cara mengganti wallpaper macbook

Cara Mengganti Wallpaper Macbook dengan Cepat dan Mudah

*Artikel diperbarui pada 30 September 2023

Wallpaper menjadi gambar utama setelah lock screen yang akan muncul ketika membuka desktop komputer maupun MacBook. Agar tidak bosan, layar desktop tersebut dapat diubah tampilannya dengan cara mengganti wallpaper MacBook sesuai keinginan penggunanya.

Pengguna MacBook dapat mengatur atau mengubah tampilan latar belakang desktop dengan gambar apapun yang tersimpan pada perangkat. Mengganti gambar wallpaper pada MacBook ini hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Simak berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengganti Wallpaper pada MacBook

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengganti wallpaper MacBook. Tampilan wallpaper ini dapat dipilih melalui gambar yang default dari MacBook ataupun gambar yang ditambahkan sendiri pada perangkat tersebut.

Gambar yang ditambahkan sendiri dapat berupa foto yang sebelumnya diambil atau gambar yang sudah di download dari website tertentu. Khusus untuk foto yang diambil sendiri maka pengguna perlu menyalin/memindahkan foto tersebut ke perangkat MacBook.

1. Melalui System Preferences

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengganti wallpaper MacBook yaitu melalui system preferences. Cara mengatur wallpaper ini cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Tekan ikon apple pada menu atas layar untuk membuka system preferences. Selain itu, pengguna juga dapat membuka system preferences melalui folder aplikasi.
  • Setelah system preferences terbuka, pilih menu desktop & screen saver yang terletak pada baris pertama.
  • Jika setelah membuka menu tersebut diarahkan pada screen saver maka pilih desktop sebelum melanjutkan.
  • Selanjutnya pilih folder di bawah kata Apple, maka gambar akan muncul pada panel kanan.
  • Pilih gambar yang ingin dijadikan sebagai wallpaper dan klik gambar tersebut. Nantinya gambar wallpaper pada desktop akan berubah.

2. Melalui Menu Picture

Selain dengan system preferences, mengganti wallpaper MacBook juga dapat dilakukan melalui menu picture langsung. Cara mengganti wallpaper MacBook sangat mudah untuk dilakukan, simak berikut langkah-langkahnya.

  • Pada menu finder pilih picture, maka gambar akan muncul pada panel sebelah kanan.
  • Selanjutnya pilih gambar yang ingin diatur sebagai wallpaper.
  • Kemudian klik kanan, lalu pilih set desktop picture pada menu paling bawah. Maka wallpaper pada MacBook akan berubah secara otomatis sesuai dengan gambar yang sudah dipilih sebelumnya.

Cara mengganti wallpaper ini juga berlaku untuk gambar yang terdapat pada website tertentu. Jika gambar pada website tersebut ingin dijadikan sebagai wallpaper, maka cukup klik kanan pilih set desktop picture.

3. Melalui Photo Library

Pada dasarnya foto apa saja dapat diatur sebagai wallpaper pada MacBook, salah satunya foto yang terdapat pada library. Cara mengganti wallpaper MacBook satu ini sama mudahnya dengan cara sebelumnya, simak langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi foto yang biasanya terdapat pada menu taskbar MacBook.
  • Selanjutnya, pilih gambar yang ingin diatur sebagai wallpaper pada Photo Library tersebut. Foto yang ingin dipilih sebelumnya harus sudah tersimpan pada perangkat MacBook bukan pada iCloud.
  • Setelah menemukan foto yang ingin digunakan pada photo library, maka klik tombol bagikan pada sudut kanan atas. Tombol tersebut terlihat seperti kotak dengan panah vertikal, lalu pilih set desktop picture.
  • Setelah langkah tersebut selesai, maka wallpaper MacBook akan otomatis berubah

Cara Mengatur Tampilan Wallpaper pada Desktop MacBook

Selain mengganti gambar wallpaper pada MacBook, pengguna juga dapat mengatur tampilan wallpaper tersebut. Tampilan wallpaper tersebut dapat diatur menjadi gambar full pada desktop atau tampilan lainnya. Berikut beberapa langkah mengatur tampilan wallpaper yang bisa dilakukan.

  • Buka layar preferensi desktop dengan membuka system preferences dengan klik ikon apple.
  • Kemudian pilih desktop & screensaver, dengan mengarahkannya pada tombol desktop.
  • Selanjutnya ubah tampilan gambar wallpaper sesuai keinginan pengguna pada tombol opsi di sebelah ikon gambar wallpaper.

Tampilan wallpaper pada desktop ini memiliki beberapa opsi tampilan dengan cara kerja yang berbeda. Terdapat beberapa opsi tampilan wallpaper yang bisa pengguna pakai. Agar lebih jelas berikut cara kerja untuk setiap opsi tampilan wallpaper tersebut.

  • Full screen. Opsi ini memperbesar gambar hingga layar tertutup penuh. Tampilan gambar akan terpotong jika rasio ukurannya berbeda dengan layar MacBook yang digunakan.
  • Fit to screen. Opsi ini akan memperbesar gambar wallpaper dengan menyesuaikan ketinggian layar MacBook. Pada gambar yang berbentuk landscape maka akan terdapat batas hitam di kedua sisinya.
  • Stretch to fill screen. Opsi ini akan mendistorsi foto untuk mengisi seluruh layar tanpa terpotong.
  • Center. Menempatkan foto di posisi tengah.
  • Tile. Mengulangi gambar dalam kisi untuk mengisi layar.

Itulah cara mengganti wallpaper MacBook yang bisa dicoba. Beberapa cara mengatur wallpaper di atas ini sangat mudah untuk dilakukan. Mengganti wallpaper ini hampir sama untuk berbagai jenis MacBook yang dipakai, seperti iMac, MacBook Air maupun MacBook Pro.

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings