cara split screen macbook pro

Cara Split Screen MacBook Pro yang Perlu Dipahami

*Artikel diperbarui pada 12 Agustus 2023

Pengguna MacBook Pro sudah dimudahkan dengan adanya fitur Split View. Dengan adanya fitur ini, maka proses membuka dua aplikasi secara bersamaan akan sangat memungkinkan. Cara split screen MacBook Pro juga sangat mudah dan tidak membingungkan.

Namun bagi pemula, proses ini akan sulit untuk diselesaikan. Oleh karenanya, pada bagian ini akan diberikan informasinya secara mendetail. Agar bisa menjalankannya dengan mudah, maka lihat prosesnya sebagai berikut:

Cara Membagi Layar dengan Fitur Split View

Pada penjelasan pertama ini akan dipaparkan cara membagi layar sampai selesai. Mungkin bagi pengguna lama, cara split screen MacBook Pro bukanlah proses yang rumit. Namun untuk pengguna baru, hal ini memerlukan proses adaptasi.

Oleh karenanya, prosesnya akan dipaparkan per langkah agar mudah dipahami. Jika ingin mengikutinya, pastikan untuk menelaah satu per satu prosesnya dengan baik. Simak rincian prosesnya berikut ini:

  • Pertama, buka dulu salah satu aplikasi yang akan difungsikan. Jenis aplikasinya tidak dibatasi dan bisa apa saja.
  • Kemudian perhatikan bagian atas aplikasinya, dan akan terlihat deretan tombol kuning, merah, dan hijau di bagian kiri.
  • Untuk melanjutkan proses, posisikan trackpad di bagian tombol hijau. Tidak perlu dipencet, dan hanya posisikan di bagian atasnya saja.
  • Nantinya akan muncul deretan ospi yang bisa dipilih. Pencet saja bagian “Tile Window to Left of Screen” jika ingin memposisikan di bagian kiri. Sedangkan jika ingin memposisikan di bagian kanan, pilih opsi “Tile Window to Right of Screen”.
  • Lalu untuk tahapan selanjutnya, buka aplikasi lain yang akan dimanfaatkan dan nantinya akan langsung terbuka di bagian satunya. Sedangkan jika ingin membuka aplikasi lain, maka salah satunya harus ditutup terlebih dahulu.

Perlu dipahami bahwa proses tersebut bisa dijalankan secara offline. Jadi tidak perlu jaringan internet untuk melakukannya karena fitur ini adalah bawaan MacBook pro. Hal ini, tentunya akan memudahkan proses memanfaatkan fiturnya.

Meski demikian, rincian cara tersebut tidak boleh disepelekan. Jika ada satu tahap yang terlewat, maka kemungkinan besar akan muncul rasa bingung dari pengguna baru. Jadi semua aspek harus mendapat perhatian.

Bagaimana Jika Fitur Split View Tidak Muncul?

Nyatanya, tidak semua MacBook memiliki fitur Split View. Namun untuk MacBook Pro ini, fitur Split View sudah disediakan untuk dipakai. Meski demikian, terkadang fitur ini tidak muncul karena pengaturan MacBook yang masih baru.

Jika hal ini terjadi, maka pengguna harus melakukan proses pengaturan terlebih dahulu. Fitur Split View yang tidak muncul bukan karena MacBook Rusak. Oleh karenanya, segera jalankan pengaturan berikut ini untuk menyelesaikannya:

  • Masuk dulu ke bagian “Settings” di Macbook.
  • Kemudian pilih menu “Apple” dan lanjutkan dengan memilih opsi “System Preferences”.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi lanjutan, dan pencet saja “Mission Control”.
  • Pada tahapan selanjutnya, pastikan bagian “Display Have Separate Spaces” sudah aktif atau menyala. Jika belum aktif, maka centang kotaknya.
  • Lalu coba metode membagi layar sesuai panduan di atas.

Sesuai dengan arahan tersebut, maka proses pemanfaatan fitur Split View bisa dilakukan setelah pengaturan dijalankan. Coba saja tahapannya sesuai metode yang sudah dipaparkan pada poin pertama di atas.

Jika hal ini tidak memberikan solusi, maka lebih baik untuk menanyakan kepada ahlinya. Bisa jadi sistem MacBook Pro yang dimiliki sedang dalam kondisi struktur sistem yang tidak baik, sehingga penanganan ahli diperlukan dalam prosesnya.

Cara Keluar dari Fitur Split View

Selain mengetahui cara split screen MacBook Pro, perlu dipahami juga cara untuk keluar dari fiturnya. Proses ini mungkin akan ditanyakan oleh pengguna MacBook Pro yang belum terlalu familiar. Oleh karenanya, proses keluar ini akan diinformasikan.

Sebenarnya, untuk keluar dari fitur Split View ini tidak terlalu sulit. Setidaknya hanya ada empat langkah yang bisa dijalankan. Jika penasaran bagaimana proses dan penyelesaiannya, maka simak detail berikut ini:

  • Pada tahap pertama, tutup dulu satu aplikasi yang terbuka.
  • Kemudian arahkan trackpad ke bagian tombol hijau di aplikasi yang masih terbuka.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi sesuai prosedur pertama. Pencet saja tombol “Enter Full Screen”.
  • Dengan proses ini, maka layar akan kembali seperti semula.

Melalui proses tersebut, maka sudah dipahami dengan jelas bagaimana cara keluar dari fitur Split View tersebut. Pastikan tahapannya dijalankan secara terstruktur agar tidak menemukan hambatan selama prosesnya dijalankan.

Semakin sering membuka fitur ini, maka proses keluarnya akan lebih mudah untuk dilakukan. Oleh karenanya, telaah prosesnya dengan baik dan jalankan secara berkala. Dengan demikian, prosesnya tidak akan membingungkan.

Demikianlah rincian cara split screen MacBook Pro yang bisa dijalankan. Selain cara split screen, sudah dijelaskan juga cara mengatasi permasalah serta menutup fiturnya. Jadi pastikan untuk memahami semuanya agar bisa diaplikasikan dengan mudah

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings