cara blokir software menggunakan windows firewall

Cara Blokir Software Menggunakan Windows Firewall [Updated]

*Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2023

Jika komputer bermasalah banyak virus yang menyerang, tak perlu khawatir. Hal ini karena cara blokir software menggunakan windows firewall. Firewall merupakan pengaturan yang ada di komputer berlogo bola dunia dan tembok berwarna merah.

Fungsi dari firewall untuk komputer sebagai sistem keamanan yang digunakan untuk melindungi perangkat komputer dari virus, spam atau hal yang membahayakan lainnya.

Biasanya firewall otomatis akan aktif ketika membuka game atau aplikasi lain dan firewall bekerja untuk mengontrol akses aplikasi yang dibuka tersebut.

Cara Memblokir Software Melalui Firewall 

Kemungkinan besar masih banyak pemilik laptop/PC yang belum mengetahui cara blokir software menggunakan windows firewall. Padahal memblokir software dengan firewall dapatkan keuntungan yang banyak.

Salah satu keuntungan meningkatkan keamanan pada perangkat laptop, menghindari serangan virus dan lainnya serta lebih menghemat kuota internet. Jangan khawatir walaupun manual cara ini akan mudah dipahami jika mengikuti rule dibawah ini:

  • Langkah pertama buka laptop dan masuk ke halaman pencarian dan ketik Firewall jika sudah ketemu klik Open untuk mengaksesnya.
  • Selanjutnya masuk ke halaman Firewall dan perhatikan kolom bagian kiri, klik “Inbound Rule” akan membuka beberapa opsi pilih “New Rule”.
  • Selanjutnya untuk memblokir software pilih “Rule type” kemudian ubah ke opsi “Programs” kemudian klik Next untuk melanjutkan.
  • Kemudian muncul halaman baru dan pilih opsi “This Program Path” lalu cari aplikasi atau software yang akan di blokir di pencarian browser dan klik Next untuk melanjutkan.
  • Akan muncul halaman baru dan pilih “Block The Connection” kemudian lanjut klik Next dan centang pada pilihan Domain, Private dan public kemudian klik lanjut.
  • Sebelumnya beri nama rule sesuai keinginan kemudian klik Finish untuk mengakhirinya dan pemblokiran berhasil.

Program software sudah berhasil diblokir oleh firewall langkahnya cukup mudah bukan. Namun langkah di atas, hanya memblokir koneksi yang diterima saja untuk koneksi yang dikirim belum selesai.

Untuk memblokir bagian outbond/Dikirim dapat melakukan semua langkah di atas, kecuali poin nomor 2. Untuk poin nomor 2 pilih Outbound Rule klik kanan dan pilih opsi New Rule. Jika sudah dilakukan berarti software benar sudah terblokir sempurna.

Cara Mengetes Software Sudah Benar-Benar Terblokir

Mengetahui ulang bahwa firewall bermanfaat melindungi keamanan perangkat komputer dari serangan virus dan bahaya dari luar. Pastikan sudah memblokir dengan benar Software yang tidak penting dan melakukan pengecekan ulang. 

Nah, bagi yang masih ragu dengan hasil pemblokiran Software sebelumnya bisa mengecek kebenaran hasil blokir. Pengecekan ini dilakukan melalui task manager dengan melakukan langkah berikut ini:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan klik tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan dan otomatis akan masuk ke Microsoft Disk Operating System.
  • Selanjutnya pilihlah task manager dan masuk melalui user pemilik laptop.
  • Kemudian buka software yang sudah tersetting oleh firewall dan kembali ke jendela Task manager dan buka bagian Network.
  • Jika sudah pastikan kekuatan internet menunjukkan 0 mbps dan tidak naik. Jika memang tidak naik kecepatan internet berarti software benar berhasil diblokir oleh firewall.

Demikian cara mengetes Software yang diblokir dengan langkah sebelumnya berhasil atau belum. Jika sudah mengatasinya dengan langkah di atas akan mudah mengetahui status Software terblokir.

Lantas, Bagaimana Cara Mengembalikan Software yang Terblokir

Terkadang sudah memblokir Software muncul pertanyaan apakah bisa mengembalikan Software yang sudah terblokir? Jawabnya bisa. Jadi tidak perlu khawatir bagi yang menginginkan Software kembali, karena dibutuhkan cukup melakukan langkah berikut ini:

  • Langkah pertama buka laptop dan masuk ke halaman pencarian dan ketik Firewall jika sudah ketemu klik Open untuk mengaksesnya.
  • Selanjutnya masuk ke halaman Firewall dan perhatikan kolom bagian kiri klik “Inbound Rule” akan terbuka.
  • Selanjutnya cari software pada “Inbound Rule” yang ingin dikembalikan ke semula.
  • Kemudian klik pada software yang ingin dikembalikan klik Delete.
  • Kemudian lakukan langkah sebelumnya berulang pada “Aturan Keluar”. 
  • Dengan demikian pengaturan pemblokiran oleh firewall akan hilang dan software kembali aktif.

Demikian cara mengembalikan software yang sebelumnya sudah terblokir oleh firewall ternyata bisa dikembalikan seperti semula. Jadi tidak perlu khawatir, jika suatu saat membutuhkan Software yang sudah terblokir cukup melakukan cara diatas.

Itulah penjelasan pentingnya terkait cara Blokir Software menggunakan Windows firewall yang bisa dilakukan serta dapat melakukan pengetesan kebenaran pemblokiran Software. Selain itu Software yang sudah terblokir bisa dikembalikan dengan mudah melalui cara diatas.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings