cara edit video portrait di imovie

Cara Edit Video Portrait di iMovie dan Mempelajari Fitur-fiturnya

*Artikel diperbarui pada 21 Juli 2023

Setelah sebelumnya hanya tersedia untuk MacOS, pada 2017 iMovie sudah bisa digunakan secara gratis di iOS. Namun, timbul sebuah pertanyaan, bisakah melakukan cara edit video portrait di iMovie? Sebab, fitur yang tersedia semuanya serba landscape.

Tersedia fitur-fitur dasar seperti memotong video, mengatur warna, menstabilkan video, ataupun menambah transisi video di iMovie. Seiring dengan perkembangan teknologi dari Apple, iMovie menambahkan banyak fitur canggih yang bahkan bisa membuat pemula terlihat seperti profesional.

Mengenal Aplikasi iMovie Beserta Fitur-fitur Canggihnya

iMovie merupakan aplikasi editing video yang secara khusus diluncurkan oleh Apple. Aplikasi ini sangat mudah penggunaannya dan dapat dipasang di iPhone, iPad, ataupun perangkat Mac. Aplikasi ini mampu menghasilkan output video sampai resolusi 4K lho!

iMovie juga dibekali dengan fitur-fitur yang akan sangat membantu proses editing. Meskipun pengguna adalah seorang pemula, namun hasil editing yang dihasilkan bisa terlihat seperti pro dengan aplikasi ini. Lantas, fitur apa saja yang dimilikinya?

  • Magic Movie. Fitur ini menyediakan pilihan gaya edit yang bisa dipilih. Terdapat 20 gaya editing lengkap dengan judul, musik, transisi, dan elemen-elemen lainnya. Jadi, pengguna tinggal memangkas, memisah, dan menghapus bagian video yang tidak diperlukan. Ada 20 pilihan storyboards yang bisa dipilih.
  • Mode sinematik. Karena di iPhone 13 ke atas sudah ada mode sinematik di kameranya, maka di iMovie terdapat juga mode editing sinematik. Hasil editing dari mode ini akan terlihat lebih profesional dan indah.
  • Fitur berbagi. iMovie bisa langsung membagikan hasil editing ke media sosial ataupun media lainnya. Sayangnya video yang bisa dibagi hanya berjenis landscape, sebab cara edit video portrait di iMovie belum tersedia.
  • Membuat film. Mode ini mengizinkan penggunanya untuk mengedit sendiri tanpa bantuan fitur-fitur yang lain. Saat prose editing, pengguna bisa menambahkan banyak elemen dan mengekspornya dengan kualitas sinema sekaligus 4K. Tentunya hal ini cukup menarik dilakukan.
  • Spesial efek dan filter. Ada efek spesial seperti memperlambat atau mempercepat adegan, filter high-fidelity, bahkan green screen. Jumlah filter yang dimiliki oleh iMovie ada 13 dan bisa diterapkan dalam 1 klip maupun keseluruhan video.
  • Trailer iMovie. Tersedia sejumlah template yang bisa digunakan untuk dijadikan dasar dari trailer video. Hampir semua genre memiliki template trailer, dan pengguna bisa menambahkan logo studio, judul, dan kredit film. Sangat menarik, bukan?

Cara Mengedit Video Portrait di iMovie dengan Bantuan Aplikasi Photos

Terdapat sebuah kelemahan di aplikasi iMovie, yakni tidak dapat mengeluarkan output video vertikal/portrait. iMovie hanya mendukung orientasi horizontal atau landscape. Untuk hasil portrait, pengguna harus mengombinasikan cara edit video portrait di iMovie dengan aplikasi lainnya.

Beruntungnya, aplikasi Photos baik di iPhone atau iPad dapat menyelesaikan permasalahan dari iMovie ini. Meskipun nanti di hasil videonya akan terlihat black bars, tetapi dengan bantuan galeri black bars bisa dipotong. Berikut cara mengedit videonya:

  • Bukalah aplikasi iMovie yang ada di iPhone/iPad. Setelah itu, import-lah video yang berformat portrait ke dalam aplikasi. Video yang diimpor tersebut pasti akan ter-zoom sendiri mengikuti aturan default aplikasinya, bukannya mengikuti rasio originalnya.
  • Carilah ikon ‘Magnifying Glass’ pada sudut kanan atas layar. Tap ikon tersebut, setelah itu lakukanlah gerakan seperti mencubit pada video yang ingin diedit untuk membuatnya terlihat sepenuhnya.
  • Editlah video sesuai dengan kebutuhan. Berilah efek sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dan jangan lupa untuk menambahkan soundtrack ke dalam videonya bila perlu. Beri tulisan untuk menambahkan informasi pada video. Jika sudah, export-lah video tersebut.
  • Export-lah video dengan format 4K atau FHD (1080p60). Pergilah ke galeri, buka videonya, lalu tap opsi ‘Edit’ yang ada di kanan atas layar. Pilihlah ‘Crop Tool’ untuk memotong black bars video secara manual.
  • Opsi lain untuk memotong video adalah ‘Freeform Tool’. Kliklah tool tersebut, kemudian beralihlah ke ikon berbentuk kotak di pojok kanan atas layar. Lalu pergilah ke opsi ‘16:9’ dan gantilah orientasi video menjadi portrait alias 9:16.
  • Setelah video terpotong rapi, klik ‘Done’. Simpanlah hasil editan videonya dan video sudah siap untuk diunggah di platform video berformat portrait seperti TikTok ataupun Reels Instagram.

Demikianlah pembahasan cara edit video portrait di iMovie pada iPhone ataupun iPad. Kenyataan bahwa iMovie tidak mendukung video portrait memang sedikit mengecewakan. Namun, jika ingin formatnya landscape, gunakanlah iMovie karena fitur-fiturnya yang beragam ini cukup membantu.

Check Also

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

Cara Menghapus Chat di FB Lite Secara Keseluruhan

*Artikel diperbarui pada 17 Februari 2024 kamu mungkin merasa kesulitan untuk menghapus chat di Facebook …

Theme Settings