cara mengoperasikan macbook

Cara Mengoperasikan MacBook dengan Mudah untuk Pemula

*Artikel diperbarui pada 12 Agustus 2023

MacBook merupakan laptop keluaran Apple yang menjadi kegemaran banyak orang karena sistem operasinya yang berbeda dan dinilai unggul. Oleh sebab itu, cara mengoperasikan MacBook pun sedikit banyak memiliki perbedaan dibandingkan dengan brand-brand laptop lainnya.

Baik dari segi desain maupun fitur-fiturnya, MacBook memiliki pengaturan dan ciri khasnya sendiri sehingga pemula mungkin perlu untuk mempelajarinya terlebih dahulu agar bisa menggunakannya dengan nyaman. Berikut 7 cara mengoperasikan MacBook untuk para pemula:

1. Mengatur Trackpad/Touchpad

Bagi sebuah perangkat laptop, trackpad atau touchpad adalah fitur penting yang wajib ada. Menariknya, MacBook menyediakan setelan khusus yang bisa digunakan pemula untuk mengatur sendiri navigasi trackpad yang diinginkannya senyaman mungkin.

Cukup dengan mengklik logo Apple > System Preferences > Trackpad. Layar akan menampilkan beberapa opsi navigasi yang bisa dipilih. Berikut menu-menu yang bisa diatur navigasinya:

  • Point and Click: Untuk mengatur tracking speed (kecepatan) dan navigasi trackpad.
  • Scroll and Zoom: Untuk mengatur sistem navigasi scroll (menggulir layar) dan zoom (memperbesar dan memperkecil layar).
  • More gestures: Untuk mendapatkan informasi jelas ketika membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak.

2. Menginstal Aplikasi

Cara mengoperasikan MacBook selanjutnya adalah tentang bagaimana tahapan untuk melakukan penginstalan suatu aplikasi. Yang mana tahapannya relatif sangat simpel seperti yang tercantum dalam instruksi di bawah ini:

  • Untuk aplikasi dari internet: Masuk ke folder “Unduhan”, klik dua kali “Image Disk”. Jika penginstal yang tersedia tidak terbuka otomatis, maka buka penginstal secara manual, lalu ikuti instruksi di layar.
  • Untuk aplikasi di disk: Masukkan disk ke dalam bagian drive optik pada MacBook atau melalui perangkat yang terhubung ke MacBook. Lakukan penginstalan aplikasi dengan mengikuti arahan yang muncul.

3. Mencari File dan Aplikasi

Laptop adalah perangkat dengan sistem, desain, dan fitur yang kompleks sehingga dibutuhkan pemahaman yang baik untuk menggunakannya. Melalui pemahaman yang baik maka aktivitas-aktivitas kecil seperti mencari file dan aplikasi akan mudah dilakukan dengan baik.

Di MacBook, ada fitur Spotlight Search yang berfungsi untuk mencari berbagai file serta program-program yang ingin dijalankan. Tidak hanya itu, pengguna pun bisa menandai file dan program-program tersebut sehingga lebih mudah diakses untuk ke depannya.

4. Menjalankan Aplikasi

Saat aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan sudah terinstal di MacBook, maka pengguna dapat mulai menggunakannya dengan membuka aplikasi-aplikasi tersebut. Bagaimana caranya? Cukup jalankan “FINDER” dan tekan tombol “CMD” + “Shift” + “A” dan daftar aplikasi akan bermunculan.

Untuk cara yang lebih praktis,  masuk ke menu “FINDER”, pilih “Application”, lalu klik aplikasi yang akan digunakan. Setelah aplikasi dijalankan, buatlah shortcut dekstop dengan cara yang sama seperti laptop lainnya agar akses menjadi lebih mudah.

5. Mengatasi Aplikasi Not Responding

MacBook dibekali oleh sistem operasi yang mumpuni dan unggul di hampir seluruh aspek, utamanya dari segi kecepatan responnya. Meski begitu, adakalanya MacBook juga mengalami kendala-kendala seperti crash atau not responding.

Untuk mengatasi kendala tersebut, tekan tanda silang merah pada aplikasi agar menutup. Kemudian, pilih aplikasi di menu bar lalu klik “Quit”. Bisa juga dengan menekan tombol “CMD” + “Q” untuk menutup seutuhnya aplikasi yang dijalankan.

6. Mengatur Ukuran Jendela Aplikasi dan Menu

Di MacBook, terdapat tombol berwarna hijau di sebelah tombol warna merah dan kuning pada setiap jendela aplikasi dan menu. Tombol tersebut berfungsi untuk mengubah ukuran jendela yang menampilkan konten agar sesuai dengan keinginan tanpa Scrollbar.

Apabila ingin meminimalkan ukuran jendela aplikasi, maka pengguna bisa menekan dua kali pada Title Bar. Nantinya, sistem akan mengirim jendela ke dalam fitur Dock untuk disembunyikan. Untuk menonaktifkan fungsi ini, jalankan instruksi sebagai berikut:

  • Tekan logo Apple, klik “System Preferences” dan pilih “Appearance”.
  • Kemudian, hilangkan ceklis pada opsi “Double-click a MacBook’s title bar to minimize”.
  • Selesai.

7. Melakukan Uninstall Aplikasi

Adakalanya kegunaan dari suatu aplikasi sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga pengguna lebih memilih untuk menghapusnya dengan melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Hal ini agar data-data di dalam aplikasi tidak memenuhi ruang penyimpanan dan kapasitas RAM.

Cara melakukan uninstall aplikasi di MacBook relatif mudah, yaitu cukup hapus aplikasi dari folder Application maka aplikasi sudah berhasil di-uninstall. Gunakan aplikasi pembersih seperti AppCleaner untuk menghapus seluruh sisa data yang masih ada di perangkat.

Itulah 7 cara mengoperasikan MacBook dengan mudah yang wajib diketahui pemula. Hal-hal di atas merupakan informasi dasar yang bisa dikuasai dalam waktu yang cukup singkat di mana pemula bisa juga belajar fitur-fitur lain secara otodidak.

Check Also

cara mengatasi macbook yang terkena air

Cara Mengatasi Macbook yang Terkena Air dan Dampaknya bagi Macbook

*Artikel diperbarui pada 17 Maret 2024 Macbook sangat rawan rusak ketika terkena air. Air bisa …

Theme Settings