cara buat ppt di macbook

Cara Buat PPT Di Macbook Paling Mudah, Cocok Untuk Presentasi

*Artikel diperbarui pada 3 Oktober 2023

Kadangkala, PPT dibutuhkan untuk tugas sekolah maupun pekerjaan. Hal ini membuat pengguna Macbook harus tau cara buat PPT di Macbook juga, bukan? Sedikit berbeda dengan membuat PPT di laptop lain, lakukan cara membuat PPT di Macbook ini:

Dengan Aplikasi Bawaan Macbook

Cara yang pertama untuk membuat PPT dari Macbook adalah dengan memanfaatkan aplikasi office bawaan dari Macbook. Macbook sendiri hadir dengan tiga aplikasi dasa. Salah satunya adalah Keynote yang siap membantu pembuatan PPT dari Macbook.

Caranya cukup mudah. Pengguna hanya tinggal masuk ke aplikasi Keynote yang sudah tersedia di Macbook di bagian menu bar. Kemudian, ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk bisa membuat PPT dari aplikasi ini.

Dengan aplikasi Keynote pengguna bisa mendapatkan fitur dasar pembuatan PPT. Beberapa pengeditan dasar pun bisa dilakukan untuk PPT yang dibuat. File yang disimpan akan otomatis berformat .pptx dan bisa diimpor ke perangkat lain.

Dengan Aplikasi dari Office

Seperti di laptop lain, di Macbook juga tetap bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Office. Cara buat PPT di Macbook juga bisa dilakukan dengan mendapatkan office yang sesuai dengan Macbook. Karenanya, dua Office berikut ini cocok untuk diinstal di Macbook:

1. Microsoft Office

Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Office. Layanannya untuk pengguna sudah sangat melegenda di kalangan pengguna laptop yang menggunakan Windows atau yang lainnya. Namun ternyata, pengguna iOS juga bisa mendapatkan layanan dari Microsoft Office.

Untuk bisa memanfaatkan Microsoft Office dari Macbook, tentu harus dilakukan penginstalan perangkat Microsoft Office ke Macbook yang digunakan. Setelah perangkat lunaknya terpasang, Words, Excel, hingga Powerpoint bisa dibuat dari Macbook.

2. LibreOffice Impress

Alternatif perangkat Office lain yang juga bisa digunakan selain dari Microsoft adalah perangkat LibreOffice. Pada dasarnya, aplikasi ini juga merupakan aplikasi Office yang menyediakan aplikasi pengolah data, kata, dan presentasi seperti Microsoft Office.

Sama dengan Microsoft Office, LibreOffice Impress juga mengharuskan pengguna untuk memasang perangkat lunak di Macbook yang digunakannya. Setelahnya, membuat PPT, mengolah kata, dan data angka bisa dilakukan langsung dari Macbook.

Dengan Situs Web Pembuat PPT

Selain itu, pengguna Macbook juga bisa membuat PPT di Macbook melalui situs. Beberapa situs web ini menjadi pilihan cara buat PPT di Macbook yang jitu karena fitur yang ditawarkannya. Untuk itu, coba beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Google Slides

Aplikasi Google sudah menjadi salah satu fitur andalan Google yang bisa diandalkan oleh pengguna Google. Tak peduli perangkat apapun yang digunakan, aplikasi Google bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Untuk membuat PPT tentu Google Slides ahlina.

Google Slides bisa diakses dari mana saja termasuk dari Macbook. Penggunaannya tak perlu menginstal aplikasi sehingga aksesnya sangat mudah. Pembuatan PPT bisa dimulai dari situs web dan PPT dengan mudah bisa dibagikan dengan orang lain.

2. Canva

Yang kedua, ada situs web editing yang terkenal di kalangan pengguna, apalagi kalau sering melakukan editing sederhana. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Canva. Untuk membuat PPT, fitur slides pada Canva sungguh bisa diandalkan.

Canva sendiri bisa dioperasikan langsung dari situs web jika pengguna tidak ingin memasang aplikasi. Di dalam situs web, tinggal pilih saja layanan pembuatan slide. Nantinya akan ada berbagai template PPT yang keren dan siap untuk digunakan.

3. Prezi

Ada juga Prezi Desktop yang siap membantu pembuatan PPT di Macbook. Situs web yang satu ini hampir sama dengan Canva yang menyediakan template PPT yang siap untuk digunakan. Tak perlu ragu, sebagian besar fiturnya tersedia secara gratis.

Prezi juga mengizinkan pengguna untuk mengakses fiturnya tanpa aplikasi. Tinggal masuk saja ke aplikasi dan mendaftar ke akun. Setelahnya, semua fitur yang ada di Prezi bisa dinikmati. Jika ingin fitur lanjutan, pengguna juga bisa melakukan pembayaran untuk versi Pro.

4. iSkySoft Slideshow Maker for Mac

Yang terakhir adalah situs web yang khusus melayani pengguna Macbook yang ingin membuat slide atau PPT. Penggunaan situs ini harus berbayar. Namun pembayaran yang dilakukan pun pasti sebanding dengan fitur yang ditawarkan oleh situs ini.

Tak perlu khawatir karena ada masa trial gratis dari situs web ini. Manfaatkan saja fitur tersebut sebelum memutuskan untuk membeli versi pro.

Itulah beberapa cara buat PPT di Macbook yang perlu diketahui oleh pengguna Macbook. Meski sedikit berbeda dengan laptop Windows dan yang lainnya, cara-cara yang bisa dilakukan cukup mudah. Dengan begitu, pengguna tetap bisa membuat presentasi yang menarik.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings