cara resize pdf di macbook

Cara Resize PDF di MacBook dengan 2 Metode Berbeda

*Artikel diperbarui pada 12 Agustus 2023

Terkadang, file PDF di MacBook yang dimiliki dari berbagai sumber memiliki ukuran yang besar. Akhirnya, proses pengiriman ulang akan sulit untuk dilakukan. Perlu diketahui bahwa, cara resize PDF di MacBook ini dapat dilakukan dengan mudah.

Pada artikel ini, akan diberikan informasi tentang proses resize tersebut. Selain itu, akan diberikan pula beberapa tips yang potensial untuk dijalankan. Jika penasaran bagaimana prosesnya, maka simak detail berikut ini:

Cara Resize PDF untuk Pengguna MacBook

Untuk penjelasan pertama, akan diberikan rincian informasi tentang cara melakukan resize. Sebenarnya proses resize ini terbagi menjadi dua golongan berbeda. Pertama bisa dengan Preview, dan kedua bisa dengan ColorSync.

Agar lebih mudah dipahami, maka proses penjelasannya akan dipaparkan secara satu per satu. Pastikan untuk memahami detailnya dengan baik, agar tidak ada yang salah. Simak penjelasan ini untuk mengetahui penjelasannya:

1. Mengurangi Size PDF dengan Preview

Cara pertama yang bisa dijalankan adalah dengan memanfaatkan Preview. Sebenarnya MacBook sudah menyediakan fitur ini untuk langsung difungsikan. Karena sudah ada fiturnya, maka tidak perlu memanfaatkan software tambahan.

Hasil resize dari Preview ini juga baik. Jika tidak percaya dengan fakta ini, maka bisa dicoba terlebih dahulu. Sedangkan jika penasaran dengan caranya, maka simak rincian yang akan dipaparkan sebagai berikut:

  • Pertama, buka dulu file PDF yang ukurannya ingin dikecilkan. Pastikan untuk membukanya dengan Preview dan jangan fungsikan aplikasi lainnya. Agar bisa cocok, maka pencet tombol kanan di file dan pilih “Preview (default)”.
  • Setelah file PDF terbuka, lalu pence menu “File” dan pilih sub menu “Eksport” untuk melanjutkan.
  • Nantinya akan ada kotak dialog yang muncul dan harus diedit oleh pengguna. Pencet saja bagian “Quartz Filter” untuk membuka pilihannya.
  • Saat deretan pilihan sudah muncul, kemudian pilih bagian “Reduce File Size”.
  • Terakhir, pencet tombol “Save” dan file akan otomatis memiliki ukuran yang lebih kecil.

Proses di atas harus dijalankan secara terstruktur dan terperinci. Jangan sampai ada struktur yang terlewat karena akan berkaitan dengan hasilnya. Telaah dengan baik prosesnya agar prosesnya tidak menemukan hambatan.

2. Mengurangi Size PDF dengan ColorSync

Selain dengan Preview, cara resize PDF di MacBook juga bisa dilakukan dengan ColorSync. Pilihan fitur ini juga bisa difungsikan. Uniknya, meski ukurannya mengecil namun penggunaan ColorSync tidak membuat kualitasnya berkurang.

Namun untuk mewujudkannya, ada serangkaian cara yang harus dijalankan. Jika dibandingkan dengan metode pertama, maka cara ini memiliki urutan langkah yang lebih banyak. Berikut rincian proses yang harus dijalankan:

  • Untuk langkah awal, buka dulu file PDF yang ingin dikecilkan.
  • Kemudian buka bagian menu “ColorSync” yang tertera.
  • Lalu pilih opsi “Duplicate the Filter” dan pencet tombol “Reduce File Size”.
  • Pada langkah selanjutnya, ganti namanya menjadi susunan baru. Sesuaikan saja dengan keinginan dan kebutuhan.
  • Selanjutnya, ganti opsi “Image Adjustment” sesuai standar. Ukuran standar untuk “Resolusi” adalah “144”. Sedangkan untuk kualitasnya ganti menjadi “High”.
  • Opsi “JPEG” harus dalam kondisi “Mode”, dan bagian “Quality” harus berada di posisi tengah.
  • Jika semua proses sudah selesai, maka pencet tombol “Save”.

Karena langkah-langkahnya banyak, maka pastikan setiap detailnya tidak ada yang terlewat. Semakin baik proses penyelesaiannya, maka kemungkinan hambatan yang muncul akan semakin kecil. Oleh karenanya, tingkat fokus harus diperhatikan.

Tips Resize PDF di Macbook

Bukan hanya informasi tentang cara resize PDF di MacBook saja yang penting, namun akan diberikan rincian tipsnya juga. Proses resize akan memberikan dampak yang lebih baik dengan pemanfaatan tips-tips ini.

Setidaknya ada empat tips yang bisa dijalankan dan dijadikan acuan. Agar lebih mudah dipahami, maka setiap tips akan diuraikan secara singkat. Jika ingin tahu apa saja tipsnya, maka lihat daftar berikut ini secara menyeluruh:

  • Pastikan prosesnya berjalan sampai selesai. Jangan keluarkan file saat proses berlangsung karena hal ini akan membuat prosesnya gagal. Perlu dipahami bahwa file yang besar maka membutuhkan waktu lebih lama.
  • Sistem MacBook sebisa mungkin harus cepat. Jangan lakukan proses ini dengan membuka banyak sistem secara bersamaan, karena hanya akan membuat prosesnya semakin lama.
  • Setiap langkah harus diteliti. Apalagi untuk yang masih belum familiar, pastikan untuk selalu fokus dan memahami langkahnya.
  • Cek hasilnya di akhir untuk melihat apakah sudah mengecil. Jika kurang, maka lakukan prosesnya berulang.

Selain cara mengecilkannya, detail tips tersebut juga akan berpengaruh dalam proses tersebut. Pastikan semua tips dipahami dengan baik dan dijalankan secara terstruktur. Jika sudah diaplikasikan secara merata, maka hasilnya akan baik.

Itulah dua cara resize PDF di MacBook yang bisa diikuti. Kemudian ada juga informasi tentang tips yang bisa dijadikan acuan. Pastikan semua opsi tersebut dipahami dengan baik agar selama prosesnya dijalankan tidak ada kendala.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings