cara membuka password macbook air yang lupa

Cara Membuka Password MacBook Air yang Lupa Paling Mudah

*Artikel diperbarui pada 26 Juli 2023

Lupa akan  password memang sering terjadi pada pengguna di berbagai macam hal yang berkaitan dengan teknologi. Terkait cara membuka password MacBook Air yang lupa pun bisa dilakukan sebagai pencarian solusinya. Tentu bagi pengguna yang mengalaminya.

Apabila lupa password itu terjadi memang dapat menyulitkan pengguna untuk melakukan akses tertentu. Aktivitas pun dapat terhambat karena tidak bisa akses tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lupa password tersebut.

Melalui Metode Pemulihan/Recovery

Pilihan pertama yang bisa dipilih pengguna terkait cara membuka password MacBook Air adalah dengan metode pemulihan/Recovery yang ada pada sistem perangkat tersebut, seperti berikut ini:

1. Reset Password di Menu Pemulihan

Cara membuka password MacBook Air yang lupa satu ini dilakukan dengan me-reset password di menu pemulihan. Biasanya, cara ini banyak dilakukan oleh pengguna yang menemui kendala lupa password tersebut. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Tekan tombol kombinasi keyboard. Pada keyboardnya, pengguna bisa menekan tombol kombinasi, yakni CMD(Command)+R. Tahan beberapa saat hingga menu sistem dengan logo Apple terlihat. Pastikan juga sebelum melakukan perintah ini, perangkat dalam keadaan off.
  • Pilih menu “Terminal”. Saat beberapa menu bar telah terlihat, klik pilihan “Utilities”, lalu pilih menu “Terminal”.
  • Ketikkan perintah. Pengguna bisa mengetikkan perintah set-up dengan kalimat “reset password” pada bagian command-prompt yang tersedia. Kemudian, tekan tombol enter.
  • Atur ulang Password. Ketika tampilan pengaturan password telah muncul, pengguna dapat memilih menu pengaturan ulang password tersebut. Masukkan kata sandi baru dan lakukan verifikasi.
  • Restart. Setelah tahapan di atas sudah dilakukan, muat ulang atau Restart kembali system perangkat MacBook tersebut. Tunggu prosesnya hingga muncul menu log in di layar.
  • Selesai. Akses log in ke perangkat, bisa dilakukan dengan memasukkan kata sandi baru yang sebelumnya telah diatur. Tunggu prosesnya hingga selesai dan pengguna bisa mengakses kembali perangkat MacBook-nya.

2. Reset Password di Menu Pilihan ID Apple

Alternatif cara membuka password MacBook Air yang lupa selanjutnya yakni melalui reset password di menu pilihan akses ID Apple. Berikut langkah yang bisa dilakukan pengguna:

  • Pilih menu reset password dengan ID Apple. Pada layar akses log in, jika pengguna telah memasukkan kata sandi beberapa kali dan tidak berhasil, pilih menu reset password dengan ID Apple atau klik Ikon tanda tanya.
  • Reset password. Ikuti tahapannya untuk melakukan reset password yang baru hingga selesai dan nantinya dapat kembali mengakses MacBook tersebut.

Melalui Akses Akun/Pengguna Lainnya

Berikutnya, cara akses karena lupa password bisa dilakukan pengguna dengan mencoba akun/pengguna lainnya pada perangkat. Langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Lakukan Reboot. Pengguna bisa me-reboot perangkatnya dengan mematikan button power. Tidak lupa juga dengan menekan kombinasi perintah, yaitu CMD(Command)+S.
  • Ketikkan perintah. Perintah yang bisa diketikkan pada bagian command prompt yakni: mount-uw/, lalu tekan button enter. Dilanjutkan dengan rm/var/db/.applesetupdone. Kemudian isikan perintah shutdown atau reboot.
  • Lakukan pengaturan. Jika muncul menu pengaturan seperti bahasa, perizinan akses dan lainnya. Pengguna juga bisa memilih “don’t transfer any information now”. Kemudian, klik continue hingga muncul tampilan layar baru untuk pengaturan selanjutnya.
  • Atur system preferences. Pada menu pengaturan system preferences, pilih menu “pengguna & group”. Buka Ikon gembok untuk melakukan pengaturan pengguna lain yang bisa diakses di MacBook tersebut.
  • Ubah kata sandi. Pengaturan mengubah kata sandi bisa dilakukan pada menu “ubah kata sandi” pada akun pengguna/user yang ingin dilakukan penggantian password agar nantinya bisa mengakses kembali MacBook-nya. Beberapa akun pengguna lainnya pun bisa terlihat.
  • Selesai. Pengguna bisa me-reboot perangkatnya dan mengakses kembali dengan akun yang telah diubah passwordnya, dari beberapa pilihan akun pengguna/User lainnya tersebut.

Melalui Penginstalan Ulang

Jika cara membuka password belum berhasil dengan langkah di atas, bisa dengan menginstall ulang. Namun, sebaiknya pengguna sudah memastikan bahwa sebelum lupa password telah menyalin file-file tertentu yang berisiko hilang/terhapus jika penginstalan ulang dilakukan. Langkah-langkahnya:

  • Pilih menu “Reinstall macOS”. Menu pilihan ini akan muncul setelah pengguna menjalankan perintah sistem pemulihan dengan menekan kombinasi tombol CMD(Command)+R.
  • Lakukan akses MacBook kembali. Setelah melakukan install ulang dan mengikuti arahan selanjutnya hingga selesai dan berhasil, pengguna dapat mengakses MacBook-nya kembali yang sebelumnya lupa password.

Dengan adanya pilihan cara membuka password MacBook Air yang lupa, pengguna bisa menerapkan langkahnya yang sesuai kondisi perangkat untuk mengatasi lupa password tersebut. Apabila kendala lupa password tersebut dapat teratasi tentu akan memudahkan akses penggunaannya.

Check Also

cara mereset macbook pro seperti baru

3 Cara Mereset Macbook Pro Seperti Baru Lagi

*Artikel diperbarui pada 2 November 2023 Bagi yang mengalami MacBooknya bermasalah atau terasa lemot dan …

Theme Settings