cara pasang preset lightroom

Cara Pasang Preset Lightroom Beserta Kelebihannya

*Artikel diperbarui pada 29 Juli 2023

Preset Lightroom merupakan salah satu fitur mengkombinasikan dari berbagai proses pengeditan sebuah foto. Cara pasang preset Lightroom pada android akan mempermudah penggunanya dalam mengedit foto dan mendapatkan hasil dengan efek yang bagus.

Dalam pemasangan preset ini tidak mudah untuk dilakukan karena diperlukan aplikasi tambahan bernama ZArchiver yang mendukung software Lightroom itu sendiri. Pada artikel ini akan dibahas lebih lengkap mengenai cara pemasangan, penggunaan dan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Cara Pasang Preset Lightroom Dengan ZArchiver

ZArchiver merupakan sebuah software yang memiliki kemampuan dalam memasang preset Lightroom untuk mengedit foto agar memiliki efek yang bagus. Untuk penggunaannya sendiri terdapat beberapa langkah atau prosedur yang harus diikuti yaitu:

  • Download software ZArchiver pada perangkat android kemudian langsung saja dipasang.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut dan cari preset yang akan dilakukan pemasangan.
  • Jika sudah ditemukan langsung saja tekan preset tersebut beberapa saat hingga muncul pilihan opsi.
  • Dari opsi-opsi tersebut, pilih saja “Salin” dilanjutkan klik pada bagian atasnya yaitu menu “Download”.
  • Setelah itu lanjutkan dengan memilih “Memori Perangkat” pada pop-up yang muncul setelah proses download sebelumnya telah selesai.
  • Kemudian tekan menu “Android” lalu “Data” dan klik “OK” pada notifikasi kecil yang muncul dari aplikasi ZArchiver dan akan muncul tampilan baru.
  • Di dalam tampilan baru tersebut klik pada bagian “Gunakan Folder Ini” dan izinkan semua akses yang diperlukan.
  • Dengan menyetujuinya, selanjutnya pengguna akan masuk pada folder data dan harus mengklik bagian “com.adobe.lrmobile”.
  • Di dalam folder data tersebut pilih menu “File” dan klik lagi pada “carouselDocuments”.
  • Akan muncul pilihan folder dengan nama formatnya angka, lalu pilih saja “046035fc1d3b4c00bc2bd8a1137bd967” yang terdiri dari berbagai opsi.
  • Dari opsi-opsi tersebut pilih bagian “Profil” lalu “Setting” dan juga “UserStyles”.
  • Lakukan ekstrak file preset Lightroom di dalam “UserStyles” dan tunggu beberapa menit agar selesai.
  • Selesai, preset Lightroom sudah terpasang dan dapat dioperasikan untuk melakukan edit foto.

Cara Penggunaan Preset Lightroom Untuk Edit Foto

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk cara pasang preset Lightroom harus menggunakan aplikasi pendukung atau tambahan. Terkait dengan penggunaannya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Lightroom yang sudah terpasang presetnya.
  • Pada halaman awal, masukkan atau ambil foto yang akan dilakukan pengeditan pada bagian layar yang kanan bawah.
  • Jika sudah dimasukkan, klik preset yang sudah dipasang sebelumnya.
  • Lakukan proses edit sesuai dengan yang diinginkan terkait kontras, pencahayaan dan lainnya.
  • Jika sudah, klik ekspor foto yang sudah selesai di edit dan akan tersimpan otomatis pada galeri.

Kelebihan Preset Lightroom

Perlu diketahui bahwa preset Lightroom sangat memberikan kemudahan bagi para editor foto. Selain hasilnya yang maksimal, proses dari penggunaanya juga tidak memakan waktu yang lama. Hal tersebut seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dan lengkap dengan langkah-langkahnya.

Terkait dengan kelebihan-kelebihan tersebut tentunya menjadi salah satu dari alasan mengapa banyak yang menggunakan preset Lightroom. Meskipun cara pasang preset Lightroom bisa dikatakan tidak begitu mudah, namun ada berbagai kelebihan yang dimiliki olehnya yaitu:

1. Lebih Hemat Waktu

Maksud dari hemat waktu disini yaitu ketika dalam proses editing foto oleh pengguna preset Lightroom yang ada di androidnya. Hal itu karena format yang sudah dibuat pertama kali mengedit selanjutnya dapat dipakai kembali tanpa harus mengatur ulang.

2. Bisa Melakukan Edit Sekaligus Lebih Dari Satu Foto

Berbeda dengan Lightroom pada umumnya yang tidak dipasangkan preset dan harus mengeditnya satu persatu padahal ingin memiliki efek yang sama. Namun ketika sudah menggunakannya bisa langsung sekaligus beberapa foto sehingga tidak memakan waktu yang lama juga.

3. Tone Warna Yang Dihasilkan Selalu Konsisten

Tone warna disini yaitu penggabungan dari berbagai warna yang dihasilkan antara foto yang satu dengan yang lain tidaklah berubah. Dengan begitu, konsistensi dari preset Lightroom ini tetap terjaga meskipun sudah melakukan banyak proses editing foto.

4. Cara Penggunaannya Yang Sederhana

Sudah terlihat pada materi sebelumnya bahwa proses dari penggunaannya begitu mudah untuk dilakukan dalam melakukan pengeditan foto. Pengguna hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan dan nantinya hasil dari fotonya juga akan maksimal sesuai keinginannya.

Itulah cara pasang preset Lightroom menggunakan ZArchiver beserta penggunaan dan juga kelebihan yang dimilikinya setelah terpasang pada android. Dengan menggunakannya maka hasil foto yang diedit menggunakannya akan lebih bagus dan menarik.

Check Also

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

*Artikel diperbarui pada 20 Maret 2024 Ingin tahu cara menghapus MySearch123 dari perangkat kamu? Simak …

Theme Settings