cara menyambungkan mouse bluetooth ke macbook

Cara Menyambungkan Mouse Bluetooth ke MacBook Paling Mudah

*Artikel diperbarui pada 27 Juli 2023

Saat ini hampir semua perangkat keras memiliki Bluetooth sebagai layanan konfigurasi, contohnya pada MacBook keluaran terbaru. Lantas bagaimana cara menyambungkan mouse Bluetooth ke MacBook, baik untuk merek Apple atau lainnya?

Mengontrol kursor pada MacBook bisa dilakukan dengan dua langkah, yakni menggunakan mouse dan mousepad pada perangkat. Namun memakai mouse pada umumnya akan lebih mudah mengontrol kursor dan melakukan penyeleksian pada tulisan dokumen.

Cara Mudah Menyambungkan Mouse Bluetooth ke MacBook

Untuk langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah mouse Bluetooth itu sendiri. Alat ini bisa dibeli di toko resmi atau marketplace terpercaya. Setelah itu, ikuti cara menyambungkan mouse Bluetooth ke MacBook berikut ini.

1. Perangkat Baru

Apabila mouse Bluetooth yang akan digunakan adalah perangkat baru, maka perlu mengikuti langkah-langkahnya berikut. Dengan begitu ketika perangkat ini dimatikan dan dihidupkan lagi tidak perlu melakukan pairing lagi.

  • Pertama-tama aktifkan Bluetooth di MacBook lebih dulu dengan buka menu Apple di sudut atas layar.
  • Kemudian pilih System Preferences, selanjutnya klik icon Bluetooth.
  • Selanjutnya klik ‘Show Bluetooth in menu bar’ akan tampil di layar MacBook.
  • Hidupkan mouse Bluetooth dengan menekan tombol pada alatnya.
  • Setelah itu mouse dan MacBook akan saling melakukan pairing.
  • Jika mouse Bluetooth ditemukan pada MacBook, klik Connect. Selesai

Atau pengguna MacBook bisa mengaktifkan Bluetooth dengan cara yang lainnya, yakni dengan memanfaatkan Pusat Kontrol di belah menu. Untuk lebih jelasnya, maka bisa mengikuti cara pairing berikut ini.

  • Klik Control Center di bilah menu.
  • Lalu pilih icon Bluetooth dan klik agar aktif.
  • Setelah Bluetooth sudah aktif maka bisa mengaktifkan mouse.
  • Tunggu sebentar sampai MacBook menemukan mouse Bluetooth dan klik Connect. Selesai.

2. Perangkat Lama

Apabila MacBook sudah pernah melakukan pairing dengan mouse yang selama ini digunakan. Maka tinggal mengaktifkan Bluetooth pada MacBook dan mouse seperti biasanya, nantinya akan menyambung sendiri.

Tetapi jika ada kendala pairing, maka bisa memutuskan koneksi mouse Bluetooth terlebih dahulu. Setelah itu ikuti langkah-langkah pairing seperti yang sudah dijelaskan di poin awal. Dengan begitu nantinya proses penyambungan mouse Bluetooth dan MacBook terselesaikan.

Lakukan Hal ini Jika Mouse Bluetooth Tidak Berfungsi

Bukan tidak mungkin jika koneksi Bluetooth pada MacBook mengalami gangguan dan tidak bisa digunakan. Apabila hal ini sampai terjadi, maka usahakan untuk tidak panik terlebih dahulu. Lakukan beberapa hal berikut ini bisa membantu mengatasi permasalahan.

  • Pastikan Sudah Aktif. Sebagai langkah pertama yang dapat dicoba adalah dengan memastikan bahwa mouse sudah diaktifkan Bluetoothnya. Proses pengaktifannya sendiri pun cukup mudah, yakni dengan menekan tombol yang ada pada mouse.
  • Periksa Ketika Dipasangkan. Jangan lupa untuk memeriksa perangkat baru ketika pertama kali dipasangkan. Apakah proses pemasangannya sudah sesuai dengan instruksi alat atau belum, jika belum maka pastikan sudah menyesuaikannya.
  • Atur Jarak agar Berdekatan. Perlu diketahui bahwa Bluetooth tidak akan bisa terdeteksi jika dual alat saling berjauhan. Oleh sebab itulah atur jarak antara MacBook dan mouse saling berdekatan. Dengan begitu proses pairing akan jadi mudah.
  • Restart Ulang MacBook. Jika pemasangan Bluetooth MacBook dan mouse tidak kunjung bisa, maka bisa melakukan restart ulang saja. Dengan melakukan restart pada MacBook maka perangkat akan lebih mudah ketika melakukan penyambungan dengan mouse Bluetooth.

Cara Mudah Memperbaiki Bluetooth MacBook

Terkadang tidak hanya mouse Bluetooth yang bermasalah ketika dipasangkan ke MacBook. Namun bisa jadi koneksi Bluetooth pada MacBook yang juga menjadi masalah. Simak langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki masalah Bluetooth pada MacBook tersebut.

  • Buka Finder dengan kombinasi Command + G.
  • Nantinya akan muncul jendela Pergi ke Folder, akses dengan klik Go > Go to Folder.
  • Kemudian ketik ~/Library/Preferences dan klik Enter atau Go.
  • Lalu akan muncul file dengan nama com.apple.Bluetooth.plist, klik kanan dan hapus file tersebut.
  • Lanjutkan dengan klik kombinasi Command + G dan ketik ~/Library/Preferences/ByHost. Atau bisa /Users/username/Library/Preferences/ByHost/.
  • Setelah itu akan muncul jendela baru dan menemukan file com.apple.Bluetooth. Pastikan untuk menghapus file ini juga.
  • Proses terakhir adalah dengan melakukan restart ulang pada MacBook. Cek apakah Bluetooth terpasang otomatis atau tidak, jika mati maka hidupkan seperti biasanya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyambungkan mouse Bluetooth ke MacBook anti ribet dan bisa dicoba. Jika terjadi kendala yang tidak kunjung selesai ketika pairing mouse dan MacBook, jangan ragu untuk membawa ke service center.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings