cara mengatasi winrar diagnostic messages

5 Cara Mengatasi WinRAR Diagnostic Messages Dengan Mudah

*Artikel diperbarui pada 9 Agustus 2023

Bagaimana cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages yang sedang mengalami masalah? Biasanya, masalah yang timbul adalah tidak bisa dibuka. Masalah tersebut bisa saja disebabkan oleh aplikasi sendiri. oleh karena itu, seringkali orang-orang kebingungan bagaimana cara membukanya.

Tidak perlu khawatir, karena disini akan diberikan sedikit ulasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Bagi yang belum tahu tentang WinRAR, simaklah artikel ini hingga selesai.

Apa Itu WinRAR?

WinRAR merupakan salah satu sistem operasi atau software dalam Windows yang bertugas untuk mengarsipkan berbagai macam file. Dengan menggunakan software bernama WinRAR ini, pengguna dapat membuat serta melihat arsip file tadi dalam bentuk format RAR/ZIP.

Umumnya, WinRAR dikenal sebagai salah satu software kompresi paling mudah karena dengan WinRAR, pengguna dapat mengarsipkan banyak file menjadi satu. Tentunya, dengan menggunakan WinRAR akan sangat memudahkan pengguna dalam menyimpan file dalam jumlah banyak.

Tidak hanya sistem operasi Windows saja yang mendukung WinRAR tersebut, melainkan MacOS, Linux, dan lainnya. Bahkan, WinRAR ini juga sudah terdapat dalam versi android yang diberi nama RAR. Meskipun aslinya WinRAR ini program khusus Windows.

WinRAR inipun juga memiliki beberapa fungsi penting selain hanya dalam masalah pengarsipan file. Apa saja fungsinya?

  • WinRAR membantu dalam memperkecil ukuran file yang kemudian disimpan sebagai arsip. Dengan menggunakan WinRAR, ukuran yang akan diperkecil bisa turun hingga 50% dari ukuran aslinya. Sehingga dengan hal ini, dapat menghemat ruang penyimpanan.
  • Membantu dalam mempercepat pengiriman file. Ketika hendak mengirimkan file, apabila ukurannya kecil maka otomatis pengiriman menjadi lebih cepat. Baik berupa file asli ataupun hasil copy.
  • WinRAR mendukung berbagai format kompresi yang mana saat ini sudah terdapat beragam situs kompresi. Namun dengan menggunakan WinRAR ini, pengguna tidak perlu lagi repot mengkompres file nya.
  • Fungsi penting dari WinRAR adalah mengamankan file dari serangan virus. Seringkali terjadi permasalahan bahwa file yang disimpan terkena virus, namun dapat dipastikan aman apabila menggunakan WinRAR.

Bagaimana Cara Mengatasi WinRAR Diagnostic Messages?

Terdapat beragam cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages yang dapat dilakukan. Apa saja caranya? Berikut penjelasan lengkapnya:

1.  Dengan Mengupdate Versi WinRAR

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah mengupdate WinRAR ke versi terbaru. Biasanya, file yang disimpan dengan menggunakan WinRAR adalah file terbaru, sedangkan software yang terpasang sudah lama. Jadi perlu mengupdatenya.

Apabila softwarenya bukan termasuk versi yang sama seperti file tersebut, maka file nya akan sulit dibuka atau mengalami masalah. Software WinRAR yang ada pada perangkat tersebut tidak akan bisa mengekstrak file.

Permasalahan seringkali terjadi apabila file yang diarsipkan tadi disimpan dengan versi 5, maka ketika membukanya dengan versi 4 tidak bisa. Jadi untuk membukanya harus menggunakan versi yang sama atau lebih baru.

2. Dengan Mengabaikan Error Yang Terjadi

Cara kedua yang dapat digunakan untuk mengatasi WinRAR Diagnostic Messages adalah dengan mengabaikan error yang terjadi pada file tersebut. Biasanya, apabila terdapat sebuah elemen file yang hilang atau tak terbaca akan menyebabkan file rar corrupt.

Terdapat beragam cara mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah mengekstrak file terlebih dahulu. Pertama silahkan klik kanan file RAR dan kemudian pilih Extract File. Setelah dialog muncul, centang Keep Broken File dan kliklah OK.

3. Dengan Melakukan Repair Ulang

Cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages berikutnya adalah dengan melakukan repair ulang software. Terdapat kemungkinan WinRAR tidak bisa di ekstrak dikarenakan item yang corrupt. Selain itu, juga bisa dikarenakan label atau penempatan yang salah.

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dicoba dengan merepair ulang. Setelah diperbaiki, file tadi akan dapat diakses kembali.

4. Dengan Mengunduh Ulang Aplikasi

Seringkali, file arsip yang di download mengalami corrupt, maka dapat dipastikan bahwa file tersebut tidak akan dapat dibuka atau digunakan. Terdapat beberapa penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi, seperti adanya koneksi internet yang tidak stabil.

Tidak hanya itu saja, permasalahan tersebut juga bisa terjadi karena sering terjadi pause pada resume file, ganti server, dan lainnya. Maka segera lakukan pengunduhan ulang aplikasi.

5. Dengan Toolbox Rar Recovery

Cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages yang terakhir adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut bernama Rar Recovery Toolbox. Aplikasi ini mampu membantu memperbaiki kerusakan berbagai macam file salah satunya RAR yang mengalami corrupt.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi WinRAR Diagnostic Messages yang pastinya akan memudahkan dalam pengarsipan data. Dengan menggunakan software ini, pekerjaan yang berat akan menjadi ringan karena tidak perlu repot mengirim file satu persatu.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings