cara menstabilkan video di capcut

Cara Menstabilkan Video di CapCut Praktis

*Artikel diperbarui pada 29 Juli 2023

Ketika melakukan rekaman, ada kalanya tangan tidak stabil dalam menopang kamera dan menyebabkan hasil video goyang. Di sisi lain tidak memungkinkan untuk terus mengulang, jadi sebaiknya gunakan cara menstabilkan video di CapCut karena lebih praktis.

Mungkin saat ini belum banyak yang mengetahui kelebihan dari aplikasi CapCut yang ternyata bisa menstabilkan video sehingga tampak profesional. Untuk mengetahui cara menggunakan CapCut dengan benar, dapat menyimak penjelasan berikut ini:

Cara Menstabilkan dari HP

Belakangan mungkin sudah sering didengar CapCut sebagai aplikasi video editor, terlebih karena diunduh lebih dari 500 juta orang. Jumlah tersebut sudah bisa membuktikan bahwa aplikasi ini diminati banyak pengguna Android untuk mendukung editing secara mudah.

Termasuk adanya fitur stabilizer yang mungkin jarang ditemukan pada aplikasi lainnya yang sejenis. Berikut ini adalah cara menstabilkan video di CapCut melalui HP:

  • Pastikan telah menggunakan CapCut versi terbaru.
  • Klik New Project untuk memulai.
  • Pilih video yang ingin diubah.
  • Cari menu Stabilize, ada 3 level (Minimal Cropping, Recommended, atau Most Stable).
  • Klik Centang.

Perbedaan dari ketiga level stabilizer tersebut terletak pada kualitas hasil, mulai dari rendah sampai dengan yang terbaik (paling stabil). Pilih level yang sesuai dengan kebutuhan video, misalnya tidak terlalu goyang bisa pilih Minimal atau Recommended.

Pilihan level ini juga bisa dijadikan sebagai opsi bagi yang ingin video tetap alami dan tidak butuh efek berlebihan. Setidaknya bisa lebih nyaman ketika disaksikan dan tidak membuat penonton merasa pusing akibat video terlalu goyang.

Cara Menstabilkan dari Laptop Windows

Cara menstabilkan video di CapCut tidak hanya bisa melalui HP karena aplikasi ini juga tersedia untuk versi perangkat desktop. Akan tetapi, sementara ini hanya kompatibel di PC, laptop, atau notebook dengan sistem operasi Windows.

Pertama, siapkan video yang ingin diubah untuk disalin ke perangkat laptop. Kemudian dapat simak caranya penggunaannya sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi CapCut.
  • Jalankan aplikasi CapCut desktop.
  • Import file video yang diinginkan.
  • Pilih menu Video, centang Stabilize.
  • Klik Level, pilih sesuai keperluan.
  • Lalu, tunggu penerapan perubahan selesai.

Perlu diperhatikan untuk gunakan penerapan FPS atau Bingkai Layar bila ingin mendapatkan hasil video yang lebih baik. Bisa pilih resolusi 1080p dan pilih level bingkai di 60 FPS maka dapat dijamin kualitas video tampak maksimal.

Ketika hasil masih belum memuaskan, tinggal ulangi lagi proses seperti sebelumnya dengan memilih video hasil edit sebelumnya. Lalu bisa bandingkan hasil edit awal dan setelah edit selanjutnya menjadi lebih smooth dan lebih nyaman dilihat.

Cara Menstabilkan dari Selain Perangkat Windows

Bagi yang ingin menstabilkan video dengan perangkat lain juga bisa mengakses layanan CapCut yang tersedia secara online. Cukup mengandalkan aplikasi browser yang ada di tablet atau komputer (selain Windows), lalu ikuti langkah berikut ini:

  • Akses ke situs CapCut, klik Edit Online.
  • Buat proyek baru, lalu unggah video.
  • Tarik video ke arah Timeline.
  • Cari pilihan Stabilize.
  • Pilih centang untuk menerapkan perubahan.
  • Lalu unduh hasilnya.

Untuk menggunakan cara ini tentunya dibutuhkan koneksi internet yang lancar bila ingin proses upload video berjalan baik. Cara ini direkomendasikan untuk video dengan kualitas file yang tidak terlalu besar bila tidak ingin mengalami hambatan editing.

Bila ukuran file terlalu besar, dapat dipastikan bahwa akan menimbulkan proses loading yang terlalu lama. Mungkin sebelum itu, bisa gunakan aplikasi untuk mengecilkan ukuran file agar lebih mudah dan cepat penerapan edit secara online.

Tips Membuat Video Semakin Stabil

Saat ini ada sebagian HP canggih yang dilengkapi dengan fungsi stabilizer sehingga bisa mengurangi goyang ketika merekam. Seperti contohnya Samsung Galaxy S20 atau S21 Ultra, Xiaomi 11, iPhone SE, Vivo V21, hingga Asus Zenfone 7.

Akan tetapi, tidak semua konten kreator bisa memenuhi kebutuhan dengan peralatan yang mungkin tidaklah murah. Untuk itu, bisa juga pertimbangkan dengan menggunakan peralatan tambahan yang disebut dengan Gimbal Stabilizer yang sekilas mirip tongsis.

Perangkat ini tersedia dengan harga beragam dan masih terjangkau, mulai harga 500 ribu sampai dengan jutaan rupiah. Sebelum membeli pastikan bahwa gimbal tersebut kompatibel untuk tipe ponsel yang digunakan agar bisa berfungsi dengan baik.

Kelak merekam video jadi nyaman dan tidak perlu khawatir karena sudah ada beragam perangkat dan aplikasi yang mendukung. Sempurnakan dengan cara menstabilkan video di CapCut di atas, seseorang bisa dengan mudah mengubah video jadi smooth secara otomatis.

Check Also

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

Cara Menghapus Virus Kaspersky Internet Security 2017

*Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024 Kaspersky Internet Security 2017 adalah software antivirus yang populer …

Theme Settings