cara mengatasi macbook lemot

Cara Mengatasi MacBook Lemot yang Perlu Diketahui

*Artikel diperbarui pada 12 Agustus 2023

MacBook lemot adalah permasalahan yang tak jarang dialami pengguna lama. Dikarenakan kendala ini dapat menghambat aktivitas, maka pemahaman tentang cara mengatasi MacBook lemot perlu diketahui sebagai bekal menghadapi masalah serupa di masa sekarang maupun nanti.

Adapun kinerja lemot pada MacBook bisa dirasakan ketika startup perangkat, membuka aplikasi, atau mengetik, yang mana berarti tingkat lemotnya sudah cukup parah. Jangan dulu panik, coba lakukan 5 cara untuk mengatasi MacBook lemot berikut ini:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan pada Startup

Beberapa aplikasi bisa terbuka dengan cepat karena secara otomatis ikut booting ketika MacBook dinyalakan. Di mana hal ini dapat menyebabkan MacBook lemot. Untuk itu, cobalah untuk menghapus aplikasi-aplikasi tak digunakan di startup dengan langkah-langkah ini:

  • Tekan logo Apple di sebelah kiri bagian atas.
  • Klik “System Preferences”, lalu pilih “Users & Groups”.
  • Tap “Current User”, kemudian klik tab “Login Items”.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  • Tap tanda minus (-) yang terletak di bawah aplikasi untuk menghapusnya.
  • Selesai. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk menghapus aplikasi lainnya.

2. Reset SMC dan PRAM/NVRAM

Terdapat suatu sistem bernama SMC (System Management Controller) pada MacBook yang berfungsi untuk menangani fitur-fitur penting yang berada di level dasar perangkat. Di mana fitur-fitur tersebut melingkupi kontrol sensor seperti motion, thermal, dan lain sebagainya.

Di samping itu, MacBook juga memiliki PRAM atau NVRAM yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan konfigurasi serta informasi-informasi penting pada saat MacBook dimatikan. Apabila SMC atau NVRAM bermasalah, maka hal itu akan berimbas pada kinerja MacBook.

Adapun solusi untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan reset pada SMC dan PRAM/NVRAM. Langkah-langkah resetnya relatif sangat mudah, pengguna cukup mengikuti instruksi di bawah ini:

  • Reset SMC: Matikan MacBook, lalu tekan dan tahan tombol “Power” selama 5-6 detik. SMC akan tereset secara otomatis.
  • Reset PRAM/NVRAM: Matikan MacBook, lalu tekan “Command” + “Option” + “P” + “R” secara bersamaan hingga MacBook restart. Ketika MacBook kembali menyala, PRAM/NVRAM sudah ter reset otomatis.

3. Hapus File Sampah

Penggunaan MacBook untuk waktu yang lama dapat membuat banyak file sampah menjadi bertumpuk di dalam perangkat. Asal muasal file sampah tersebut adalah dari cache aplikasi, sisa data program yang tidak terhapus sepenuhnya, file-log, dan semacamnya.

Jika file-file ini dibiarkan semakin lama maka akan membebani memori penyimpanan yang berimbas pada melambatnya kinerja perangkat. Lantas, bagaimana cara mengatasi MacBook lemot yang diakibatkan oleh file sampah? Simak dan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka menu “Penyimpanan”, lalu pilih “Kelola Secara Manual”.
  • Klik “Optimalkan Drive”, setelah itu tap “Kosongkan Sampah”.
  • Jika sudah, buka Finder untuk mengatur penghapusan sampah secara otomatis setiap 30 hari.
  • Pilih Finder, pergi ke menu “Pengaturan” kemudian tap “Lanjutan”.
  • Klik “Hapus Item dari Tempat Sampah setelah 30 Hari.”
  • Selesai.

4. Ganti HDD ke SSD

Untuk yang MacBook-nya masih menggunakan HDD sebagai drive penyimpanan perangkat, sebaiknya pertimbangkan untuk beralih ke SSD. Mengapa? Karena HDD umumnya hanya bertahan 2-3 tahun untuk kinerja optimal, setelah itu HDD akan mulai mengalami penurunan kinerja/lemot.

Berbeda dengan SSD yang memiliki kecepatan lebih tinggi dan awet. Produksi laptop modern pun sudah banyak yang beralih ke penggunaan SSD, termasuk MacBook keluaran terbaru. Untuk itu, gantilah HDD ke SSD agar lemot dapat teratasi.

5. Ganti Thermal Paste dan Bersihkan Heat Sink

Thermal paste merupakan pasta cair yang menyalurkan panas dari CPU/GPU ke heat sink (kipas pendingin) MacBook. Pasta akan mengalami kering setelah beberapa tahun pemakaian sehingga perlu diganti. Untuk waktu penggantian disarankan setiap 1-2 tahun sekali.

Selain mengganti thermal pasta-nya, bersihkan kipas pendingin dari kotoran-kotoran yang menumpuk. Cara mengatasi MacBook lemot ini sepatutnya dilakukan dengan rutin dan berkala sebagai bentuk pencegahan dan penanganan kendala lemot di waktu-waktu yang akan datang.

6. Downgrade macOS ke Versi Lite

Terakhir, pengguna dapat melakukan downgrade macOS untuk MacBook-nya ke versi yang lebih ringan yaitu macOS Lite. Cara ini cocok untuk MacBook keluaran lama yang kurang kompatibel dengan macOS terbaru, yang justru membuat MacBook jadi lemot.

Ada beragam variasi macOS Lite yang populer digunakan antara lain High Sierra, Catalina, dan Mojave. Untuk melakukan downgrade ini bisa secara manual dan mandiri atau bisa juga dengan membawa perangkat ke service center.

Demikian 6 cara mengatasi MacBook lemot dengan ampuh yang perlu diketahui. Apabila pengguna ingin mengetahui lebih lanjut terkait kendala yang dialaminya maka dapat menghubungi Customer Service Apple/MacBook untuk sesi konsultasi.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings