cara edit foto di lightroom ala selebgram

Cara Edit Foto di Lightroom Ala Selebgram Paling Simpel

*Artikel diperbarui pada 22 Juli 2023

Banyaknya influencer di Indonesia menjadikan banyaknya masyarakat juga mencari bagaimana cara edit foto di Lightroom ala Selebgram agar dapat serupa. Pasalnya hasil foto yang ditampilkan oleh para Selebgram tersebut sangatlah apik pada sosial medianya.

Sedangkan Lightroom menjadi salah satu aplikasi edit foto yang nyatanya digunakan oleh para influencer tersebut karena banyaknya fitur menarik. Ketahui begini cara melakukan edit pada aplikasi populer tersebut agar hasil foto serupa dengan Selebgram.

1. Perhatikan Pengaturan Cahaya

Hasil foto dari sebuah ponsel atau kamera sudah pasti tidak selalu memberikan hasil berupa cahaya yang sesuai dengan yang diinginkan. Melalui aplikasi Lightroom, pengguna dapat mencoba untuk memperhatikan pengaturan cahaya dari foto tersebut.

Sesuaikan dengan latar foto dimana pengguna mengambil gambar tersebut sehingga tidak salah mengatur cahaya pada beberapa bagian. Pastikan juga jika melakukan input cahaya tidak untuk keseluruhan, melainkan menyesuaikan dengan beberapa objek yang ada dalam foto.

2. Atur Tingkat Kecerahan Warna

Dalam satu foto memiliki beberapa unsur warna yang terkadang pembagiannya tidak sama rata seperti ketika berfoto dengan latar taman misalnya. Masing-masing warna tersebut dapat disesuaikan kecerahannya sesuai dengan objek apa yang ingin diperlihatkan sebagai pusat.

Jika pengguna ingin memperlihatkan pemandangan pada latar, maka jadikan tingkat kecerahan warna pada latar lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Dengan begitu, siapa saja yang melihatnya akan langsung terfokus pada apa objek utama yang dimaksud tadi.

3. Lakukan Pencampuran Warna

Cara edit foto di Lightroom ala Selebgram berikutnya adalah dengan melakukan pencampuran warna yang disentuhkan pada foto editan. Dalam hal ini, pengguna juga harus mempelajari pencampuran warna yang apik pada beberapa tutorial yang tersedia.

Dalam melakukan editnya pengguna juga harus teliti agar pencampuran warna dapat terlihat lebih natural pada hasil potret tersebut. Biasanya beberapa Selebgram akan melakukan pencampuran warna dengan beberapa warna jingga seperti Kuning, Orange, dan juga Peach.

4. Gunakan Efek Estetik

Lightroom menjadi aplikasi yang dijuluki sebagai aplikasi sejuta efek yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan keinginan agar foto lebih estetik. Terlebih ketika pengguna memberikan hasil foto pada latar berupa pemandangan sehingga semakin menyatu dengan alam.

Efek estetik pada Lightroom juga tidak semuanya berhubungan dengan efek gelap saja namun juga beberapa pilihan berwarna terang. Beberapa rekomendasi dari efek estetik tersebut yang dapat dicoba pengguna adalah Moody Dark, Vintage dan juga Twilight.

5. Perhatikan Detail

Jika pengguna mengetahui, seorang Selebgram akan selalu memperhatikan detail pada setiap foto yang diupload pada feed akun sosial medianya. Sehingga hal itu juga yang harus diperhatikan oleh pengguna pada edit foto yang akan diupload tersebut.

Jika pengguna ingin mengetahui cara edit foto di Lightroom ala Selebgram maka juga harus memperhatikan detail dari setiap foto yang diperlukan. Perhatikan setiap ketajaman dari diri sendiri, latar belakang, dan beberapa perlengkapan pendukung yang ada.

6. Manfaatkan Fitur Shadow

Meskipun tidak terlalu digunakan oleh kebanyakan user ponsel, namun fitur Shadow juga turut menjadi salah satu rumus keindahan sebuah foto. Karena untuk beberapa latar dan posisi, fitur ini sangat mendukung sehingga objek utama lebih terlihat.

Shadow tidak perlu ditambahkan dari preset karena sudah menjadi fitur bawaan sejak diunduh dari aplikasi itu sendiri.  pada Berikut yang perlu diperhatikan sebelum pengguna memilih untuk menggunakan efek shadow pada foto yang akan diupload:

  • Pastikan jika foto tidak blur agar fitur dapat menangkap dengan baik.
  • Foto tidak mengandung bayangan lain baik dari tangkapan kamera agar tidak terlalu banyak efek shadow.
  • Tidak memiliki objek yang disusun secara berdekatan karena akan memberikan efek terlalu berdempetan.
  • Memiliki satu objek yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya agar shadow terlihat lebih rapi.

7. Perhatikan Bingkai Foto

Meskipun tidak terlalu penting, namun bingkai foto ini akan menjadi selaras pada feed sebelumnya yang ada pada media sosial. Biasanya Selebgram akan mengatur tampilan feed dari foto yang diupload agar terlihat lebih rapi dan indah.

Hal ini bisa menjadi perhatian khusus dari pengguna yang melakukan edit pada fotonya dengan tidak melupakan bingkai foto tersebut. Sesuaikan dengan feed foto sebelumnya apakah menggunakan bingkai yang serupa atau tidak agar lebih menarik.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara edit foto di Lightroom ala Selebgram sehingga dapat dilakukan dengan mudah bahkan melalui ponsel saja. Pastikan jika pengguna rutin menambahkan preset aplikasi tersebut agar fitur edit yang diberikan bertambah banyak.

Check Also

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

Cara Menghapus MySearch123 dalam Langkah Singkat

*Artikel diperbarui pada 20 Maret 2024 Ingin tahu cara menghapus MySearch123 dari perangkat kamu? Simak …

Theme Settings