cara mengganti background video di capcut

Cara Mengganti Background Video di CapCut, Dijamin Mudah!

*Artikel diperbarui pada 31 Juli 2023

Aplikasi CapCut memang telah mencuri perhatian sejak perilisannya di 2020. Bagaimana tidak, editing video yang biasanya sulit menjadi mudah dengan CapCut. Bahkan, cara mengganti background video di CapCut sangat mudah jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Karena kemudahan yang diberikan, tidak heran jika 500 juta orang dari seluruh dunia telah mengunduh aplikasi tersebut. CapCut bahkan sempat menduduki posisi kesembilan aplikasi yang paling banyak diunduh di Indonesia di tahun 2021.

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Editing Video CapCut

CapCut merupakan sebuah aplikasi editing dan pembuatan video yang bisa dinikmati secara gratis maupun berbayar. Aplikasi ini dirilis oleh sebuah perusahaan bernama Bytedance Pte. Ltd. Dahulunya, aplikasi CapCut ini hanya bisa digunakan di handphone lho.

Namun, saat ini CapCut juga sudah bisa dinikmati di laptop, baik yang berbasis Windows ataupun macOS. Pastikanlah handphone ataupun perangkat laptop memenuhi kriteria sebelum mengunduh aplikasi tersebut. Terdapat beragam fitur yang bisa dinikmati di CapCut:

  • Basic video editing. Terdapat tools untuk memotong, menggabungkan, mempercepat, memberi efek zoom, melakukan freeze adegan, dan memberikan transisi pada video di fitur ini.
  • Advanced video editor. Pada fitur ini, pengguna bisa memberikan animasi video keyframe, memperlambat gerakan ataupun menghapus warna tertentu. Terdapat juga fitur Picture-in-Picture dan stabilizer video.
  • Special features. Ada fitur memberi teks secara otomatis, zoom 3D, atau menerapkan kecepatan otomatis. Tersedia juga cara mengganti background video di CapCut di fitur ini.
  • Text and Sticker. Pengguna dapat menambahkan teks pada video dengan berbagai gaya font. Bahkan subtitle dapat dipindahkan dan disesuaikan dengan satu langkah.
  • Trending effects and filters. Ada beragam filter baru setiap minggu, dan tersedia ratusan efek filter yang bisa dipilih oleh pengguna.
  • Music and sound effects. Terdapat banyak sekali klip efek suara dan klip musik. Bahkan dengan login akun, pengguna dapat menyinkronkan musik dari TikTok. Ada juga fitur untuk mengekstrak audio, rekaman, atau klip dari video.
  • Easy to share. Video dapat di-export secara custom dan mendukung export hingga 4K 60fps beserta smart HDR. Video dari CapCut juga bisa disesuaikan sesuai dengan format media sosial lainnya, sehingga bisa dibagikan dengan mudah.

Cara Mengganti Background Video di Aplikasi CapCut

Fitur untuk mengganti background video termasuk fitur spesial di CapCut. Tentunya, cara mengganti background video di CapCut pun sangat mudah. Ada dua opsi penggantian background, baik dengan penggunaan green screen maun tidak. Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Green Screen

Chroma Key merupakan fitur di CapCut yang berfungsi untuk menghilangkan green screen. Pengguna bisa menghapus green screen tersebut kemudian menggantinya menjadi background yang diinginkan namun objeknya tetap ada. Berikut ini adalah cara mengganti background videonya:

  • Mulailah sebuah proyek baru. Caranya, bukalah aplikasi CapCut yang sudah diunduh di handphone, kemudian kliklah opsi ‘New Project’ yang terdapat di tengah-tengah layar.
  • Pilihlah dahulu gambar yang ingin dijadikan background. Kliklah tombol ‘Add’ jika sudah memilih gambar yang diinginkan. Kemudian, kliklah opsi ‘Overlay’ yang tersedia di bagian bawah layar, lalu kliklah lagi ‘Tambah Overlay’.
  • Cari dan pilihlah video yang ingin diganti background-nya. Klik opsi ‘Tambah’ apabila video sudah ditemukan. Buatlah video yang baru saja masuk tadi menjadi video yang aktif untuk diedit.
  • Kliklah opsi ‘Chroma Key’. Pilihlah opsi ‘Color Picker’ kemudian pilihlah background berwarna ‘Hijau’. Setelah ini, pilihlah opsi ‘Intensity’ dan juga ‘Shadow’ guna membuat perubahan layar. Aturlah sampai background video berubah menjadi foto yang diinginkan.
  • Klik tanda centang di samping tulisan Chroma Key. Setelah ini, pengguna bisa langsung mengunduh video hasil edit dari CapCut dan menyimpannya di galeri.

2. Tanpa Green Screen

Fitur lain yang bisa dipilih untuk mengganti background di Capcut adalah overlay. Fitur ini mengizinkan penggunanya menggabungkan video, foto, objek, ataupun lainnya secara tumpang tindih pada layar yang sama.

Sebetulnya cara kerja dari overlay ini hampir mirip dengan Chroma Key. Namun, overlay tidak menggunakan green screen dan sifatnya hanya menumpuk saja. Begini langkah-langkah melakukannya:

  • Bukalah ‘New Project’ di aplikasi CapCut. Lalu, pilihlah video dengan background layar hitam dan klik ‘Add’ untuk memasukkannya ke timeline. Seleksi objek video, dan hilangkanlah background-nya dengan menu ‘Cut Out’, lalu pilihlah opsi ‘Remove Background’.
  • Tunggulah proses remove background selesai. Jika sudah, bukalah kembali proyek yang sudah dikerjakan sebelumnya. Setelah itu, pilihlah menu ‘Overlay’ kemudian pilihlah ‘Add Overlay’. Lalu, pilihlah foto yang ingin dijadikan background video, dan pilihlah opsi ‘Add’.
  • Nah, setelah ini background video sudah terganti. Unduhlah video yang sudah diedit untuk menyimpannya di perangkat atau langsung membagikannya.

Demikian pembahasan mengenai cara mengganti background video di CapCut dengan menggunakan handphone. CapCut membuat semua orang dapat berkreasi dengan video. Orang-orang dapat mengedit video secara berkualitas sekalipun tidak memiliki perangkat yang lebih mumpuni seperti laptop.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings