kali proses.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan mungkin hanya 2 menit hingga proses pengunduhannya. Hal ini dikarenakan pengguna hanya perlu melakukan Preset dalam sekali klik. Berbeda bila pengeditan manual yang harus mencocokkan semua fitur lebih dulu.

Cara Memasukkan Preset Format XMP

File XMP digunakan sebagai standar untuk segala proses dokumen digital oleh pihak Adobe. Keunggulannya yakni file bisa langsung diimport. Cara memasukkan Preset Lightroom XMP yakni:

  • Buka perangkat Android dan unduh aplikasi Adobe Lightroom.
  • Akses peramban kemudian cari Preset Lightroom yang berformat XMP.
  • Unduh Preset tersebut dan lakukan Extract File supaya dapat dimasukkan ke dalam aplikasi.
  • Buka folder Adobe Lightroom di penyimpanan HP jika proses Extract sudah selesai.
  • Klik menu Penyimpanan Perangkat atau Pengelola File.
  • Cari folder yang berisi file Preset XMP yang sudah diunduh sebelumnya.
  • Klik dan tahan folder tersebut, lalu pilih menu Salin atau Copy.
  • Temukan folder Android dan masuk ke Data.
  • Klik folder yang bernama com.adobe.irmobile kemudian pilih File.
  • Tekan CarouselDocuments dan pilih folder 00000000.
  • Klik Profiles kemudian pilih Setting.
  • Tekan Paste untuk memindah Preset ke folder bernama UserStyles.
  • Akses aplikasi Adobe Photoshop yang telah diunduh pada perangkat.
  • Klik fitur Semua Foto dan tekan tanda + atau Tambah.
  • Temukan dan pilih foto yang hendak diedit.
  • Tunggu hingga aplikasi memuat laman untuk pengeditan.
  • Klik fitur Preset dan Warna kemudian buka folder yang telah di salin ke UserStyles sebelumnya.
  • Pilih Preset yang ingin diaplikasikan ke foto.

Setelah memasukkan Preset ke gambar dan dirasa sudah cocok, maka pengguna bisa langsung mengunduh hasil editannya. Jikalau belum cocok, silakan unduh file yang lain. Filenya dapat dicari pada situs penyedia Preset Lightroom Photoshop.

Itu dia cara memasukkan Preset Lightroom XMP dengan mudah. Pengguna sudah bisa melakukan edit foto tanpa harus mengatur fitur-fiturnya yang rumit. Pahami juga tentang Preset dan keunggulannya yang dijabarkan di atas.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings